JAKARTA – Setiap hari Senin selalu dilaksanakan Upacara Bendera di Kantor Kementerian Dalam Negeri, adapun yang bertindak langsung sebagai Inspektur Upacara pada hari ini, Senin (20/3) adalah Direktur Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Ditjen Polpum) Kemendagri, Soedarmo.

Soedarmo dalam arahannya mengimbau kepada seluruh jajaran di Kemendagri untuk memiliki rasa kepedulian terhadap pelaksanaan upacara bendera. Soedarmo menilai upacara bendera sangat penting untuk membangkitkan kembali rasa nasionalisme sebagai warga negara Indonesia.

“Upacara bendera ini penting karena setiap satu minggu sekali mengingatkan dan mengembalikan rasa nasionalisme kita dan  rasa cintah tanah air kita,” ungkap Soedarmo.

Disamping itu, Soedarmo mengingatkan untuk tetap memiliki rasa kebersamaan. Dalam artian, masing-masing pimpinan di komponen yang ada di Kemendagri saling mengingatkan baik bawahan maupun atasan untuk ikut serta dalam upacara bendera.

“Saya minta eselon I,II, III, dan IV untuk mengarahkan seluruh jajaran komponen ikut serta dalam upacara bendera ini,” imbau Soedarmo.

Soedarmo menyebutkan selama dia menjadi Pelaksana Tugas (Plt) di Provinsi Aceh, Soedarmo tidak memungkiri para pejabat daerah lebih disiplin dibanding dengan yang ada di pusat.

“Ini mohon maaf ya, saya bukan mengada-mengada tapi kenyataan bahwa pegawai di daerah lebih disiplin dan lebih baik dibanding dengan pusat, ya karena saya tiga bulan setengah saya jadi Plt dan saya juga melihat bagaimana rasa memiliki kepedulian bagi masing-masing pegawai yang hadir untuk ikut hadir dan mengikuti upacara bendera,” ujar dia.

Maka dari itu, Soedarmo mengingatkan kembali untuk bersama-sama menumbuhkan rasa kebersamaan dan kepedulian akan pelaksanaan upacara bendera.

“Masing-masing komponen marilah kita tumbuhkan kepedulian, ya untuk bisa mengajak seluruh pegawai agar bisa hadir mengikuti upacara bendera yang dilaksanakan tiap hari Senin,” tutur Soedarmo.

Sumber : http://www.kemendagri.go.id/news/2017/03/20/pns-diimbau-tumbuhkan-rasa-kepedulian-untuk-ikut-upacara-bendera