Bahasa | English


APLIKASI

e-Layanan Dikdasmen Kemendikbud untuk Siswa dari Luar Negeri

31 December 2019, 11:23 WIB

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Dikdasmen) telah membuatkan layanan yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan para peserta didik dalam pelayanan izin belajar dan penyetaraan ijazah yaitu Aplikasi e-Layanan.


e-Layanan Dikdasmen Kemendikbud untuk Siswa dari Luar Negeri e-Layanan Dikdasmen. Foto: Kemendikbud

Melalui aplikasi ini, siswa Warga Negara Indonesia yang pindah dari luar negeri bisa menempuh pendidikan dengan kurikulum nasional.

Saat masuk ke laman e-layanan.dikdasmen.kemdikbud.go.id, Anda akan menjumpai dua menu yakni Layanan SPK dan Perizinan Siswa. Layanan SPK merupakan fasilitas untuk pihak-pihak yang ingin mendirikan tempat belajar atau sekolah agar terdaftar di database Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Adapun Perizinan Siswa ditujukan untuk mengurus legalitas siswa Indonesia yang ingin bersekolah dengan kurikulum Indonesia.

Berikut langkah untuk mengurus pindah sekolah ke luar negeri bagi siswa WNI:

  1. Masuk ke laman http://e-layanan.dikdasmen.kemdikbud.go.id/elayanan2019/daftar untuk mendaftarkan diri. Isi semua data yang diminta di halaman tersebut.
  2. Setelah selesai mengisi dan menekan tombol Daftar di kanan bawah, pihak Subbagian Kerja Sama dan Humas akan melakukan cek data dan memproses formulir pemohon. Pemohon juga harus datang langsung ke Kemdikbud untuk melakukan verifikasi dokumen yang diunggah di laman pendaftaran tersebut.
  3. Kepala Subbagian Kerja Sama dan Humas akan menandatangani permohonan setelah semua berkas selesai diperiksa. Selanjutnya pemohon akan diberi surat rekomendasi penyaluran siswa.
  4. Surat rekomendasi tersebut kemudian diberikan kepada Kepala Bagian Hukum, Tata Laksana, dan Kerja Sama untuk ditandatangani.
  5. Surat selanjutnya harus ditandatangani oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Dikdasmen dan kemudian disampaikan ke pemohon atau melalui Unit Layanan Terpadu (ULT).
  6. Pengurusan surat rekomendasi penyaluran siswa luar negeri atau sebaliknya tidak dipungut biaya.
  7. Proses pengurusan biasanya selesai dalam waktu lima hari kerja.

Selain penyaluran siswa, e-layanan Dikdasmen juga memberikan fasilitas penyetaraan ijazah. Dengan layanan ini, dokumen hasil belajar yang dikeluarkan lembaga penyelenggara pendidikan di luar negeri atau di dalam negeri yang tidak mengacu pada kurikulum nasional bisa disetarakan. Dokumen ini bisa menggantikan ijazah/transkrip nilai/rapor bagi siswa SD hingga SMA yang tak sesuai dengan ketentuan pendidikan Indonesia.

Berikut langkah mengurus layanan penyetaraan ijazah:

  1. Mengisi formulir permohonan secara online di laman e-layanan.dikdasmen.kemdikbud.go.id.
  2. Melampirkan dokumen persyaratan, yakni:
  • Pas foto ukuran 4x6
  • Paspor
  • Surat keterangan dari Perwakilan RI setempat atau Perwakilan Negara Asing di Indonesia atau surat keterangan dari sekolah asal
  • Ijazah (jika lembaga pendidikan asal mengeluarkan ijazah) atau sertifikat
  • Transkrip nilai
  • Struktur Program Kurikulum (tak diperlukan jika lembaga penyelenggara pendidikan telah menyediakan informasi ini di situs resmi).
  • Akta Kelahiran
  • Rapor kelas 1, 2, dan 3 untuk siswa SMP/SMK/SMA atau scan rapor 3 tahun terakhir untuk siswa SD
  1. Pihak Subbagian Kerja Sama dan Humas akan melakukan verifikasi formulir yang diajukan pemohon. Jika melakukan unggah dokumen lewat online, pemohon harus datang langsung membawa dokumen asli.
  2. Kepala Subbagian Kerja Sama dan Humas akan menandatangani dan mengeluarkan surat keterangan penyetaraan ijazah luar negeri.
  3. Surat penyetaraan ijazah itu selanjutnya diteruskan ke Kepala Bagian Hukum, Tata Laksana, dan Kerja Sama untuk selanjutnya ditanda tangani.
  4. Sekretaris Direktorat Jenderal Dikdasmen akan menandatangani surat tersebut dan diserahkan ke pemohon melalui Unit Layanan Terpadu (ULT).
  5. Proses pengurusan surat penyetaraan ijazah tidak dipungut biaya.
  6. Waktu yang diperlukan untuk mengurus surat penyetaraan ijazah sekira lima hari kerja sejak dokumen dinyatakan lengkap.
Layanan
Layanan Terpopuler
Tata Cara Mengajukan Keringanan Cicilan
Sejumlah bank dan finance telah melakukan restruksturisasi atau keringanan pinjaman bagi mereka yang terdampak Covid-19. Bagaimana cara pengajuannya? ...
Token Listrik Gratis bagi Masyarakat
PLN memberikan diskon pembayaran separuh harga selama tiga bulan kepada 24 juta pelanggan listrik bersubsidi 450 VA dan 7 juta 900 VA. Berikut syarat dan caranya mendapatkannya. ...
Kartu Sembako dan Cara Mendapatkannya
Corona tak hanya berakibat pada kesehatan tapi juga ekonomi. Pemerintah menggulirkan paket jaring pengaman sosial agar masyarakat bawah terlindungi. ...
Tak Sekadar Pemakaman Biasa
Sejumlah warga kebingungan memperlakukan jenazah orang yang berstatus PDP dan positif Covid-19. MUI dan Dirjen Bimas Katolik turun tangan mengeluarkan pedoman. ...
Kenali Stunting, Cegah Sekarang Juga
Stunting pada anak dapat dicegah jika orang tua mengambil langkah-langkah penting dalam dua tahun pertama kehidupan seorang anak. Prioritas pencegahan dimulai saat ibu hamil, dengan menjaga kecukupan ...
Mengenali dan Mencegah Demam Berdarah Dengue
Musim hujan adalah saat rawan wabah demam berdarah dengue (DBD). Kenali gejala dan tanda-tanda awal DBD agar tak salah membedakan dengan demam biasa. ...
Menjaga Rahasia Pasien
Data pasien positif  corona mutan, baik kasus 1 dan 2, sempat beredar luas. Ada sejumlah aturan perlindungan hak privasi pasien. ...
Manfaat dan Ketentuan Izin Panel Surya Atap
Pemanfaatan energi surya untuk kelistrikan mandiri telah menjadi alternatif bagi masyarakat. Pemerintah memberikan keleluasaan kepada masyarakat untuk memasang Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) A...
Cara Mengurus Izin Mendirikan Bangunan
Izin Mendirikan Bangunan (IMB) diperlukan sebagai keabsahan sebuah bangunan terhadap lingkungan sekitar. Bangunan yang tidak dilengkapi IMB terancam dibongkar oleh pemerintah setempat. ...
Pedoman Kesehatan Hadapi Covid-19
Apa yang harus dilakukan masyarakat terkait kesehatan dalam upaya menghadapi Covid-19? ...