Bahasa | English


APLIKASI SAPA KEMENDAGRI

SaPa Kemendagri

12 July 2019, 01:29 WIB

SaPa Kemendagri merupakan aplikasi pengaduan dan aspirasi yang dioperasikan oleh Kemendagri. Melalui SaPa, masyarakat dapat membuat pengaduan dan menyatakan aspirasi terhadap layanan yang diberikan oleh Kementerian Dalam Negeri dan pemerintah daerah.


SaPa Kemendagri Aplikasi SaPa Kemendagri: Foto: Kemendagri
  • Pengertian SaPa

Masyarakat bisa membuat pengaduan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bila mengalami masalah dalam layanan pemerintahan, kependudukan atau urusan kementerian dalam negeri. Pengaduan tersebut melalui Sarana Pengaduan dan Aspirasi (SaPA).

SaPa Kemendagri merupakan aplikasi pengaduan dan aspirasi yang dioperasikan oleh Kemendagri. Melalui SaPa, masyarakat dapat membuat pengaduan dan menyatakan aspirasi terhadap layanan yang diberikan oleh Kementerian Dalam Negeri dan pemerintah daerah.

Aplikasi SaPa Kementerian Dalam Negeri dan pemerintah daerah mengintegrasikan pengelolaan pengaduan dan aspirasi dalam satu pintu. Aplikasi ini dapat diakses melalui url http://www.sapa.kemendagri.go.id menggunakan versi desktop dan mobile.

  • Cara SaPa beroperasi

Aspirasi dan pengaduan dari masyarakat yang masuk melalui aplikasi SaPa akan diteruskan kepada pihak-pihak terkait, termasuk langsung kepada pemerintah daerah.

Pengelola SaPa akan memantau proses ini sehingga masyarakat mendapatkan jawaban dari pihak terkait tersebut. Masyarakat dapat memantau layanan aspirasi dan pengaduan melalui menu lacak.

  • Cara menyampaikan aspirasi dan pengaduan melalui SaPa

Masyarakat dapat menyampaikan aspirasi dan pengaduan melalui aplikasi SaPa dengan mengakses url http://www.sapa.kemendagri.go.id atau melalui aplikasi mobile yang dapat diunduh di play store untuk android. (saat ini baru tersedia versi android).

  • Cara pemerintah daerah mendapatkan aplikasi SaPa

Pemerintah daerah dapat memperoleh dan memanfaatkan aplikasi SaPa dengan mengirim permohonan resmi ke sapa@kemendagri.go.id.

  • Alur kerja SaPa
  1. Input pengaduan atau aspirasi dari pengguna melalui www.sapa.kemendagri.go.id.
  2. Administrator melakukan verifikasi pengaduan atau aspirasi yang diteruskan kepada komponen Kemendagri.
  3. Komponen Kemendagri melakukan diskusi untuk merumuskan pengaduan atau aspirasi dan menindaklanjuti apa yang disampaikan masyarakat.
  4. Administrator menyampaikan hasil rekapitulasi pengaduan atau aspirasi yang sudah ditindaklanjuti komponen Kemendagri.
  5. Ada interaksi antara administrator dengan pengguna.
  6. Selesai.
Layanan
Layanan Terpopuler
Layanan Legalisasi Dokumen Kemenlu
Dalam rangka meningkatkan kualitas layanan permohonan legalisasi dokumen, Kementerian Luar Negeri RI telah menerapkan prosedur permohonan layanan legalisasi melalui aplikasi berbasis android. Layanan ...
SaPa Kemendagri
SaPa Kemendagri merupakan aplikasi pengaduan dan aspirasi yang dioperasikan oleh Kemendagri. Melalui SaPa, masyarakat dapat membuat pengaduan dan menyatakan aspirasi terhadap layanan yang diberikan ol...
Cara Pasang Sambungan Sementara Listrik PLN
Tak perlu khawatir karena Perusahaan Listrik Negara (PLN) menyediakan layanan penyambungan sementara untuk kebutuhan daya listrik yang besar. ...
Izin Memelihara Hewan Langka
Hewan langka wajib dijaga dan dilestarikan. Secara umum, hal tersebut menjadi perhatian pemerintah melalui Balai Konservasi atau pun Suaka Margasatwa. ...
Call Center Polri 110
Untuk memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan secara mudah, responsif, dan tidak diskriminatif, Polri pun memiliki layanan Call Center Polri 110. ...
Serempak, Seputar Perempuan dan Anak, Kementerian PPPA
Serempak merupakan media interaktif sebagai wadah kerja sama multi-stakeholder dan untuk Meningkatkan akses perempuan pada TIK (teknologi informasi dan komunikasi). ...
Izin Memiliki Senjata
Warga sipil boleh memiliki senjata api (senpi) sebagai alat pertahanan diri. Namun, kepemilikan senjata api ini harus sesuai dengan syarat dan ketentuan yang sudah ditetapkan Kepolisian Republik Indon...
Tarif Preferensi Free Trade Agreement (FTA)
Perjanjian perdagangan tersebut memungkinkan Indonesia untuk memperoleh manfaat dari pemberlakuan tarif preferensi, misalnya untuk menekan biaya produksi sehingga dapat meningkatkan daya saing industr...
Sistem Informasi Pelayanan Publik (SIPP)
Satu dari beberapa bagian penting dalam penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), seperti dikutip dari situs resmi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi (Kem...
Prosedur Pengusulan Gelar Pahlawan Nasional
Gelar pahlawan nasional diberikan kepada warga Negara Indonesia atau seseorang yang berjuang melawan penjajahan di wilayah yang sekarang menjadi wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang gugur a...