Bahasa | English


APLIKASI

Satpam Mantap, Aplikasi Tindak Kejahatan Khusus Satpam

31 December 2019, 11:09 WIB

Aplikasi Satpam Mantap ini mendata anggota satpam yang sudah terlatih dan mempunyai sertifikat. Selain itu, melalui aplikasi ini kedekatan antara Polri dan satpam akan semakin dekat.


Satpam Mantap, Aplikasi Tindak Kejahatan Khusus Satpam Aplikasi Satpam Mantap. Foto: Polda Metro Jaya

Satpam Mantap menjadi mitra kepolisian dalam menindak perilaku kejahatan yang terjadi di lingkungan masyarakat.

Dikutip dari situs resmi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Satpam Mantap merupakan aplikasi untuk satuan keamanan atau satpam yang terdata dan terlatih yang dilengkapi sertifikasinya di seluruh Indonesia.

Polda Metro Jaya menggandeng satpam karena mereka menjadi pihak pertama yang dekat langsung dengan masyarakat, misalnya di sekitar area keramaian, seperti perumahan, perkantoran, sekolah, kampus, perbankan, pasar, dan tempat lainnya.

Aplikasi Satpam Mantap ini mendata anggota satpam yang sudah terlatih dan mempunyai sertifikat. Selain itu, melalui aplikasi ini kedekatan antara Polri dan satpam akan semakin dekat.

Polda Metro Jaya juga meraih penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (Muri) terkait aplikasi Satpam Mantap. Penghargaan Muri diberikan karena aplikasi Satpam Mantap menjadi aplikasi keamanan pertama yang ada, bukan hanya di Indonesia, melainkan di seluruh dunia.

Menu Aplikasi Satpam Mantap

Aplikasi Satpam Mantap secara langsung mengkhususkan untuk satuan keamanan atau satpam yang terdata dan terlatih yang dilengkapi sertifikasinya di seluruh Indonesia. Jadi, tak semua orang bisa menggunakan aplikasi Satpam Mantap dengan bebas. Aplikasi Satpam Mantap dapat diunduh melalui https://play.google.com/store/apps/details?id=org.mysel.gosatpam.

Berikut ini adalah beberapa menu atau fitur yang terdapat dalam aplikasi Satpam Mantap:

1. Rekomendasi

Rekomendasi adalah menu pendaftaran online yang bisa digunakan siapa pun yang ingin mendirikan usaha operasional jasa pengamanan untuk mengurus perizinan.

Dengan demikian, perusahaan akan mengantongi izin resmi dan data-data anggota petugas keamanan juga akan tercatat secara otomatis.

2. Badan Usaha Jasa Pengamanan (BJUP)

Pada menu BUJP, akan ada daftar identitas satpam yang bertugas. Identitas satpam tersebut terdiri dari KTA (Kartu Tanda Anggota) dan masa berlaku izin operasional BUJP.

3. Panic Button (Tombol darurat)

Satpam dapat menekan tombol panic botton yang terdapat pada menu aplikasi Satpam Mantap ini bila ada kejahatan yang terjadi saat dia bertugas.

Dengan Panic Button ini, satpam dapat melaporkan tindak kejahatan kepada pihak berwajib sesuai dengan jenis kasusnya.

Dikutip dari Google Playstore, kasus-kasus yang bisa dilaporkan meliputi Begal/Curas, Pencurian/Perampokan, Penculikan, Pemerkosaan, Penganiayaan, dan Pembunuhan.

4. Berita

Selain Rekomendasi, BJUP, dan Panic Button, pada aplikasi Satpam Mantap juga terdapat menu Berita. Pada menu Berita, pengguna bisa mengetahui informasi atau berita terkini soal peristiwa yang terjadi di Indonesia.

Layanan Terpopuler
Tak Sekadar Pemakaman Biasa
Sejumlah warga kebingungan memperlakukan jenazah orang yang berstatus PDP dan positif Covid-19. MUI dan Dirjen Bimas Katolik turun tangan mengeluarkan pedoman. ...
Kenali Stunting, Cegah Sekarang Juga
Stunting pada anak dapat dicegah jika orang tua mengambil langkah-langkah penting dalam dua tahun pertama kehidupan seorang anak. Prioritas pencegahan dimulai saat ibu hamil, dengan menjaga kecukupan ...
Mengenali dan Mencegah Demam Berdarah Dengue
Musim hujan adalah saat rawan wabah demam berdarah dengue (DBD). Kenali gejala dan tanda-tanda awal DBD agar tak salah membedakan dengan demam biasa. ...
Menjaga Rahasia Pasien
Data pasien positif  corona mutan, baik kasus 1 dan 2, sempat beredar luas. Ada sejumlah aturan perlindungan hak privasi pasien. ...
Manfaat dan Ketentuan Izin Panel Surya Atap
Pemanfaatan energi surya untuk kelistrikan mandiri telah menjadi alternatif bagi masyarakat. Pemerintah memberikan keleluasaan kepada masyarakat untuk memasang Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) A...
Cara Mengurus Izin Mendirikan Bangunan
Izin Mendirikan Bangunan (IMB) diperlukan sebagai keabsahan sebuah bangunan terhadap lingkungan sekitar. Bangunan yang tidak dilengkapi IMB terancam dibongkar oleh pemerintah setempat. ...
Pedoman Kesehatan Hadapi Covid-19
Apa yang harus dilakukan masyarakat terkait kesehatan dalam upaya menghadapi Covid-19? ...
Kenali dan Cegah TBC
Pemerintah mengkampanyekan Gerakan Maju Bersama Menuju Eliminasi TBC 2030. Tujuannya, mencegah meluasnya penyebaran penyakit TBC di masyarakat. ...
Protokol Pintu Masuk Wilayah Indonesia (Bandara, Pelabuhan, PLBDN)
...
Protokol di Area dan Transportasi Publik
...