Kementerian Ketenagakerjaan
Alamat: jalan Jendral Gatot Subroto Kav. 51 Jakarta Selatan 12750 
Telepon: 021-5233733
Fax: 021-52963276
Email:
Website: http://kemnaker.go.id/
Profile: Menteri Tenaga Kerja

 

Dokumen Kebijakan

SEJARAH

Seiring perkembangan waktu dengan ditetapkannya pembentukan Kementerian Kabinet Kerja periode Tahun 2014-2019 serta berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 165 Tahun 2015 tentang Penataan Tugas dan Fungsi Kabinet Kerja, maka Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi RI dilakukan penataan menjadi Kementerian Ketenagakerjaan RI, sedangkan bidang transmgrasi masuk dalam Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI.

Kementerian Ketenagakerjaan RI adalah kementerian Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan ketenagakerjaan. Kementerian Ketenagakerjaan RI berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden. Kementerian Ketenagakerjaan RI dipimpin oleh seorang Menteri Ketenagakerjaan yang sejak 27 Oktober 2014 dijabat oleh M Hanif Dhakiri.

Dinamika kebijakan dan lingkungan strategis perlu disikapi dengan penataan dan penyesuaian organisasi sesuai beban kerja, tugas dan fungsi yang diamanatkan sehingga mampu memperjelas kedudukan setiap kementerian, maka disusun Peraturan Presiden Nomor 7 Tahun 2015 tentang Organisasi Kementerian Negara dan Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2015 tentang Kementerian Ketenagakerjaan RI.

Sebagai tindak lanjut Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2015, perlu dilakukan penataan kelembagaan yang ditetapkan dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan RI Nomor 13 Tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Ketenagakerjaan RI. Adanya penataan kelembagaan Kementerian Ketenagakerjaan RI berkonsekuensi pada reposisi fungsi dan perubahan nomenklatur pada beberapa unit kerja di lingkungan Kementerian Ketenagakerjaan RI.

RENCANA PROGRAM (KRP) PRIORITAS DALAM RENSTRA KEMNAKER RI TAHUN 2015

ARAH PEMBANGUNAN RPJPN TAHUN 2005-2025

Berdasarkan UU Nomor 17 tahun 2007, visi pembangunan Tahun 2005-2025 adalah indonesia  yang mandiri, maju, adil dan makmur. Dalam RPJM  ke 3 Tahun 2015-2019 yaitu memantapkan pembangunan secara menyeluruh diberbagai bidang dengan  menekankan pencapaian daya saing kompetitif  perekonomian berlandaskan keunggulan sumber daya alam dan sumber daya manusia berkualitas serta kemampuan iptek yang terus meningkat.

Visi

Visi pembangunan Tahun 2015-2019 kabinet kerja adalah terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadian berlandaskan gotong royong.

Misi

Mewujudkan kualitas hidup manusia indonesia yang tinggi, maju dan sejahtera serta mewujudkan indonesia yang berdaya saing.

Agenda prioritas pembangunan kabinet kerja Kementerian Ketenagakerjaan RI adalah menghadirkan kembali negara untuk melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman pada seluruh warga negara, meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia serta meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar internasional.

Tema pembangunan bidang ketenagakerjaan, yaitu pembangunan yang kuat, inklusif dan berkelanjutan.Agendanya penguatan faktor utama pembangunan ekonomi melalui peningkatan daya saing tenaga kerja, memperbaiki iklim ketenagakerjaan dan menciptakan hubungan industrial yang harmonis serta memperluas cakupan kepesertaan jaminan sosial ketenagakerjaan. Sasarannya tingkat pengangguran terbuka diharapkan sebesar 4,0 – 5,0 persen pada tahun 2019 dan menciptakan kesempatan kerja sebesar 10 jt selama 5 (lima) tahun.

Pembangunan ketenagakerjaan dalam kerangka agenda dan sasaran pembangunan nasional masuk dalam agenda prioritas pembangunan  kesatu (nawa cita) yaitu menghadirkan kembali negara untuk melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman kepada seluruh warga negara melalui perlindungan hak dan keselamatan pekerja migran dan agenda prioritas pembangunan keenam (nawa cita) yaitu meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing di pasar internasional yang dilakukan melalui peningkatan daya saing tenaga kerja.

Sumber: http://kemnaker.go.id/tentang-kemnaker


Kementerian Ketenagakerjaan