Bahasa | English


APLIKASI SAPA KEMENDAGRI

SaPa Kemendagri

12 July 2019, 01:29 WIB

SaPa Kemendagri merupakan aplikasi pengaduan dan aspirasi yang dioperasikan oleh Kemendagri. Melalui SaPa, masyarakat dapat membuat pengaduan dan menyatakan aspirasi terhadap layanan yang diberikan oleh Kementerian Dalam Negeri dan pemerintah daerah.


SaPa Kemendagri Aplikasi SaPa Kemendagri: Foto: Kemendagri
  • Pengertian SaPa

Masyarakat bisa membuat pengaduan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bila mengalami masalah dalam layanan pemerintahan, kependudukan atau urusan kementerian dalam negeri. Pengaduan tersebut melalui Sarana Pengaduan dan Aspirasi (SaPA).

SaPa Kemendagri merupakan aplikasi pengaduan dan aspirasi yang dioperasikan oleh Kemendagri. Melalui SaPa, masyarakat dapat membuat pengaduan dan menyatakan aspirasi terhadap layanan yang diberikan oleh Kementerian Dalam Negeri dan pemerintah daerah.

Aplikasi SaPa Kementerian Dalam Negeri dan pemerintah daerah mengintegrasikan pengelolaan pengaduan dan aspirasi dalam satu pintu. Aplikasi ini dapat diakses melalui url http://www.sapa.kemendagri.go.id menggunakan versi desktop dan mobile.

  • Cara SaPa beroperasi

Aspirasi dan pengaduan dari masyarakat yang masuk melalui aplikasi SaPa akan diteruskan kepada pihak-pihak terkait, termasuk langsung kepada pemerintah daerah.

Pengelola SaPa akan memantau proses ini sehingga masyarakat mendapatkan jawaban dari pihak terkait tersebut. Masyarakat dapat memantau layanan aspirasi dan pengaduan melalui menu lacak.

  • Cara menyampaikan aspirasi dan pengaduan melalui SaPa

Masyarakat dapat menyampaikan aspirasi dan pengaduan melalui aplikasi SaPa dengan mengakses url http://www.sapa.kemendagri.go.id atau melalui aplikasi mobile yang dapat diunduh di play store untuk android. (saat ini baru tersedia versi android).

  • Cara pemerintah daerah mendapatkan aplikasi SaPa

Pemerintah daerah dapat memperoleh dan memanfaatkan aplikasi SaPa dengan mengirim permohonan resmi ke sapa@kemendagri.go.id.

Alur kerja SaPa

  1. Input pengaduan atau aspirasi dari pengguna melalui www.sapa.kemendagri.go.id.
  2. Administrator melakukan verifikasi pengaduan atau aspirasi yang diteruskan kepada komponen Kemendagri.
  3. Komponen Kemendagri melakukan diskusi untuk merumuskan pengaduan atau aspirasi dan menindaklanjuti apa yang disampaikan masyarakat.
  4. Administrator menyampaikan hasil rekapitulasi pengaduan atau aspirasi yang sudah ditindaklanjuti komponen Kemendagri.
  5. Ada interaksi antara administrator dengan pengguna.
  6. Selesai.
Layanan
Layanan Terpopuler
Cara Mengurus Izin Tenaga Kerja Asing (TKA) Online
Aplikasi teknologi informasi berbasis web untuk memberikan pelayanan kepada pemberi kerja TKA melalui laman tka-online.kemnaker.go.id. ...
Cara Mengurus Akta Nikah
Akta nikah dapat digunakan sebagai alat bukti peristiwa nikah yang sah yang mendokumentasikan pernikahan dengan pasangan dan juga memiliki kekuatan pembuktian formal karena dalam akta nikah telah diny...
Cara Mendirikan Koperasi
Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang seorang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan rakyat yang berdasar atas a...
Cara Mengurus BPJS Setelah Resign Kerja
BPJS Ketenagakerjaan bisa diambil ketika karyawan memutuskan untuk resign dari perusahaan. ...
Mendaftarkan Pernikahan Yang Berlangsung di Luar Negeri
Ada beberapa syarat atau prosedur yang mesti dipenuhi dan dilengkapi agar momen sakral pernikahan itu bisa memiliki garis hukum yang jelas. ...
Cara Urus Perizinan Produk Industri Rumah Tangga (PIRT)
Beragam cara dapat dilakukan seseorang untuk menjalankan usahanya. Termasuk di antaranya adalah dengan menjalankan usahanya di rumah (usaha rumahan) atau disebut juga dengan industri rumah tangga. ...
Cara Membuat KTP Anak atau Kartu Identitas Anak (KIA)
Pemerintah, melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), terus berbenah terkait perekaman data dan identitas. Kini, selain Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk warga usia 17 tahun ke atas, juga ada Kart...
Cara Mengurus KTP Hilang atau Rusak
Semua penduduk Indonesia yang sudah berusia 17 tahun atau telah menikah atau pernah menikah, wajib memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP). ...
Izin Tinggal Bagi Orang Asing di Indonesia
Setiap orang asing yang berada di wilayah Indonesia harus memiliki izin tinggal. ...
Cara Klaim Santunan Jasa Raharja bagi Korban Kecelakaan
Asuransi Jasa Raharja merupakan jaminan yang diberikan oleh pemerintah untuk korban kecelakaan lalu lintas. ...