Bahasa | English


PORTAL PEDULI WNI

Portal PeduliWNI di Luar Negeri

30 April 2019, 11:13 WIB

Pemerintah melalui Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) berusaha meningkatkan pelayanan dan perlindungan bagi Warga Negara Indonesia (WNI) di luar negeri dengan cara membuat Portal Pelayanan dan Perlindungan WNI di Luar Negeri.


Portal PeduliWNI di Luar Negeri Portal Peduli WNI. Sumber foto: Istimewa

Ini merupakan portal yang mewadahi seluruh proses yang dibutuhkan WNI di luar negeri dalam rangka pelayanan seperti lapor diri, pengaduan kasus, pengaduan layanan hingga pengajuan layanan yang diperlukan WNI di luar negeri.

Diharapkan, adanya aplikasi tersebut membuat keseluruhan WNI di luar negeri bisa terdata secara detail sehingga dapat memaksimalkan pelayanan dan perlindungan dari perwakilan Indonesia di luar negeri.

Langkah awal penggunaan portal

Portal Pelayanan dan Perlindungan WNI di Luar Negeri memungkinkan pengguna atau user mengaksesnya dengan login pada halaman login. Ini dilakukan dengan email dan password tertentu (jika belum punya, harus lebih dulu melakukan pendaftaran dengan cara klik "masuk" di pojok kanan atas).

Guna memulai aplikasi tersebut, pengguna harus lebih dulu mengisi alamat URL berikut ini, http://peduliwni.kemlu.go.id/. Setelah itu, akan terlihat daftar menu untuk user WNI.

Berikut daftar menu dan fungsi atau keterangannya:

  1. Beranda: Menu ini menampilkan halaman awal ketika user mengakses Portal Pelayanan dan Perlindungan WNI di Luar Negeri.
  2. Himbauan: Menu ini menampilkan informasi imbauan dan travel warning di luar negeri.
  3. Informasi pelayanan: Menu ini menampilkan informasi pelayanan dan ada pada masing-masing perwakilan.
  4. Pengumuman: Menu ini menampilkan pengumuman penting bagi WNI di luar negeri, yang terdiri dari pengumuman pusat dan pengumuman lokal (sesuai negara).
  5. Referensi: Menu ini menampilkan referensi hukum terkait keberadaan dan perlindungan WNI di luar negeri.
  6. Lapor diri: Menu ini digunakan untuk melaporkan diri terkait kedatangan, perpindahan dan kepulangan WNI di luar negeri.
  7. Pelayanan: Menu ini digunakan untuk mengajukan pelayanan yang terdiri dari pelayanan legalisasi, surat keterangan, pelayanan kelahiran, pelayanan kematian, pelayanan perkawinan, pelayanan perceraian, pelayanan keimigrasian, dan pelayanan lainnya.
  8. Pengaduan: Menu ini digunakan untuk melakukan pengaduan yang terdiri dari pengaduan kasus dan pengaduan layanan.
Layanan
Sosial
Layanan Terpopuler
Smart SIM
Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri resmi menghadirkan Smart Surat Izin Mengemudi (Smart SIM) atau SIM Pintar bagi pengguna kendaraan bermotor di Indonesia. ...
Simrek PKH Kementan
Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kementerian Pertanian (Kementan) menerapkan penggunaan aplikasi pelayanan perizinan sistem online guna memperlancar iklim usaha dan ekspor. ...
Prosedur Mendapatkan Darah PMI
Tak jarang, ada sejumlah pasien di rumah sakit yang membutuhkan transfusi darah. Ini membuat mereka harus bisa memperolehnya dalam waktu cepat. ...
Karirhub Kemnaker
Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) meluncurkan Sistem Informasi Ketenagakerjaan (Sisnaker), platform berbasis online untuk menyikapi tuntutan perubahan dunia yang mengarah pada otomasi dan digital...
Pengajuan Hak Desain Industri
Salah satu hal yang berharga atau bernilai ialah ide. Bermula dari ide, seseorang bisa membuat karya yang orisinal. Contoh yang berkaitan dengan hal tersebut adalah ide dalam desain industri. ...
Cara Mengenali Uang Palsu dan Pelaporannya
Masyarakat dalam hal ini perbankan dan Penyelenggara Jasa Pengolahan Uang Rupiah (PJPUR) memiliki peran penting dalam mencegah dan menekan jumlah peredaran uang palsu. ...
Pengaduan BRTI Kominfo
Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo RI) terus melakukan inovasi untuk memberi pelayanan dan perlindungan terhadap warga Indonesia, khususnya dalam menggunakan jasa telek...
Pusat Jejaring Inovasi Daerah (Puja Indah) Kemendagri
Situs resmi Puja Indah merupakan hasil pengkajian, perekayasaan, pendataan, adopsi dan modifikasi, serta replikasi berbagai inovasi daerah menjadi sebuah inovasi berskala nasional untuk mendorong inov...
Cara Lapor Tindak Pidana kepada Polisi
Berdasarkan Pasal 1 angka 24 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1981 tentang Hukum Acara Pidana (KUHAP), laporan adalah pemberitahuan yang disampaikan oleh seseorang karena hak atau kewajiban berdasarkan und...
Aplikasi Insiden BPJS
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan bersama dengan PT Jasa Raharja (Persero) mengembangkan sebuah aplikasi yang diberi nama Integrated System for Traffic Accidents (Insiden). ...