Gorontalo – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Gorontalo Winarni Monoarfa menjelaska bahwa upaya pengurangan resiko dampak perubahan iklim merupakan tugas bersama yang memerlukan dukungan dan partsisipasi aktif seluruh pihak termasuk pemerintah, para ilmuan, akademisi, orgnasasi non pemerintah, dunia usaha dan masyarakat umum.

Hal tersebut disampaikan Sekda saat menghadiri acara kampanye adaptasi perubahan iklim dan penanaman pohon tingkat kabupaten Gorontalo, Kamis (9/2) di Bumi Perkemahan Kabupaten Gorontalo.

Sehingga itu kepada seluruh masyarakat khususnya apa yang dilaksanakan hari ini hendaknya dilakukan secara terintegrasi dan levelnya adalah ke tingkat nasional yang akan disinergikan dengan target maupun sasaran yang kita capai dalam rangka mendukung porgram nawacita.

“Jika melihat dinegara-negara maju seperti Kanada dan Jepang dimana keberhasilan membangun terutama dari sisi lingkungan sukses karena pemerintah daerahnya membangun komunitas masyarakat untuk berpartisipas dan ini menjadi sangat penting , oleh sebab itu pula bukan hanya SKPD, Perguruan Tinggi namun berbagai media pun adalah bagian penting pula dalam mensukseskan kegiatan pada hari ini,” jelas Sekda.

Program yang digagas dan dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten khususnya kabupaten Gorontalo akan direplikasikan di tingkat Provinsi Gorontalo ke dalam level khususnya kebijakan penyusunan RPJMD Provinsi Gorontalo yang menginternalisasikan aspek perubahan iklim ini ke dalam level program provinsi.

“Selanjutnya program ini kata Sekda, dapat direplkasikan pula oleh seluruh kabupaten/kota lainnya dengan harapan inovasi yang telah dilakukan oleh Pemerintah kabupaten Gorontalo dapat direplikasikan oleh kabupaten/kota yang ada di provinsi Gorontalo,”tegasnya.

Lebih lanjut Winarni menjelaskan tanggal 5 Desember lalu, Provinsi Gorontalo memperoleh kesempatan kunjungan dari Menteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan RI dan ditetapkan sebagai Provinsi Konservasi Ke-3 di Indonesia.

Dan saat ini pemerintah provinsi sementara merumuskan bersama Pemerintah kabupaten/Kota bagaimana implementasi Provinsi Konnservasi ini nanti khususnya untuk program-progam yang pro rakyat dan lingkungan dan salah satu yang dimasukan dalam program tersebut adalah mendukung pembangunan kebun binatang yang ada di kabupaten Gorontalo.

Acara ini dihadiri pula oleh mantan Menteri Lingkungan Hidup RI yang juga Ketua Yayasan Transfromasi Sarwono Kusumaatdmaja dan diakhiri dengan penanaman pohon di Bumi Perkemahan Limboto.

Sumber: https://gorontaloprov.go.id/informasi/berita/prov-gorontalo/pengurangan-resiko-dampak-perubahan-iklim-jadi-tanggungjawab-bersama