Bahasa | English


LAYANAN SEREMPAK

Serempak, Seputar Perempuan dan Anak, Kementerian PPPA

30 June 2019, 09:20 WIB

Serempak merupakan media interaktif sebagai wadah kerja sama multi-stakeholder dan untuk Meningkatkan akses perempuan pada TIK (teknologi informasi dan komunikasi).


Serempak, Seputar Perempuan dan Anak, Kementerian PPPA Serempak. Foto: Dok. Serempak.id

Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) semakin deras berkembang. Hampir di setiap lini kehidupan, kini ada peran teknologi yang diterapkan. Termasuk dalam pembangunan, saat ini ada istilah smart city, yakni pembangunan infrastruktur di kota metropolitan yang menerapkan teknologi atau akses digital dalam layanannya.  

Sayangnya, belum semua warga negara Indonesia dapat memanfaatkan TIK dengan optimal. Pendayagunaan TIK menjadi kebutuhan bagi pemberdayaan masyarakat menuju masyarakat mandiri dan maju, khususnya perempuan.

Atas dasar itu pula, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kementerian PPPA) meluncurkan layanan berbasis laman atau website, yakni Seputar Perempuan dan Anak, disingkat menjadi Serempak.id.

Serempak merupakan media interaktif sebagai wadah kerja sama multi-stakeholder dan untuk Meningkatkan akses perempuan pada TIK (teknologi informasi dan komunikasi).

Masyarakat turut memberikan aspirasinya dalam bentuk jurnalisme warga, berkontribusi dalam ide, artikel, inovasi agar dapat membangun Indonesia dalam pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak demi tercapainya program unggulan Kementerian PPPA, yaitu 3END’s (End Violence Against Women and Children/akhiri kekerasan terhadap perempuan dan anak, End Human Trafficking/akhiri perdagangan manusia, dan End Barriers To Economic Justice/akhiri kesenjangan ekonomi) serta program nasional dalam mewujudkan Sustainable Development Goals (SDG’s).

Serempak merupakan salah satu upaya untuk mengatasi kesenjangan gender di bidang TIK atau wujud kesetaraan gender melalui TIK berbasis masyarakat, yang berfungsi untuk meningkatkan kapasitas masyarakat menuju perubahan yang positif dan arah yang lebih baik.

"Laki-laki ataupun perempuan memiliki kesamaan untuk memperoleh kesempatan dalam menggunakan TIK. Kesempatan bagi keduanya mampu mendorong peran dan partisipasi untuk kegiatan politik, hukum, ekonomi, sosial budaya, pendidikan, pertahanan dan keamanan nasional serta pembangunan," kata Deputi Bidang Partisipasi Masyarakat Kementerian PP dan PA Agustina Erni dalam Roadshow Seputar Perempuan dan Anak SEREMPAK.ID, di Jakarta, Senin (01/08/2016) lalu, seperti dikutip dari Kominfo.go.id.

Serempak juga mendorong pemberdayaan perempuan pada semua lini kehidupan. Sasaran website Serempak adalah perempuan dengan tujuan mengoptimalkan pemanfaatan internet untuk produktivitas pribadi, pembelajaran, peningkatan ekonomi keluarga, dan meminimalisasi dampak negatif yang dapat ditimbulkan terhadap kelompok perempuan.

Visi

Membangun dan mengoperasikan Portal Teknologi Informasi (TI) untuk perempuan (sarana interaktif) dengan fasilitas: Informasi dan berita tentang kegiatan terkait, artikel tentang TIK dan topik lain terkait perempuan, materi ajar yang dapat diakses secara online, dan forum sebagai sarana diskusi yang dimoderatori oleh pakar pada topik masing-masing melalui media sosial.

Misi

Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan memanfaatkan TIK untuk perempuan sehingga dapat lebih produktif dari semua sisi kehidupan sehari-hari.

Pada laman Serempak.id, Anda akan mendapati berbagai informasi dari beragam desk, di antaranya ada Carreer and Bussiness Develpoment, Health and Beauty, Law and Policy, Mom and Kids, Public Services, Science and Technology, Travel, Culture and Culinary, dan News.

Selain itu, ada juga ragam dari produk-produk usaha kecil dan menengah (UKM).

Cara Buat Akun di Serempak.id

  1. Buka situs web www.serempak.id
  2. Di bagaian atas, klik pilihan "Create an Account"
  3. Lalu, isi daftar isian, dari Username hingga Confirm Password
  4. Centang pilihan "I'm not a robot"
  5. Klik Create an Account

Cara Menulis Artikel di Serempak.id

1. Buat akun (dengan langkah seperti yang diutarakan di atas)

Yang harus diperhatikan sebelum mendaftar, pastikan bahwa Anda memiliki email dddan email tersebut masih aktif.

2. Log masuk

Ketikkan nama/email dan kata sandi. Login dengan akun Anda menggunakan username atau email dan kata sandi yang sebelumnya telah Anda buat.

3. Upload artikel

Isi form di halaman kirim artikel Anda. Kirimkan artikel Anda dengan membuka menu kirim artikel di bagian kanan bawah halaman beranda serempak, kemudian isikan form yang tertera di halaman tersebut.

Setelah itu, silakan tunggu pengumuman lebih lanjut mengenai artikel Anda vai email.

Cara Menjadi Kontributor di Serempak.id

  1. Pastikan bahwa Anda sudah mempunyai akun di Serempak.id, kemudian hubungi admin Serempak via email/media sosial Serempak.
  2. Admin akan mengirimkan formulir kontributor tetap dan syarat ketentuan menjadi kontributor.
  3. Isi dan tanda tangani formulir kontributor, lalu kirimkan kembali formulir tersebut via email beserta CV singkat dan foto terbaru.
  4. Admin akan memasukkan CV singkat dan foto Anda ke website Serempak.

Keuntungan Menjadi Kontributor Serempak

  1. Personal branding
  2. Portofolio
  3. 3 Networking
  4. Social enterpreneur
  5. Tulisan bermanfaat untuk orang lain dan bisa menghasilkan uang
  6. Meningkatkan wawasan dan skill
Layanan
Layanan Terpopuler
Layanan Imunisasi di Tengah Pandemi
Pada pandemi Covid-19 saat ini,  imunisasi sebagai pelayanan kesehatan esensial tetap menjadi prioritas untuk dilaksanakan. Itu karena anak harus terlindungi dari penyakit berbahaya. ...
Panduan New Normal di Lingkungan Kerja
Tak ada yang tahu kapan pandemi Covid-19 ini akan berakhir. Pemerintah berkewajiban menggerakkan roda perekonomian di tengah pandemi ini. ...
Prosedur Izin Keluar Masuk DKI Jakarta
Pemprov DKI Jakarta mengeluarkan ketentuan bagi masyarakat yang keluar dan masuk wilayah ibu kota selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Surat Izin Keluar/Masuk (SIKM) dapat diurus secar...
Protokol Kepulangan WNI dari Luar Negeri
Di tengah pandemi dan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sejumlah daerah, sejumlah pekerja Indonesia di luar negeri mulai berdatangan. Pemerintah tak mau kecolongan. ...
Bijak Kelola THR di Era Pandemi
Perlu menggunakan Tunjangan Hari Raya (THR) sewajarnya dan tidak boros. Di samping itu, jangan biarkan pendapatan tambahan ini berlalu tanpa makna. ...
Fatwa Salat Idulfitri dari MUI
Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa tentang salat Idulfitri di musim pandemi Covid-19 ini. Umat Muslim bisa melakukan salat sendiri di rumah. ...
Aplikasi 10 Rumah Aman Agar Betah di Rumah
Pemerintah meluncurkan sejumlah aplikasi untuk membendung penyebaran corona. Aplikasi 10 Rumah Aman bisa menjadi teman agar Anda tetap betah di rumah. ...
Kapan Nikah? Cek di siapnikah.org
Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) meluncurkan situs siapnikah.org. Situs ini untuk menyiapkan warga negara yang akan membangun rumah tangga. ...
Mesin Pintar Dukung Penerapan PSBB
Di sejumlah daerah yang sudah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diketahui warganya masih belum patuh. Untuk mendukung penerapan PSBB, pemerintah meluncurkan mesin pintar bernama &ldqu...
Cara Melindungi Lansia dari Virus Corona
Orang lanjut usia (lansia) lebih rentan terinfeksi virus corona dibanding dewasa maupun anak-anak. ...