Bahasa | English


BPJS KESEHATAN

Cara Gunakan PCare BPJS Kesehatan

28 September 2019, 09:57 WIB

BPJS Kesehatan punya komitmen untuk memberikan perlindungan kepada seluruh warga negara Indonesia. Salah satu kemudahan yang ditawarkan BPJS Kesehatan adalah premi asuransi yang lebih terjangkau.


Cara Gunakan PCare BPJS Kesehatan Primary Care BPJS Kesehatan. Foto: BPJS

Nilai premi yang terjangkau itu tak mengurangi pelayanan dari BPJS Kesehatan. Sejumlah program dibuat untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat yang menggunakannya.

Salah satunya adalah Primary Care BPJS Kesehatan alias PCare. Aplikasi ini menawarkan fasilitas kesehatan (faskes) tingkat pertama seperti kunjungan ke puskesmas, klinik, atau laboratorium rujukan peserta BPJS Kesehatan.

Aplikasi tersebut dapat digunakan para pemegang premi untuk mengajukan pengobatan atau sekadar mendaftarkan diri sebagai pasien di faskes tingkat pertama yang dituju.

Untuk bisa menggunakannya, pertama-tama adalah mengunduh aplikasi PCare BPJS Kesehatan di Google Playstore, untuk sementara baru untuk sistem operasi Android. Tidak ada biaya untuk mengunduh aplikasi tersebut.

Setelah itu, peserta disarankan untuk melakukan pendaftaran offline di kantor BPJS Kesehatan terdekat. Dengan begitu, mereka bisa langsung mengakses data pribadi sebagai peserta BPJS Kesehatan saat melakukan kunjungan ke faskes.

Aplikasi ini masih belum bisa digunakan untuk umum. Artinya, tidak semua user dapat menggunakan layanan PCare BPJS Kesehatan ini.

Pihak-pihak yang mendapatkan izin adalah fasilitas kesehatan yang telah resmi mendaftarkan ke BPJS dan telah diberikan akses user dan password untuk mengaksesnya.

Beberapa fitur yang dimiliki aplikasi PCare antara lain: Informasi Tagihan, Tata Cara Mendaftarkan Peserta BPJS Kesehatan secara Mandiri ataupun Instansi, serta Pencarian Fasilitas Kesehatan Terdekat.

Dengan aplikasi ini, peserta BPJS Kesehatan akan mendapatkan kemudahan seperti: alur pendaftaran pasien yang lebih praktis, data pasien terintegrasi, proses diagnosis pasien lebih cepat, dan proses rujukan lebih mudah.

Cara daftar dan penggunaan layanan PCare BPJS Kesehatan:

  1. Kunjungi situs resmi BPJS Kesehatan http://pcare.bpjs-kesehatan.go.id atau Google Playstore. Unduh aplikasi PCare.
  2. Bikin username dan password. Anda hanya perlu memasukkan username dan password apabila sudah melakukan registrasi.
  3. Setelah berhasil login, selanjutnya Anda akan dibawa ke halaman utama Primary Care BPJS Kesehatan yang berisikan indeks mengenai pasien.
  4. Pilih menu pelayanan. Setelah masuk, peserta bisa memanfaatkan PCare untuk mendapatkan sejumlah fasilitas dari BPJS Kesehatan.
  5. Pada menu ini, akan ada dua pilihan, yaitu pendaftaran dan pelayanan.
  6. Jika Anda merupakan pasien berobat, lakukan pendaftaran terlebih dahulu dengan mengisi nomor BPJS peserta kemudian klik “cari”. Jika pasien merupakan pasien faskes tempat Anda bekerja, maka identitas pasien tersebut akan muncul secara otomatis.
  7. Lengkapi bidang yang kosong mulai dari: Jenis kunjungan, Keluhan pemeriksaan fisik, Tekanan darah, dll.
  8. Klik simpan. Selanjutnya kembali ke entri data, pilih pelayanan. Pada bagian ini Anda diminta untuk mengisi kolom-kolom yang kosong, seperti kolom terapi dan diagnosis. Lalu, klik simpan. Tahap entri data untuk pasien BPJS Kesehatan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) pun selesai.
  9. Selanjutnya, Anda dapat melihat data pasien berobat ke faskes 1 tempat Anda bekerja mulai dari kegiatan, jumlah kunjungan, jenis kunjungan, sampai sepuluh penyakit terbanyak.
  10. Pada menu Tools, Anda dapat mengubah password Primary Care BPJS Kesehatan dan masuk ke LUPIS BPJS untuk melihat serta mengedit jumlah pekerja faskes tingkat pertama di tempat Anda bekerja.
  11. Jika Anda klik logo akun yang berada di sebelah kiri, maka Anda akan menemukan data administrasi dan bisa juga mengarahkan Anda untuk log out untuk keluar dari aplikasi Primary Care BPJS Kesehatan jika sudah selesai digunakan.
Layanan
Layanan Terpopuler
Kartu Sembako dan Cara Mendapatkannya
Corona tak hanya berakibat pada kesehatan tapi juga ekonomi. Pemerintah menggulirkan paket jaring pengaman sosial agar masyarakat bawah terlindungi. ...
Tak Sekadar Pemakaman Biasa
Sejumlah warga kebingungan memperlakukan jenazah orang yang berstatus PDP dan positif Covid-19. MUI dan Dirjen Bimas Katolik turun tangan mengeluarkan pedoman. ...
Kenali Stunting, Cegah Sekarang Juga
Stunting pada anak dapat dicegah jika orang tua mengambil langkah-langkah penting dalam dua tahun pertama kehidupan seorang anak. Prioritas pencegahan dimulai saat ibu hamil, dengan menjaga kecukupan ...
Mengenali dan Mencegah Demam Berdarah Dengue
Musim hujan adalah saat rawan wabah demam berdarah dengue (DBD). Kenali gejala dan tanda-tanda awal DBD agar tak salah membedakan dengan demam biasa. ...
Menjaga Rahasia Pasien
Data pasien positif  corona mutan, baik kasus 1 dan 2, sempat beredar luas. Ada sejumlah aturan perlindungan hak privasi pasien. ...
Manfaat dan Ketentuan Izin Panel Surya Atap
Pemanfaatan energi surya untuk kelistrikan mandiri telah menjadi alternatif bagi masyarakat. Pemerintah memberikan keleluasaan kepada masyarakat untuk memasang Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) A...
Cara Mengurus Izin Mendirikan Bangunan
Izin Mendirikan Bangunan (IMB) diperlukan sebagai keabsahan sebuah bangunan terhadap lingkungan sekitar. Bangunan yang tidak dilengkapi IMB terancam dibongkar oleh pemerintah setempat. ...
Pedoman Kesehatan Hadapi Covid-19
Apa yang harus dilakukan masyarakat terkait kesehatan dalam upaya menghadapi Covid-19? ...
Kenali dan Cegah TBC
Pemerintah mengkampanyekan Gerakan Maju Bersama Menuju Eliminasi TBC 2030. Tujuannya, mencegah meluasnya penyebaran penyakit TBC di masyarakat. ...
Protokol Pintu Masuk Wilayah Indonesia (Bandara, Pelabuhan, PLBDN)
...