Lokasi Kamu : (Showing) Jakarta Kota
Bahasa | English


IMF-WB AM 2018: Pemerintah Siapkan 6 Destinasi Wisata Selain Bali

Monday, 24 September 2018

Panitia Penyelenggara IMF-World Bank Annual Meeting bersama pemerintah akan mendorong 6 tujuan wisata selain Bali yaitu  Nusa Tenggra Barat, Nusa Tenggara Timur, Toraja, Banyuwangi, Danau Toba, dan Borobudur.


IMF-WB AM 2018: Pemerintah Siapkan 6 Destinasi Wisata Selain Bali Official Ceremony of Indonesia Pavilion. Sumber foto: IMF-WB AM 2018

Event IMF-World Bank Annual Meeting 2018 adalah momentum yang penting untuk memperkenalkan Indonesia kepada dunia secara keseluruhan. Karena orang-orang yang datang dalam acara tersebut adalah pejabat, investor, dan orang-orang penting lainnya, yang mana biasanya mereka datang bersama keluarga untuk berlibur.

Adapun, jumlah pengunjung diperkirakan mencapai15.000--20.000 orang dari 189 negara, dengan pengeluaran rata-rata wisatawan mancanegara sebesar US$1.000—US$1.200 per kunjungan.

Berikut ini tempat-tempat wisata Bali dan 6 Destinasi lainnya:

Tempat wisata di Bali

1. Pantai Kuta

Sejak dahulu Pantai Kuta merupakan salah satu tempat wisata di Bali yang paling terkenal dan banyak dikunjungi oleh para wisatawan baik domestik maupun asing, beberapa faktor lain karena lokasinya yang cukup dekat dari bandara, pantainya indah, biaya murah, dan ombak di Pantai Kuta ini cocok untuk para peselancar yang masih pemula.

Pantai Kuta terkenal akan keindahan sunset / matahari tenggelamnya yang menawan. Sebelumnya Pantai Kuta dahulu merupakan sebuah pelabuhan yang besar, menjadi pusat perdagangan di Bali.

Memiliki Pasir putih dan laut biru, dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung yang sudah sangat lengkap, Pantai Kuta sekarang menjadi primadona wisata Bali.

Pantai yang menjadi tempat wisata di Bali paling terkenal ini katanya mempunyai pemandangan Sunset terbaik di dunia, pantai ini sudah jadi tempat wisata sejak tahun 70-an silam.

Banyak seklali wisatawan asal manca negara yang berwisata ke pantai ini. Lokasi Pantai Kuta berada di Kabupaten Badung, jaraknya sekitar 1,5 km jika dari Bandara Ngurah Rai dan dapat ditempuh dengan waktu sekitar 5 menit dan jika dari kota Denpasar, dapat ditempuh dengan waktu kurang lebih 20 menit.

2. Pantai Sanur

Pantai Sanur menjadi surga bagi para peselancar (Surfing) karena obak yang dimiliki pantai ini sangat cocok untuk berselancar, tidak heran jika para wisatawan asing sangat menyukai tempat wisata di Bali yang satu ini.

Lokasi pantai Sanur berada di arah sebelah timur kota Denpasar. Tidak jauh dari Pantai Sanur Anda dapat menemukan tempat wisata selam dan snorkeling.

Lokasi selam disini sangat cocok untuk para penyelam mulai dari semua tingkat keahlian. Jika pantai Kuta sangat terkenal dengan Sunsetnya yang indah, Pantai Sanur ini terkenal dengan Sunrise nya atau matahari terbitnya.

3. Tanah Lot

Tanah Lot merupakan tempat wisata di Bali yang wajib dikunjungi karena memiliki keindahan alam yang luar biasa, terutama pada waktu matahari akan terbenam.

Di Tanah Lot terdapat 2 Pura yang merupakan sebuah pura tempat untuk memuja dewa laut. Pura Tanah Lot ini terdapat di atas sebuah batu karang yang besar dan ada di pinggir laut.

Ketika air laut sedang pasang, anda tidak bisa mendekat ke Pura Tanah Lot dikarenakan sekitar batu karang yang menyangga Pura Tanah Lot ini akan dikelilingi air laut.

Pada waktu air laut surut Anda bisa melihat beberapa ular laut yang jinak disini dan menurut penduduk setempat, ular ini adalah penjaga Pura Tanah Lot. Selain itu, di lokasi wisata yang satu ini Anda juga bisa memegang ular suci yang jinak tersebut dan tidak membahayakan.

4. Danau Beratan Bedugul

Lokasi Danau Beratan Bedugul terdapat di daerah pegunungan dengan dikelilingi oleh suasana alam yang sangat asri. Di Danau Beratan Bedugul terdapat sebuah pura yang bernama Pura Ulun Danu. Pura Ulun Danu berada di pinggir Danau Beratan Bedugul dan menjadi salah satu daya tarik yang utama dari Danau Beratan Bedugul.

Disini para wisatawan juga bisa menikmati permainan air dengan menyewa perahu yang tersedia di Danau Beratan Bedugul. Lokasi Bedugul terdapat di Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan. Untuk dapat sampai ke Bedugul para wisatawan yang ingin berkunjung harus menempuh jarak kurang lebih sekitar 6 km jika dari Bandara Ngurah Rai. Dan apabila Anda menempuh perjalanan dari Kota Singaraja jaraknya sekitar 41 km melewati perjalanan darat.

5. Tanjung Benoa

Tanjung Benoa ini berbatasan dengan Nusa Dua dan merupakan sebuah pusat dari kegiatan olahraga serta permainan air yang ada di Bali. Pantai Tanjung Benoa sangatlah tenang, dan sangat cocok untuk bermain berbagai macam jenis permainan air yang sangat seru.

Jenis permainan air yang bisa Anda nikmati disini yaitu seperti snorkel, sea walker, banana boat, parasailing, wakeboard, waterski, jetski, scuba diving, donut boat, flying fish, dan masih banyak lagi yang lainnya. Disini Anda juga bisa pergi untuk melihat penyu raksasa yang berada di pulau penyu dengan cara naik perahu dari Tanjung Benoa. Pantai Tanjung Benoa berpasir putih, sangat terkenal sebagai water sport di Bali. Lokasinya berada di Kecamatan Tanjung Benoa, Kabupaten Badung.

6. Ubud

Lokasi Ubud berada di Kabupaten Gianyar, Kabupaten ini terkenal akan keseniannya, dapat dikatan sebagai salah satu pusat budaya seni lukis dan ukir yang ada di Bali. Lokasi Ubud jika dari airport Denpasar kurang lebih jaraknya 40 kilometer, dan memakan waktu sekitar 1,5 jam perjalanan untuk dapat mencapainya.

7. Pura Uluwatu

Pura Uluwatu merupakan tempat wisata di Bali yang lokasinya ada diatas tebing yang menjorok ke arah laut. Pura ini tidak hanya memiliki suasana religius khas Bali, akan tetapi juga memiliki keindahan alam yang luar biasa, seperti keindahan matahari tenggelamnya yang telah sangat terkenal disini.

Di Pura Uluwatu ini Anda juga dapat menemui sejumlah kera yang dipercaya sebagai penjaga dari kesucian Pura Uluwatu. Untuk dapat memasuki area Pura Uluwatu, Anda diharuskan untuk menggunakan sarung dan juga selendang yang merupakan sebuah simbol rasa tanda hormat terhadap kesucian Pura Uluwatu. Tempat wisata di Bali yang satu ini berada pada ketinggian sekitar 97 meter di atas permukaan air laut.

Untuk para wisatawan yang ingin berkunjung ke pura Uluwatu ini akan serasa dimanjakan dengan pemandangan yang indah dan luasnya hamparan Samudra Hindia dengan ombak yang begitu indah. Bukan hanya itu saja, disini para wisatawan juga akan disuguhi sebuah tarian tradisional Bali, yaitu Tari Kecak Uluwatu. Tarian ini dimainkan oleh sekitar 50-100 orang penari.

8. Pantai Seminyak

Pantai seminyak ini juga sering disebut dengan nama Pantai Dhyanapura, sebuah pantai di Bali yang memiliki pasir lembut dan landai. Lokasinya ada dikawasan Desa Seminyak kec. kuta kab. Badung. Disini wisatawan tidak perlu khawatir mengenai penginapan, di area pantai yang indah ini terdapat banyak sekali restorant, hotel maupun villa yang dapat Anda jadikan pilihan.

Banyak hal seru dan kegiatan dapat Anda lakukan ketika berkunjung ke Pantai Seminyak. Sebagai sebuah pantai yang punya panorama keindahan Matahari tenggelam yang cantik, Seminyak juga mengundang banyak sekali wisatawan pada waktu petang akan menjelang.

Di garis pantai Seminyak, tampak deretan payung-payung yang memang disediakan khusus untuk wisatawan (tamu) hotel yang ada di sekitarnya. Saat malam akan menjelang, Seminyak menyuguhkan indahnya pemandangan Matahari Tenggelam.

9. Pantai Dreamland

Salah satu tempat wisata di Bali menarik lainya yaitu seperti Pantai Dreamland, panorama alamnya indah dengan dikelilingi banyak tebing-tebing yang menjulang tinggi dan juga karang yang mengelilingi pantai. Pastinya area wisata yang satu ini tentu tidak bisa dilewatkan begitu saja. Untuk Anda yang Ingin berkunjung? dapat langsung menuju ke lokasinya yang ada di kompleks Bali Pecatu Graha (Kuta Golf Link Resort).

Jarak dan Waktu tempuh untuk dapat sampai di lokasi pantai ini jika dari pantai Kuta kurang lebih membutuhkan waktu 30 menit. Pantai Dreamland hampir mirip dengan pantai Kuta yang sudah tersohor. Pasir putih dan juga celah karang yang cukup terjal menjadi sebuah keindahan pemandangan yang memikat mata wisatawan.

Lokasi pantai yang berpasir putih bersih ini terdapat di pantai sempit dan tepat di bawah dinding dari karang curam sangat cocok untuk dijadikan tempat menikmati matahari tenggelam atau bisa juga sekedar melihat atraksi dari para peselancar.

Ombaknya yang tinggi dan juga besar membuat pantai ini banyak diminati oleh banyak sekali penggemar olahraga selancar air (surfing), bahkan Pantai Dreamland sekarang juga sudah dijadikan sebagai surfing spot yang masih baru untuk kawasan Bali.

10. Pantai Legian

Lokasi Pantai Legian ini berada tidak jauh dari pantai Kuta, lebih tepatnya berada disebelah utaranya. Para Wisatawan asing menyebut pantai ini dengan sebutan Legian Beach In Indonesia. Bahkan sudah banyak majalah tour & travel dunia menyebutkan “Indonesia travel” sebagai pantai yang wajib dikunjungi ketika sedang berlibur di Indonesia.

Perbedaan yang menonjol dari pantai Legian dengan pantai Kuta Bali adalah jika di pantai Legian ini memberikan kesan resort dan jauh lebih tepat buat Anda yang tidak terlalu suka dengan keramaian dan ingin lebih bersantai di pantai. Berbeda lagi dengan Pantai Kuta Bali yang setiap harinya selalu ramai dikunjungi wisawatan.

Pantai Legian juga punya pasir putih, sama halnya seperti pantai Kuta Bali namun disini relatif lebih sepi jika dibandikan dengan pantai Kuta Bali. Di kawasan wisata Legian ini, wisatawan yang paling dominan adalah wisatawan dari mancanegara, kebanyakan wisatawan yang berasal dari Australia.

11. Pantai Lovina

Pantai Lovina lokasinya terletak di sekitar 9 Km arah sebelah baratnya kota Singaraja, merupakan salah satu tempat wisata di Bali bagian Utara. Wisatawan asing ataupun lokal cukup banyak yang suka berkunjung ke pantai Lovina, selain untuk melihat indahnya pantai yang masih sangat alami, disini Anda juga dapat melihat ikan lumba-lumba yang cukup banyak terdapat di pantai Lovina ini.

Dengan menyewa sebuah perahu dari nelayan setempat, Anda dapat mendekati lumba-lumba yang ada disini. Berbagai penginapan mulai dari yang murah sampai dengan Cottages tersedia disini dengan harga yang cukup terjangkau.

12. Pantai Padang Padang

Pantai Padang Padang yang ada di Bali ini juga dikenal dengan nama lain pantai Labuan Sait, sangat terkenal dimata wisatawan domestik ataupun mancanegara. Salah satu tempat wisata di Bali yang terletak di Jalan Labuan Sait, Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.

Akses untuk menuju pantai Padang Padang Bali ini terbilang sangat mudah, Anda hanya perlu menempuh waktu sekitar 45 menit jika dari Bandara Ngurah Rai Bali dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Cara lebih mudah menuju ke lokasi pantai Padang Padang Bali adalah dengan menggunakan jasa sewa mobil di Bali dan supir. Dengan menyewa mobil + supir di jasa rental mobil Bali Anda tidak perlu lagi memikirkan cara mencari lokasi wisata pantai Padang Padang.

13. Garuda Wisnu Kencana

Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana yang biasa disingkat GWK, merupakan sebuah taman wisata yang ada di bagian selatan pulau Bali. Taman wisata ini berada di tanjung Nusa Dua, Kabupaten Badung, kira-kira jaraknya sekitar 41 km di arah sebelah selatannya Denpasar, ibu kota provinsi Bali.

Di area taman budaya ini, sudah direncanakan akan didirikan sebuah landmark baru atau maskot Bali, yaitu patung Dewa Wisnu yang berukuran raksasa dan sedang menunggangi tunggangannya yaitu Garuda. Kapasitas ruangan ini mampu untuk menampung sampai 7000 orang, Lotus Pond sudah mendapatkan reputasi yang baik dan merupakan tempat yang sempurna untuk mengadakan sebuah acara besar internasional.

14. Pura Besakih

Pura Besakih ini merupakan sebuah komplek pura yang lokasinya berada di Desa Besakih, Kecamatan Rendang Kabupaten Karangasem, Bali, Indonesia.

Komplek Pura Besakih ini terdiri dari 1 buah Pura Pusat (Pura Penataran Agung Besakih) dan juga memiliki 18 Pura Pendamping yang terdiri dari 1 Pura Basukian dan 17 Pura yang lain. Pura Basukian, di area inilah pertama kalinya yang menjadi tempat diterimanya wahyu Tuhan oleh Hyang Rsi Markandeya, cikal bakal dari Agama Hindu Dharma yang sekarang ada di Bali, sebagai sebuah pusatnya.

Pura Besakih ini adalah pusat dari kegiatan seluruh Pura yang berada di Bali. Di antara banyaknya pura-pura yang juga masih termasuk dalam kompleks Pura Besakih, Pura Penataran Agung merupakan pura yang terbesar, bangunan-bangunan pelinggihnya juga yang paling banyak, jenis dari upakaranya juga paling terbanyak dan merupakan sebuah pusat dan semua pura yang berada di dalam komplek Pura Besakih.

Di Pura Penataran Agung ini terdapat 3 buah arca atau candi utama dengan simbol stana dari sifat Tuhan Tri Murti, yaitu Dewa Brahma, Dewa Wisnu dan Dewa Siwa yang merupakan sebuah lambang Dewa Pencipta, Dewa Pemelihara dan Dewa Pelebur atau Reinkarnasi.

15. Pantai Jimbaran

Salah satu tempat wisata di Bali yang favorite dan harus anda kunjungi yaitu pantai Jimbaran ini, yang masih merupakan wilayah dari Kabupaten Badung. Lokasinya berjarak sekitar 30 menit perjalanan waktu jika Anda dari kota Denpasar dan hanya membutuhkan 10 menit waktu jika Anda dari bandara Ngurah Rai, melewati jalan By Pass Ngurah Rai menuju ke arah selatan apabila tidak terjadi kemacetan.

Lokasi pantai ini juga satu arah dengan wisata air Tanjung Benoa dan juga kawasan hotel yang berbintang di Nusa Dua.Pantai Jimbaran ini letaknya dekat dengan pantai Kedonganan dan sebagian dari masyarakatnya, bermata pencaharian sebagai nelayan.

Berbagai macam jenis ikan segar hasil tangkapan dari para nelayan, banyak di jual di kedua pantai ini. Latar belakang dan merupakan sebuah desa pusat pelelangan ikan yang ada di wilayah Kabupaten Badung, memberi inspirasi pada warganya untuk membangun berbagai restoran di tepi pantai.

16. Danau Batur Kintamani

Danau Batur yang berada di Kintamani ini juga merupakan salah satu pesona alam yang indah di Bali. Lokasinya ada di gunung tertinggi ke 2 di Bali, Danau Batur Kintamani memiliki hawa yang sejuk dan juga pemandangan yang sangat indah mempesona. Danau Batur Kintamani merupakan sebuah danau yang terbesar di Bali dan banyak dikunjungi oleh para wisatawan karena menawarkan keindahan pemandangan alam yang tiada duanya di Bali.

17. Sangeh

Sangeh adalah tempat wisata di Bali yang lokasinya berada di Desa Sangeh, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali. Sangeh ini terkenal karena terdapat banyak sekali monyet-monyet (beruk) yang berkeliaran dengan bebas dan monyet-monyet disini memang keramatkan oleh penduduk setempat yang ada di sebuah hutan.

Di tengah hutan juga ada sebuah pura yang memiliki nama Pura Bukit Sari. Pura ini dahulunya dibangun oleh Kerajaan Mengwi dan sekarang sudah diserahkan kepada penduduk setempat. Monyet di sini mempunyai seorang raja dan konon mempunyai tiga wilayah kerajaan.

18. Nusa Dua

Tempat wisata di Bali yang satu ini sangat terkenal dengan kemewahannya dan sangat tertata dengan rapi. Kebersihan di tempat wisata ini sangatlah dijaga, bahkan pohon-pohon yang ada disini pun terpelihara dengan baik. Lokasinya berada di bagian tenggara dari pulau Bali yang paling ujung, dan berjarak kurang lebih sekitar 40 kilometer jika dari kota Denpasar.

19. Tampak Siring

Tampak Siring sebenarnya merupakan sebuah nama desa yang ada di kabupaten Gianyar. Tampak Siring juga sering dikenal dengan nama sebutan Tirta Empul. Nama itu di ambil dari sebuah nama pura yang ada di desa Tampak Siring, pura tersebutlah yang menjadi sebuah daya tarik untuk para wisatawan asing ataupun lokal.

 

Tempat Wisata di Banyuwangi

  • Alas Purwo

Kawasan yang telah ditetapkan sebagai cagar biosfer dunia UNESCO ini punya banyak destinasi wisata alam yang banyak digemari wisman. Mulai dari savana hingga deretan pantai yang masih alami menjadi bagian Taman Nasional Alas Purwo. Menyambut pertemuan IMF-World Bank, pemerintah pusat bahkan telah mengucurkan dana hingga Rp 20 miliar untuk pembangunan infrastruktur. Dana tersebut digunakan untuk membangun beragam fasilitas pariwisata, mulai dari toliet, BTS, aliran listrik, hingga pembanahan akses jalan sehingga mudah dilalui mobil wisman yang ingin berkunjung.

  • Pantai Olengkung

Berada di kawasan Taman Nasional Alas Purwo, pantai yang satu menjadi salahtu satu pantai ‘perawan’ di Pulau Jawa. Selain punya pemandangan alam yang memesona, pantai ini juga memiliki ombak yang menantang, sehingga banyak digemari peselancar mancanegara.

Ombak besar Pantai Plengkung sendiri disebabkan oleh adanya patahan di dasar laut bagian barat yang membentuk palung laut. Adanya palung laut mengakibatkan terjadinya arus bawah laut yang membentur dinding karang, sehingga mampu membentuk ombak besar dengan ketinggian mencapai 6-7 feet. Bagi para surfer, ombak yang besar dan panjang serta berlapis-lapis tentu menjadi spot yang baik untuk berselancar.

  • Savana Sadengan

Berlokasi sekitar 2 kilometer dari pintu masuk pos Rawa Bendo, Taman Nasional Alas Purwo, padang rumput ini sekilas tidak jauh berbeda dengan savan Bekol yang ada di Taman Nasional Baluran. Memiliki luas sekitar 80 hektar, Savana Sadengan menjadi habitat asli bagi sekawanan binatang liar, mulai dari rusa, banteng, babi hutan, bahkan harimau.

  • Kawah Ijen

Selain Taman Nasional Alas Purwo, pemerintah pusat melalui Menko Maritim Luhut Binsar Panjaitan juga akan menganggarkan dana senilai Rp 20 miliar untuk perbaikan fasilitas dan infrastruktur pariwisata Kawah Ijen, demi menyambut kedatangan tamu negara di acara pertemuan IMF-Wolrd Bank.

Kawah Ijen sendiri merupakan fenomena alam langka dan unik, yang bahkan hanya ada dua lokasi di seluruh dunia. Fenomena api biru Kawah Ijen dianggap mampu menarik minat kunjungan wisman dengan digelarnya acara pertemuan IMF-World Bank, mengingat media value pertemuan tersebut sangat besar.

 

Tempat Wisata di Nusa Tenggara Barat

  • Gunung Rinjani

Gunung Rinjani adalah destinasi pertama dari 10 tempat wisata di Nusa Tenggara Barat, yang wajib banget kamu kunjungi. Sebenarnya tidak ada yang membedakan Gunung Rinjani dengan gunung pada umumnya, hanya saja disini terdapat sebuah danau kawah di puncak gunung yang menjadi daya tarik.

  • Pura Batu Bolong

Pulau Lombok yang masih dekat dengan Bali, membuatnya memiliki banyak sekali kesamaan. Salah satu Pura yang terkenal di Pulau Lombok adalah Pura Batu Bolong. Pura yang satu ini berdekatan dengan wisata pantai Senggigi, dan termasuk dalam 10 tempat wisata di Nusa Tenggara Barat yang wajib kamu kunjungi.

  • Air Terjun Mata Jitu

Kalau kamu mencari wisata alam yang masih jarang dikunjungi para wisatawan, maka tempat yang satu inilah jawabannya. Air Terjun Mata Jitu juga dikenal dengan Air Terjun Lady Diana dan terletak di kabupaten sumbawa. Untuk mencapainya memang membutuhkan perjalanan yang cukup berat, tapi semua itu akan terbayar setelah kamu sampai dilokasi tujuan.

  • Pantai Air Manis

Sebagai daerah yang terkenal karena keindahan pantainya, Pantai Air Manis juga termasuk dalam 10 tempat wisata di Nusa Tenggara Barat, yang paling banyak dikunjungi para wisatawan. Letaknya memang cukup jauh dari Kota Sumbawa, dan membutuhkan perjalanan kurang lebih 2 jam.

  • Taman Narmada

Taman Narmada adalah salah satu tempat wisata yang ada di Nusa Tenggara Barat, yang bisa dibilang anti-mainstream, karena Taman Narmada ini dulunya adalah sebuah taman sekaligus tempat peristirahatan para Raja Mataram.

  • Rumah Adat Sade

Selain pantai, kamu juga bisa mengunjungi desa adat Sade yang letaknya berada di dusun Sade Desa Rambitan, Kecamatan Pujut. Warga disini adalah suku asli Sasak, yang memang dikenal sangat memegang teguh tradisi Lombok.

  • Danau Segara Anak

Sebenarnya destinasi yang satu ini masih satu tempat dengan Gunung Rinjani. Dengan pemandangan yang memukau, maka kamu juga wajib banget memasukkan Danau Segara Anak ke daftar 10 tempat wisata di Nusa Tenggara Barat.

  • Gili Trawangan

Pulau Lombok memiliki tiga buah pulau kecil atau yang biasa disebut dengan Gili, yang letaknya saling berdekatan. Salah satu Gili yang wajib banget kamu kunjungi adalah Gili Trawangan, yang menawarkan sebuah panorama yang eksotik.

  • Batu Layar

Batu Layar adalah sebuah tempat wisata religi di daerah Lombok Barat. Warga sekitar percaya bahwa ditempat ini adalah sebuah makam dari tokoh yang memegang peran penting penyebaran agama Islam di Lombok.

  • Hutan Monyet Pusuk

Kalau kamu mencari destinasi wisata yang tak biasa, selain Air Terjun Mata Jitu maka Hutan Monyet Pusuk lah jawabanya. Sesuai namanya, lokasi wisata yang satu ini adalah sebuah hutan yang dihuni oleh ratusan monyet dan kamu wajib banget hati-hati.

 

Tempat  Wisata di Nusa Tenggara Timur

  • Danau Kelimutu

Terletak di Pulau Flores, Danau kelimutu berada tepat di dekat Gunung Kelimutu atau di Desa Pemo, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende. Danau Kelimutu ini terkenal karena air danaunya terbagi menjadi 3 warna. Bahkan dikarenakan hal tersebut, danau satu ini dikenal dengan nama Danau Tiga Warna Kelimutu.

Kkeindahan Danau Kelimutu sudah terkenal sejak zaman penjajahan dan banyak para petinggi Kerajaan Belanda yang pergi mengunjungi danau satu ini. Dikarenakan keindahannya, Danau Kelimutu pernah diabadikan oleh Pemerintah Indonesia sebagai hiasan di satuan uang kertas yang digunakan di Tanah Air.

  • Pulau Komodo

Dinamakan Pulau Komodo karena di pulau ini terdapat hewan prasejarah yang masih hidup sampai sekarang, yaitu komodo. Terletak di Kecamatan Komodo, kabupaten Manggarai Barat, Pulau Komodo berada di bagian paling barat NTT dan berbatasan langsung dengan NTB atau Nusa Tenggara Barat. Tidak hanya sekarang saja, Pulau Komodo beserta komodo-nya sudah terkenal ke seluruh penjuru dunia sejak tahun 1910-an. Yaitu ketika para tentara Belanda menerima laporan bahwa ada monster mirip kadal dengan ukuran besar berada di pulau tersebut.

Bahkan popularitasnya semakin menanjak setelah ada pemberitaan dari media Hindia Belanda yang mengulas tentang komodo dan keindahan pulau tersebut. Tertarik akan binatang itu, Douglas Burden melakukan ekspedisi ke Pulau Komodo dan menjadi orang pertama yang menamai binatang melata tersebut dengan sebutan Komodo Dragon.

Taman Nasional Komodo didirikan oleh Pemerintah Indonesia sejak tahun 1980-an dan oleh UNESCO diresmikan sebagai tempat konservasi khusus untuk melestarikan komodo. Selain komodo, di pulau ini juga memiliki keanekaragaman hayati di darat maupun laut. Setidaknya ada 1000 spesies ikan, ratusan karang koral dan banyak tanaman laut lain, beserta 19 spesies paus juga lumba-lumba yang menjadi penghuni bawah laut Pulau Komodo.

  • Pantai Nemberala

Terkenal dengan pesona alam pantainya yang indah serta ombaknya yang memiliki ketinggian standar internasional untuk selancar, Pantai Nemberala juga merupakan salah satu destinasi wisata menarik yang patut Anda kunjungi ketika berada di Nusa Tenggara Timur. Berada di Pulau Rote atau pulau yang letaknya berada di paling ujung selatan Indonesia, Pantai Nemberala ternyata lebih dikenal oleh para wisatawan mancanegara dibandingkan dengan para turis lokal.

Anda tidak perlu khawatir memikirkan tempat istirahat ketika berada di tempat ini, karena pengembang dari Pantai Nemberala telah menyediakannya. Mulai dari penginapan biasa, homestay sampai dengan hotel yang memiliki tarif murah.

  • Batu Termanu

Ketika Anda mengunjungi obyek wisata Batu Termanu, maka ada 2 pilhan destinasi wisata lain, yaitu Batu Hun dan Batu Suelay. Di Batu Hun, Anda dapat melakukan aktivitas air, seperti menyelam, snorkeling sampai dengan memancing. Terdapat pula berbagai terumbu karang mutiara dan ikan kerapu yang berada di tempat tersebut.

  • Riung

Riung adalah sebuah taman wisata yang mencakup 17 pulau di dalamnya. Pulau-pulau yang masuk dalam kawasan Riung, antara lain Pulau Pau, Pulau Borong, Pulau Ontoloe (terbesar), Pulau Dua, Pulau Kolong, Pulau Lainjawa, Pulau Besar, Pulau Halima (Pulau Nani), Pulau Patta, Pulau Rutong, Pulau Meja, Pulau Bampa (Pulau Tampa atau Pulau Tembang), Pulau Tiga (Pulau Panjang), Pulau Tembaga, Pulau Taor, Pulau Sui dan Pulau Wire.

Selain menikmati pemandangan hutan bakau di sepanjang pesisir pantai dari setiap pulau di Riung, Anda juga akan mendapati berbagai fauna yang mendiami daerah-daerah itu. Ke-17 gugus pulau di Riung juga memiliki keindahan alam bawah laut.

  • Pantai Kolbano

Jika Anda melihat dari kejauhan, maka sepanjang pesisir Pantai Kolbano yang terletak di Desa Kolbano, Kecamatan Kolbano, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), ini akan nampak berkilauan. Hal ini disebabkan hamparan batu dengan warna-warni indah yang sangat indah dan terbentuk secara alami.

Selain memiliki beragam warna, mulai dari merah, hijau, kuning sampai yang memiliki corak khusus, bentuk dari batu-batuan yang tersebar merata di sepanjang pesisir Pantai Kolbano juga bermacam-macam, bahkan pantai seperti ini tidak ditemui di manapun di Indonesia.

  • Taman Laut Selat Pantar

Mungkin bukan suatu hal yang berlebihan jika menyandingkan keindahan Taman Laut Selat Pantar dengan Taman Laut Komodo, Bunaken di Sulawesi Selatan sampai dengan Raja Ampat di Papua. Karena memang keindahannya dapat diacungi jempol. Taman Laut Selat Pantar adalah sebuah taman laut yang terletak di Kabupaten Alor dan memiliki keindahan bawah laut yang mempesona, serta keragaman terumbu sampai hewan yang mendiaminya. Bahkan ada beberapa fauna yang berada di bawah lautnya tersebut masuk dalam kategori langka dan endemik.

Taman Laut Selat Pantar selalu menjadi jujukan para peselam kelas dunia. Selain itu, ketika menyelam ke bagian tertentu dari Taman Laut Selat Pantar, Anda akan berjumpa dengan hiu dasar laut yang cukup bersahabat dengan para penyelam.

  • Kampung Megalitik

Salah satu destinasi wisata menarik di NTT adalah Kampung Megalitik yang disebut juga dengan nama Kampung Bena. Kampung ini terletak di Desa Tiwuriwu, Kecamatan Aimere, Kabupaten Ngada. Disebut megalitik karena memang di tempat tersebut terdapat peninggalan zaman megaltikum berupa susunan batuan yang dibentuk menjadi jalan secara rapi. Bahkan menurut masyarakat sekitar, jalan batu itu dibangun oleh Dhake dari Aimere atau orang pertama yang membangun jalan megalit tersebut.

  • Gua Liang Bua

Gua Liang Bua adalah sebuah gua yang terletak di Kabupaten Manggarai atau 14 kilometer dari Ruteng, Ibu Kota Manggarai. Gua Liang Bua menjadi terkenal sampai penjuru dunia karena di tempat ini pernah ditemukan tengkorak manusia purba berukuran pendek yang disebut dengan nama Homo floresiensis. Selain itu, di dalam gua besar ini, Anda dapat menikmati pemandangan stalagmit yang terbentuk secara alami dalam kurun waktu puluhan tahun.

  • Labuan Bajo

Ketika berada di Labuan Bajo atau pintu masuk ke Taman Nasional Komodo, Anda dapat juga mengunjungi beberapa pulau eksotis lainnya. Seperti Pulau Bidadari, Pulau Kanawa, Pulau Kukusan Kecil dan Pulau Serayu. Selain itu, yang membuat Labuan Bajo direkomendasikan untuk dikunjungi adalah karena terdapatnya sebuah gua nan eksotis bernama Batu Cermin.

  • Pulau Kanawa

Satu lagi destinasi wisata pantai yang dimiliki provinsi Nusa Tenggara Timur, yaitu Pulau Kanawa. Di pulau yang terletak sekitar 15 kilometer dari Labuan Bajo ini memiliki luas sekitar 32 hektar dengan pasir berwarna putih, serta air lautnya yang sangat jernih.

Bahkan ketika Anda menyelam, Anda dapat langsung melihat ‘surga’ bawah laut yang dipenuhi ikan dan penghuni laut lainnya. Terdapat juga ikan-ikan besar seperti manta, hiu sampai laut di kawasan laut Pulau Kanawa.

  • Pink Beach

Jika Anda pernah melihat gambar atau foto sebuah pantai berwarna merah muda, maka tidak perlu jauh-jauh berpikiran bahwa pantai tersebut hanya terdapat di luar negeri saja, karena provinsi NTT juga memiliki pantai seperti itu bernama Pink Beach.

Disebut dengan nama Pink Beach karena memang pasir pantainya jika dilihat dari kejauhan berwarna merah muda dan hal ini terbentuk oleh proses alam atau secara alami. Pantai dengan pasir merah muda ini hanya dapat ditemukan di 7 negara saja selain di NTT, yaitu di Filipina, Italia, Karibia, Bahamas, Yunani dan Bermuda

 

Tempat Wisata di Toraja

  • Pallawa

Tongkonan Pallawa merupakan salah satu tongkonan atau rumah adat yang sangat menarik. Tongkonan Pallawa dibuat di antara pohon bambu di puncak bukit. Tongkonan tersebut didekorasi dengan sejumlah tanduk kerbau yang ditancapkan di bagian depan rumah adat.

  • Londa

Tempat wisata selanjutnya yang bisa Anda kunjungi adalah Londa. Londa merupakan bebatuan curam di sisi makam khas Tana Toraja. Disana Anda bisa melihat berbagai macam peti diatur sesuai dengan garis keluarga, memang mungkin banyak diantara Anda yang menganggap tempat tersebut menyeramkan, tetapi untuk Anda yang senang untuk mencari berbagai budaya yang ada di Indonesia Anda harus datang ke tempat wisata yang satu ini.

  • Ke’te Kesu

Salah satu tempat wisata yang wajib Anda kunjungi adalah Ke’te Kesu. Yang mempesona dari tempat wisata yang satu ini adalah berupa Tongkonan. Selain banyak sekali rumah adat yang berjajar, ada juga kuburan tebing dan kuburan bergantung, dan tau-tau dalam bangunan batu yang diberi pagar. Tau-tau ini memperlihatkan penampilan pemiliknya sehari-hari. Perkampungan yang satu ini juga dikenal dengan keahlian seni ukir yang dimiliki oleh penduduknya.

  • Batu Tumonga

Tempat wisata selanjutnya yang bisa Anda kunjungi untuk menambah pegetahuan mengenai budaya di Tana Toraja adalah Batu Tumonga. Di tempat wisata yang satu ini Anda disuguhkan dengan banyaknya bebatuan yang sangat menarik dan indah. Disana juga Anda akan melihat keindahan rantepau dan lembah sekitarnya.

 

5. Lemo

Tempat wisata selanjutnya yang bisa Anda kunjungi adalah Lemo. Lemo merupakan tempat yang sering disebut sebagai rumah para arwah. Di sana Anda bisa melihat mayat yang disimpan di udara terbuka, ditengah bebatuan yang curam. Pada waktu-waktu tertentu pakaian dari mayat-mayat yang ada akan diganti dengan melalui upacara Ma Nene.

 

Tempat wisata di Danau Toba

  • Gunung Pusuk Buhit

Gunung Pusuk Buhit berada di Pulau Samosir dan memiliki ketinggian 1.972 meter di atas permukaan laut. Gunung Pusuk Buhit yang terletak di dalam Gunung Toba menunjukkan adanya fenomena gunung berapi dalam gunung berapi super. Pusuk Buhit menawarkan pemandangan Danau Toba dari ketinggian. Masyarakat Batak meyakini Pusuk Buhit adalah tempat asal-usul suku mereka.

  • Paropo

Paropo merupakan desa yang terletak di Kecamatan Silalahi Sabungan, Kabupaten Dairi, Sumatra Utara.

Terletak di tepian Danau Toba, Paropo menyuguhkan pemandangan danau yang menakjubkan berpadu dengan desiran angin sepoi-sepoi. Paropo juga dikenal sebagai Ranu Kumbolo-nya Sumatra berkat keindahan panorama perbukitan dan danau.

  • Holbung Samosir

Holbung Samosir merupakan bukit berpunuk dipenuhi ilalang berwarna hijau yang berada di Desa Janji Marhatan, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Pemandangannya merupakan perpaduan biru dan luasnya Danau Toba dengan hijaunya perbukitan.

  • Tanjung Unta

Nama Tanjung Unta diberi oleh Wakil Presiden pertama RI, Mohammad Hatta dalam satu kunjungannya ke Danau Toba. Tanjung ini menyerupai bentuk unta yang sedang beristirahat.

  • Kebun Bunga Sapo Juma Tongging

Sebenarnya, Sapo Juma merupakan nama penginapan di tepi Danau Toba. Namun, satu hal yang menjadi daya tarik utamanya adalah kebun bunga dengan jalan setapak di antara bunga-bunganya yang bermekaran. Tak heran Kebun Bunga Sapo Juma Tongging menjadi satu spot favorit di Danau Toba untuk berselfie. Kebun bunga ini terletak di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

  • Lembah Bakkara

Lembah Bakkara merupakan wilayah di sebelah barat daya Danau Toba dan masuk dalam wilayah Kecamatan Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan, Sumatera Utara. Ini merupakan desa yang terletak di lembah dan dialiri dua sungai, yakni Aek Silang dan Aek Simangira.

Lembah Bakkara adalah tempat kelahiran Sisingamangaraja XII, Pahlawan nasional dari Sumatera Utara yang berperang melawan penjajahan Belanda. Wilayah ini terkenal dengan Aek Sipangolu (air yang menghidupkan). Aek Sipangolu yang dipercaya dapat menyembuhkan segala jenis penyakit dengan cara meminum atau merendam badan dalam airnya.

  • Desa Wisata Tomok

Tomok adalah desa tradisional yang menjadi pintu gerbang Samosir. Di desa ini, kamu bisa mengenal sejarah dan budaya Batak Toba.

Ada tiga hal menarik di Desa Tomok.

Yakni, tarian boneka Sigale-gale, pemakaman raja-raja kuno Batak yang berupa peti patu berukir kepala manusia dan berada di atas permukaan tanah, dan Museum Batak.

Tempat Wisata di Borobudur

Borobudur adalah sebuah candi Buddha yang terletak di Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Candi ini berlokasi di kurang lebih 100 km di sebelah barat daya Semarang, 86 km di sebelah barat Surakarta, dan 40 km di sebelah barat laut Yogyakarta. Candi berbentuk stupa ini didirikan oleh para penganut agama Buddha Mahayana sekitar abad ke-8 masehi pada masa pemerintahan wangsa Syailendra. Borobudur adalah candi atau kuil Buddha terbesar di dunia

Monumen ini terdiri atas enam teras berbentuk bujur sangkar yang diatasnya terdapat tiga pelataran melingkar, pada dindingnya dihiasi dengan 2.672 panel relief dan aslinya terdapat 504 arca Buddha.[4] Borobudur memiliki koleksi relief Buddha terlengkap dan terbanyak di dunia.[3] Stupa utama terbesar teletak di tengah sekaligus memahkotai bangunan ini, dikelilingi oleh tiga barisan melingkar 72 stupa berlubang yang di dalamnya terdapat arca buddha tengah duduk bersila dalam posisi teratai sempurna dengan mudra (sikap tangan) Dharmachakra mudra (memutar roda dharma).

Ekonomi
Investasi
Wisata
Layanan Terpopuler
Hak Pilih dalam Pemilu 2019
Pemilihan Umum 2019 dilakukan secara serentak dalam memilih Presiden dan Wakil Presiden serta Perwakilan Rakyat yang akan duduk di DPR maupun DPD. Pesta demokrasi yang berlangsung lima tahun sekali in...
KTP Penghayat Pasca Putusan MK
Pada 7 November 2017, Mahkamah Konstitusi mengabulkan gugatan uji materi atas Pasal 61 Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 dan Pasal 64 Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependuduka...
Cara Membuat dan Memperpanjang SIM Online
Inovasi dilakukan Kepolisian Republik Indonesia dalam proses pembuatan dan perpanjangan Surat Izin Mengemudi (SIM), yaitu dengan adanya SIM Online. Tapi, sebelum jauh membahas prosedur pembuatan maupu...
Cara Mendapatkan iDeb
Sebelumnya dikenal dengan nama Sistem Informasi Debitur yang dikelola oleh Bank Indonesia, atau yang selama ini lebih dikenal dengan nama BI Checking. Mulai 1 Januari 2018, operasionalisasinya pindah ...
Prosedur Penyetaraan Ijazah Pendidikan Tinggi Luar Negeri
Penyetaraan ijazah bukan dimaksudkan untuk menentukan diakui atau tidaknya ijazah dan gelar yang diperoleh seseorang dalam menempuh pendidikannya di luar negeri. ...
Konsultasi Kesehatan Interaktif Via SehatPedia
Aplikasi Sehatpedia merupakan aplikasi kesehatan yang akan dibuat oleh Direktorat Jenderal Layanan Kesehanan Kementerian Kesehatan untuk mengakomodir dan memfasilitasi masyarakat terhadap informasi ke...
Syarat Menjadi Eksportir dan Prosedur Kepabeanannya
Ekspor merupakan kegiatan mengeluarkan barang dari daerah pabean Indonesia ke daerah pabean negara lain. ...
Mengurus Hak Merek
Merek adalah tanda yang dapat ditampilkan secara grafis berupa gambar, logo, nama, kata, huruf, angka, susunan warna, dalam bentuk dua dimensi dan/atau tiga dimensi, suara, hologram, atau kombinasi da...
Cara Mengurus Hak Cipta
Hak Cipta adalah hak eksklusif pencipta yang timbul secara otomatis berdasarkan prinsip deklaratif setelah suatu ciptaan diwujudkan dalam bentuk nyata tanpa mengurangi pembatasan sesuai dengan ketentu...
Perizinan Berusaha Melalui OSS
Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik atau Online Single Submission (OSS) adalah Perizinan Berusaha yang diterbitkan oleh Lembaga OSS untuk dan atas nama menteri, pimpinan lembaga, gubernu...