Bahasa | English


APLIKASI

e-Layanan Dikdasmen Kemendikbud untuk Siswa dari Luar Negeri

31 December 2019, 11:23 WIB

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Dikdasmen) telah membuatkan layanan yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan para peserta didik dalam pelayanan izin belajar dan penyetaraan ijazah yaitu Aplikasi e-Layanan.


e-Layanan Dikdasmen Kemendikbud untuk Siswa dari Luar Negeri e-Layanan Dikdasmen. Foto: Kemendikbud

Melalui aplikasi ini, siswa Warga Negara Indonesia yang pindah dari luar negeri bisa menempuh pendidikan dengan kurikulum nasional.

Saat masuk ke laman e-layanan.dikdasmen.kemdikbud.go.id, Anda akan menjumpai dua menu yakni Layanan SPK dan Perizinan Siswa. Layanan SPK merupakan fasilitas untuk pihak-pihak yang ingin mendirikan tempat belajar atau sekolah agar terdaftar di database Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud). Adapun Perizinan Siswa ditujukan untuk mengurus legalitas siswa Indonesia yang ingin bersekolah dengan kurikulum Indonesia.

Berikut langkah untuk mengurus pindah sekolah ke luar negeri bagi siswa WNI:

  1. Masuk ke laman http://e-layanan.dikdasmen.kemdikbud.go.id/elayanan2019/daftar untuk mendaftarkan diri. Isi semua data yang diminta di halaman tersebut.
  2. Setelah selesai mengisi dan menekan tombol Daftar di kanan bawah, pihak Subbagian Kerja Sama dan Humas akan melakukan cek data dan memproses formulir pemohon. Pemohon juga harus datang langsung ke Kemdikbud untuk melakukan verifikasi dokumen yang diunggah di laman pendaftaran tersebut.
  3. Kepala Subbagian Kerja Sama dan Humas akan menandatangani permohonan setelah semua berkas selesai diperiksa. Selanjutnya pemohon akan diberi surat rekomendasi penyaluran siswa.
  4. Surat rekomendasi tersebut kemudian diberikan kepada Kepala Bagian Hukum, Tata Laksana, dan Kerja Sama untuk ditandatangani.
  5. Surat selanjutnya harus ditandatangani oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Dikdasmen dan kemudian disampaikan ke pemohon atau melalui Unit Layanan Terpadu (ULT).
  6. Pengurusan surat rekomendasi penyaluran siswa luar negeri atau sebaliknya tidak dipungut biaya.
  7. Proses pengurusan biasanya selesai dalam waktu lima hari kerja.

Selain penyaluran siswa, e-layanan Dikdasmen juga memberikan fasilitas penyetaraan ijazah. Dengan layanan ini, dokumen hasil belajar yang dikeluarkan lembaga penyelenggara pendidikan di luar negeri atau di dalam negeri yang tidak mengacu pada kurikulum nasional bisa disetarakan. Dokumen ini bisa menggantikan ijazah/transkrip nilai/rapor bagi siswa SD hingga SMA yang tak sesuai dengan ketentuan pendidikan Indonesia.

Berikut langkah mengurus layanan penyetaraan ijazah:

  1. Mengisi formulir permohonan secara online di laman e-layanan.dikdasmen.kemdikbud.go.id.
  2. Melampirkan dokumen persyaratan, yakni:
  • Pas foto ukuran 4x6
  • Paspor
  • Surat keterangan dari Perwakilan RI setempat atau Perwakilan Negara Asing di Indonesia atau surat keterangan dari sekolah asal
  • Ijazah (jika lembaga pendidikan asal mengeluarkan ijazah) atau sertifikat
  • Transkrip nilai
  • Struktur Program Kurikulum (tak diperlukan jika lembaga penyelenggara pendidikan telah menyediakan informasi ini di situs resmi).
  • Akta Kelahiran
  • Rapor kelas 1, 2, dan 3 untuk siswa SMP/SMK/SMA atau scan rapor 3 tahun terakhir untuk siswa SD
  1. Pihak Subbagian Kerja Sama dan Humas akan melakukan verifikasi formulir yang diajukan pemohon. Jika melakukan unggah dokumen lewat online, pemohon harus datang langsung membawa dokumen asli.
  2. Kepala Subbagian Kerja Sama dan Humas akan menandatangani dan mengeluarkan surat keterangan penyetaraan ijazah luar negeri.
  3. Surat penyetaraan ijazah itu selanjutnya diteruskan ke Kepala Bagian Hukum, Tata Laksana, dan Kerja Sama untuk selanjutnya ditanda tangani.
  4. Sekretaris Direktorat Jenderal Dikdasmen akan menandatangani surat tersebut dan diserahkan ke pemohon melalui Unit Layanan Terpadu (ULT).
  5. Proses pengurusan surat penyetaraan ijazah tidak dipungut biaya.
  6. Waktu yang diperlukan untuk mengurus surat penyetaraan ijazah sekira lima hari kerja sejak dokumen dinyatakan lengkap.
Layanan
Layanan Terpopuler
Pemerintah Beri Subsidi bagi Guru Honorer, Begini Cara Pencairannya
Pemerintah berikan bantuan subsidi bagi para guru dan tenaga pendidik non-PNS, baik di sekolah negeri maupun swasta. ...
Aturan Mencoblos di Pilkada Masa Pandemi
Ada yang berbeda pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 yang akan digelar 9 Desember 2020. Sederet aturan khusus diberlakukan demi menjamin pelaksanaan protokol kesehatan. ...
Layanan Pajak di Masa Pandemi
Sejak 1 September 2020, masyarakat yang ingin mendapatkan layanan tatap muka di kantor pajak wajib mengambil nomor tiket antrean secara online. ...
Memastikan Subsidi Gaji Masuk ke Rekening
Awal November merupakan jadwal realisasi penyaluran bantuan subsidi upah (BSU) gelombang II. Pengecekan pun segera dapat dilakukan. ...
Menjaga Aman saat Liburan Tiba
Liburan itu penting, tapi agar tidak menimbulkan masalah, haruslah tetap mematuhi protokol kesehatan. ...
Mengurus Visa di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru
Fasilitas bebas visa kunjungan dan visa kunjungan saat kedatangan (visa on arrival) ditiadakan selama pandemi Covid-19. ...
Sudahkah Anda Terdaftar Sebagai Pemilih di Pilkada 2020?
Sebelum jalan ke bilik suara Pilkada 2020, sebaiknya mengecek status Anda dan keluarga di Daftar Pemilih Tetap (DPT). ...
Cara Akses Sertifikasi Standar Kebersihan Pelaku Wisata
Program Sertifikasi Cleanliness, Health, Safety & Environment Sustainability (CHSE) merupakan salah satu strategi menghadapi masa adaptasi kebiasaan baru di sektor parekraf. ...
Oktober 2020, Waktunya Klaim Token Listrik Gratis
Pelanggan rumah tangga dengan daya 450 VA dan 900 VA bersubsidi serta pelanggan berkategori sosial dan bisnis kecil berhak mengklaim token listrik gratis, sekarang! ...
Mengecek Sendiri Apakah Terdaftar Sebagai Penerima Bansos
Sudahkah Anda telah terdaftar sebagai penerima bansos tunai? Silakan dicek melalui tautan https://cekbansos.siks.kemsos.go.id. ...