Bahasa | English


APLIKASI UKM

Lamikro: Aplikasi Keuangan a la KemenkopUKM

3 May 2019, 16:38 WIB

Laporan keuangan menjadi hal yang amat penting untuk mengetahui kondisi bisnis Anda. Selain itu, laporan keuangan juga memiliki beberapa kegunaan seperti untuk meninjau kondisi perusahaan dan sebagai dasar pengambilan kebijakan.


Lamikro: Aplikasi Keuangan a la KemenkopUKM Ilustrasi. Sumber foto: Istimewa

Bagi Anda yang baru pertama kali membangun bisnis, membuat laporan keuangan mungkin memang membingungkan. Tapi pemerintah kini memberikan Anda kemudahan dalam membuat laporan keuangan untuk bisnis Anda.

Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) meluncurkan aplikasi Laporan Akuntansi Usaha Mikro (Lamikro) untuk para pelaku usaha mikro yang baru memulai usaha atau wirausaha pemula. Lamikro adalah aplikasi pembukuan akuntansi sederhana untuk usaha mikro yang bisa digunakan melalui smartphone dengan sistem operasi Android.

Aplikasi Lamikro bisa diakses kapan saja dan di mana saja, Aplikasi ini dirancang untuk menjadi fleksibel dengan banyak pilihan berbasis pengguna. Hal tersebut akan beradaptasi dengan berbagai prosedur penganggaran dan cukup kuat untuk menggantikan metode tradisional pencatatan manual.

Jenis Fitur dari Aplikasi Lamikro

Sama halnya dengan aplikasi lain, Lamikro juga terdiri dari berbagai fitur yang memiliki fungsinya masing-masing. Berikut fitur-fitur yang ada pada Lamikro:

  • Entri Jurnal

Catatan untuk transaksi akuntansi berdasarkan urutan kronologi, yaitu pada saat transaksi itu terjadi. Semua transaksi akan dicatata melalui jurnal entri yang menunjukkan nama akun, jumlah, serta mengetahui apakah akun tersebut dicatat di sisi debit atau kredit.

  • Daftar Jurnal

Jurnal merupakan rincian semua transaksi keuangan dan akun-akun yang memengaruhi transaksi tersebut. Daftar semua transaksi keuangan suatu badan usaha atau organisasi yang dicatat secara kronologis bertujuan untuk pendataan berdasarkan transaksi yang diinput pada Entri Jurnal.

  • Laba dan Rugi

Bagian dari laporan keuangan suatu perusahaan yang dihasilkan pada suatu periode akuntansi yang menjabarkan unsur-unsur pendapatan dan beban perusahaan sehingga menghasilkan suatu laba atau rugi bersih.

  • Neraca

Merupakan bagian dari laporan keuangan suatu entitas yang dihasilkan pada suatu periode akuntansi yang menunjukkan posisi keuangan entisitas tersebut pada akhir periode.

Cara Menggunakan Aplikasi Lamikro

Aplikasi Lamikro dibuat dengan berbagai kemudahan dan fleksibilitas untuk digunakan pelaku usaha mikro. Berikut cara penggunaanya:

  • Download aplikasi Lamikro melalui Google Playstore atau kunjungi website www.lamikro.com.
  • Pilih menu Lamikro web, lalu klik “Daftar”.
  • Isi kelengkapan data seperti nama lengkap, perusahaan, alamat, nomor izin usaha UKM, NPWP, e-mail, nomor telepon, nama akun, serta kata sandi.
  • Setelah semua data terisi, Anda bisa mengeklik “Daftar”.

Entri Jurnal

  • Klik “Entri Jurnal” pada sisi tab kiri aplikasi, lalu isi tanggal jurnal sesuai dengan tanggal teradinya transaksi.
  • Pengisian jenis transaksi dapat Anda pilih dengan menu droplist. Terdapat beberapa jenis transaksi yakni pengeluaran, utang, bayar hutang, piutang, tambah modal, dan lainnya.
  • Lalu isi kolom “diterima dari”, pilih pada panah droplist.
  • Selanjutnya isi kolom “Simpan ke”, pilih juga pada panah droplist.
  • Setelah itu, isi besaran nominal uang yang dipakai dalam transaksi tersebut.
  • Jika ada keterangan tambahan, silakan isi untuk memperdetail transaksi tersebut.
  • Klik “Simpan”

Daftar Jurnal

  • Untuk melihat transaksi yang sudah Anda simpan tadi, Anda bisa mengeklik “Daftar Jurnal” pada sisi tab kiri aplikasi.
  • Jika Anda ingin menghapus transaksi pada jurnal yang salah, klik kotak pada transaksi yang ingin dihilangkan, lalu klik “Hapus”, lalu klik “Ok”.

Laba dan Rugi

  • Selanjutnya klik “Laba dan Rugi” pada sisi tab kiri aplikasi untuk mendapatkan perhitungan akuntansi pada tabel laba dan rugi. Tabel laba dan rugi akan secara otomatis tampil sesuai dengan situasi keuangan UKM sesuai dengan input pada jurnal atau transaksi harian tadi.

Neraca

  • Klik “Neraca” pada sisi tab kiri aplikasi.
  • Setelah itu perhitungan akuntansi pada tabel neraca akan tampil secara otomastis sesuai dengan keuangan UKM sesuai input pada jurnal atau transaksi harian.

Pencatatan laporan keuangan secara tertib merupakan salah satu masalah yang sering dihadapi oleh pelaku usaha mikro. Oleh karena itu, Lamikro hadir untuk memberikan kemudahan.

Layanan Terpopuler
Layanan Legalisasi Dokumen Kemenlu
Dalam rangka meningkatkan kualitas layanan permohonan legalisasi dokumen, Kementerian Luar Negeri RI telah menerapkan prosedur permohonan layanan legalisasi melalui aplikasi berbasis android. Layanan ...
SaPa Kemendagri
SaPa Kemendagri merupakan aplikasi pengaduan dan aspirasi yang dioperasikan oleh Kemendagri. Melalui SaPa, masyarakat dapat membuat pengaduan dan menyatakan aspirasi terhadap layanan yang diberikan ol...
Cara Pasang Sambungan Sementara Listrik PLN
Tak perlu khawatir karena Perusahaan Listrik Negara (PLN) menyediakan layanan penyambungan sementara untuk kebutuhan daya listrik yang besar. ...
Izin Memelihara Hewan Langka
Hewan langka wajib dijaga dan dilestarikan. Secara umum, hal tersebut menjadi perhatian pemerintah melalui Balai Konservasi atau pun Suaka Margasatwa. ...
Call Center Polri 110
Untuk memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan secara mudah, responsif, dan tidak diskriminatif, Polri pun memiliki layanan Call Center Polri 110. ...
Serempak, Seputar Perempuan dan Anak, Kementerian PPPA
Serempak merupakan media interaktif sebagai wadah kerja sama multi-stakeholder dan untuk Meningkatkan akses perempuan pada TIK (teknologi informasi dan komunikasi). ...
Izin Memiliki Senjata
Warga sipil boleh memiliki senjata api (senpi) sebagai alat pertahanan diri. Namun, kepemilikan senjata api ini harus sesuai dengan syarat dan ketentuan yang sudah ditetapkan Kepolisian Republik Indon...
Tarif Preferensi Free Trade Agreement (FTA)
Perjanjian perdagangan tersebut memungkinkan Indonesia untuk memperoleh manfaat dari pemberlakuan tarif preferensi, misalnya untuk menekan biaya produksi sehingga dapat meningkatkan daya saing industr...
Sistem Informasi Pelayanan Publik (SIPP)
Satu dari beberapa bagian penting dalam penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), seperti dikutip dari situs resmi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi (Kem...
Prosedur Pengusulan Gelar Pahlawan Nasional
Gelar pahlawan nasional diberikan kepada warga Negara Indonesia atau seseorang yang berjuang melawan penjajahan di wilayah yang sekarang menjadi wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang gugur a...