JAKARTA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo meminta tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) untuk tidak pandang bulu dalam memberantas pungutan liar di daerah.

Mendagri mengungkapkan Kementerian Dalam Negeri terus berupaya dalam memberikan dorongan kepada daerah dalam memberantas pungli.  Hal ini sebagaimana dikatakan Mendagri dengan maksud meningkatkan pembinaan pengawasan terhadap jalannya roda pemerintahan.

“Untuk saber pungli sudah ada prosedur tetapnya (protap) ya, jangan pandang bulu, langsung aja disikat, ini penyakit,” kata Mendagri di Istana Negara, Jakarta, Kamis (9/3).

Mendagri dalam hal ini menginstruksikan kepada inspektorat daerah untuk terus melakukan pengawasan intensif.

“Saya minta inspektorat untuk melakukan pengawasan intensif dan menghapus pungli,” ungkap Mendagri melalui pesan tertulisnya, di Jakarta, kemarin, Rabu (8/3).

Tidak hanya pungli, namun dalam kunjungan Mendagri ke daerah, dia selalu berpesan untuk hati-hati pada area rawan korupsi. Seperti dana hibah dan bansos, retribusi pajak, mutasi kepegawaian, pengadaan barang dan jasa, serta perencanaan anggaran.

“Prinsipnya Kemendagri membangun hubungan tata kelola pemerintahan yang taat pada hukum serta mewujudkan tata kelola pemerintahan yang efektif dan efisien,” tutur dia.

Sumber : http://www.kemendagri.go.id/news/2017/03/09/mendagri-sikat-pungli-tanpa-pandang-bulu