Deskripsi Album:
"Mak Itam" demikian julukan Lokomotif Uap seri E 1060 sudah lama tidur panjang. Kini kereta lokomotif tua itu dibangunkan kembali untuk beroperasii demi kebutuhan pariwisata. Mak Itam merupakan generasi lokomotif uap buatan Jerman yang masa kejayaannya, berakhir di tahun 1966.
Pada tahun 1992, Mak Itam mulai tidak beroperasi seiring tutupnya perusahaan Batubara Ombilin. Mak Itam pun dibawa ke Ambarawa pada tahun 1996....
Mak Itam merupakan generasi lokomotif uap buatan Jerman di masa akhir kejayaannya, yakni tahun 1965-1966. Semasa masih beroperasional mengangkut...
PT KAI harus mendatangkan Tim Ahli Perbaikan Lokomotif Uap dari Museum Kereta Api Ambarawa untuk dapat menangani kerusakan pada lokomotif bersejarah...
Suku cadangnya pun sulit dicari dan harganya yang mahal. Hingga akhirnya PT KAI mengakali mengganti suku cadang dengan membuat sendiri di bengkel...
Pengoperasian kembali Mak Itam tersebut terlaksana setelah adanya kolaborasi antar BUMN yaitu KAI, Biofarma, Pupuk Indonesia, dan Semen Indonesia. Di...
Pengoperasian Mak Itam setiap kali jalan dengan rute Stasiun Sawahlunto - Stasiun Muaro Kalaban membutuhkan setengah ton batubara dan tiga kubik air....