Bahasa | English


APLIKASI

Help Renakta, Aplikasi Pengaduan Masyarakat Khusus Perempuan dan Anak

30 December 2019, 04:34 WIB

Polda Metro Jaya, bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, pada Desember 2019 ini telah meluncurkan aplikasi keamanan berbasis digital, yakni Help Renakta.


Help Renakta, Aplikasi Pengaduan Masyarakat Khusus Perempuan dan Anak Aplikasi Help Renakta. Foto: Polda Metro Jaya

Dengan semakin majunya teknologi dan menyesuaikan dengan era internet, kini masyarakat yang mengalami tindak kejahatan mendapat alternatif pilihan dalam melaporkan tindak kejahatan kepada pihak yang berwajib atau kepolisian.

Prosedur umum yang bisa dilakukan warga ketika mengalami tindak kejahatan adalah dengan menghubungi atau datang kepada pihak yang berwajib (ke kantor polisi), membuat laporan kejahatan, kemudian menunggu proses laporan ditindaklanjuti.

Kini, sudah terdapat alternatif pilihan untuk melaporkan hal-hal yang berkaitan dengan tindak kejahatan, yakni via aplikasi Help Renakta.

Aplikasi ini telah diresmikan oleh oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Gatot Eddy Pramono bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada 5 Desember, dan sudah bisa diunduh di Google Playstore.

"Dengan aplikasi ini, anak-anak dan perempuan yang menjadi korban bisa mendapat penyuluhan hukum dan jika menekan panic button, polisi atau tim terpadu terdekat akan memberikan pelayanan kepada korban tersebut," ucap Gatot, dikutip dari situs resmi Kementerian Pendayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Adanya aplikasi Help Renakta ini diharapkan bisa mempermudah proses pelaporan tindak kejahatan dengan layanan yang lebih praktis dan mudah dilakukan.

Berikut ini adalah hal yang terkait dengan aplikasi Help Renakta dan Satpam Mantap.

Help Renakta

Help Renakta merupakan aplikasi yang dibuat untuk membantu mencegah kekerasan terhadap perempuan dan anak serta meningkatkan layanan bantuan bagi perempuan dan anak korban kekerasan.

Help Renakta dapat digunakan untuk melapor, meminta bantuan, terkait kekerasan terhadap perempuan dan anak. Selain itu, pada aplikasi ini juga, terdapat informasi soal bantuan hukum, anak hilang, bagaimana mencegah kekerasan terhadap perempuan dan anak, serta panduan wajib penyuluhan hukum korban kejahatan.

Aplikasi Help Renakta dapat diunduh melalui https://play.google.com/store/apps/details?id=com.helprenakta.

Menu yang terdapat di aplikasi Help Renakta

  • Peta (Maps)

Menu peta pada aplikasi Help Renakta untuk menunjukkan lokasi keberadaan korban kekerasan dan secara real time ada informasi keberadaan lingkar bantuan.

  • Panic Button (Tombol Darurat)

Dalam Help Renakta, terdapat tombol darurat. Menu ini digunakan untuk pelaporan atau pengaduan saat seseorang, khususnya anak dan perempuan, mengalami kekerasan atau tindak kejahatan.

"Jika menekan panic button, polisi atau tim terpadu terdekat akan memberikan pelayanan kepada korban tersebut," ucap Kapolda Metro Jaya Gatot Eddy Pramono.

Jendela Informasi

Pada Jendela Informasi, terdapat berbagai macam informasi terkini yang bisa diketahui oleh pengguna, seperti anak hilang, bantuan hukum, dan lainnya.

Layanan
Layanan Terpopuler
Klaim Biaya Penanganan Covid-19 di Rumah Sakit
Klaim biaya penanganan Covid-19 berlaku bagi rumah sakit rujukan PIE dan rumah sakit yang sesuai ketentuan. ...
Panduan Sehat Sektor Pariwisata dan Ekonomi Kreatif
Pemerintah menerbitkan buku panduan untuk sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Tujuannya, sektor ini tetap bergerak dengan protokol kesehatan. ...
Istilah-istilah Baru dalam Penanganan Covid-19
Probable dan Discarded adalah istilah baru dalam penanganan Covid 19. Apa dan bagaimana penanganan kedua hal tersebut? ...
Meraih Bantuan Insentif dari Kemenparekraf
Ada enam pelaku bidang usaha kreatif yang diberi Bantuan Insentif Pemerintah. Total bantuan pada tahun 2020 sebesar 24 miliar. ...
Cetak Dokumen Kependudukan dari Rumah
Sekarang tak lagi bersusah payah mengurus kembali dokumen kependudukan yang hilang. Pemerintah telah mempermudah pelayanan dokumen administrasi kependudukan dengan inovasi cetak mandiri dari rumah. ...
Batas Atas Tarif Pemeriksaan Rapid Test
Pemerintah telah menerbitkan aturan batas tarif tertinggi untuk pemeriksaan rapid test antibodi sebesar Rp150.000. ...
Protokol bagi Penyelenggaraan Hajatan hingga Tempat Wisata
Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) mengeluarkan aturan normal baru bagi desa. Tujuannya untuk mewujudkan masyarakat desa yang produktif dan aman dari pen...
Yuk, Ikuti Panduan Pelaksanaan Kurban
Pengelola penjualan hewan kurban wajib memperhatikan kebersihan lokasi berjualan. Pemeriksaan kesehatan juga harus dilakukan, baik petugasnya maupun hewannya. ...
Tata Cara Menumpang Kereta Bandara Soekarno-Hatta di Masa Adaptasi Normal Baru
Tahap awal, penumpang kereta bandara Soekarno-Hatta hanya akan mengisi 70 persen dari kapasitas kereta. ...
Aturan Baru demi Dorong Pemulihan Nasional
Dengan skema penjaminan ini, pemerintah mendorong penyaluran kredit dari perbankan kepada para pelaku UMKM. ...