Bahasa | English


INFRASTRUKTUR

Bandara Baru Pembuka Isolasi

23 Febuary 2019, 16:14 WIB

Pemerintah Jokowi getol membangun beberapa bandar udara untuk memudahkan akses transporasi masyarakat.


Bandara Baru Pembuka Isolasi Sumber foto: Antara Foto

“Waktu pasukan Amerika mau jatuhkan bom di Hiroshima dan Nagasaki, mereka transit dulu di Bandara Werur sini,” ucap Kepala Dinas Pariwisata Tambaru, Papua Barat Abraham Mayor.

Namun setelah itu, bandar udara (bandara) itu terbengkalai. Landasan pacunya dipenuhi anak-anak bermain bola dan sepeda. Aspalnya gompal. Jika saja bandara yang terbengkalai itu, terletak di Pulau Jawa, mungkin sudah digunakan oleh gank motor untuk trek-trek-an.

Padahal Tambaru terletak jauh di pedalaman. Jika saja akses transportasi sulit, bagaimana warga di ujung Indonesia itu bisa ikut menikmati kemajuan?

Pemerintah Jokowi kemudian membuat rencana besar-besaran. Dana digelontorkan untuk membangun kembali bandara ini. Sejak 2014 derap pembanguan mulai terasa lagi di Tambrauw. Sebagai salah satu pangkalan transportasi bagi rakyat Tambrauw, kehadiran sebuah bandara memang sangat penting. Kini beberapa pesawat perintis sudah bolak-balik ke Tambaru.

Bandara memang merupakan salah satu infrastruktur yang banyak dibangun pada pemerintahan Jokowi. Bentangan wilayah yang luas memang membutuhkan infrastruktur transportasi yang cukup. Setidaknya ada sebelas bandara yang dibangun pada era 2014-2019. Bukan hanya perbaikan bandara seperti di Tambaru, tetapi juga membangun bandara baru.

Sebagian besar bandara yang dibangun pemerintah memang letaknya di wilayah yang masih terisolir atau di daerah terpencil. Katakanlah Bandara Letung, yang terletak di Pulau Anambas, wilayah paling luar Indonesia. Bandara itu sendiri sudah diresmikan pada akhir 2017.

Bandara Letung terletak di Desa Bukit Padi, Kecamatan Jemaja Timur, Kabupaten Anambas, Kepulauan Riau. Bandara ini dinilai memiliki potensi untuk pengembangan ekonomi daerah dari sektor pariwisata.

Dibangun dengan ukuran landas pacu 1.200 x 30 meter, landas hubung 125 x 15 meter, dan landas parkir untuk 3 pesawat 125 x 70 meter, penerbangan perdana di bandara ini telah dilakukan pada 22 November 2016.

Rute-rute yang dilayani pun adalah rute-rute terdekat di sekitar wilayah tersebut dan dilakukan hanya pada hari-hari tertentu. Pesawat yang digunakan di bandara ini yaitu pesawat-pesawat perintis dan juga pesawat jenis ATR yang memiliki 70 seat.

Atau bandara yang terletak di Kecamatan Namlea, Kabupaten Buru, Maluku. Bandara Namniwek berfungsi sebagai tempat penyelenggaraan pemerintahan. Selain berperan dalam kegiatan perekonomian, bandara ini juga melayani beberapa penerbangan selama hari-hari tertentu dengan pesawat jenis ATR 72.

Yang terbesar adalah pembangunan Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat. Bandar udara internasional terbesar kedua setelah Bandara Soekarno-Hatta itu dibangun sejak 2015. Bandara ini berdiri di atas lahan seluas 1.800 hektare.

Bandara ini direncanakan memiliki terminal berkapasitas 5,6 juta penumpang per tahunnya. Ke depannya, bandara ini diproyeksikan dapat menampung hingga 18 juta penumpang. Selain melayani penerbangan domestik, bandara ini juga melayani penerbangan internasional.

Untuk memudahkan akses, pemerintah juga membangun konektivitas antarmoda transportasi seperti menyatukan bandara dengan terminal kereta api atau jalan tol.

Bukan hanya pembangunan bandara. Pemerintah juga melakukan subsidi bagi tersedianya angkutan pesawat perintis untuk memulai langkah terbuka isolasi bagi bandara-bandara baru. (E-1)

Infrastruktur
Layanan
Narasi Terpopuler
Satria Baju Hitam dari Watukosek
Brimob adalah wajah paramiliter Polri. Kekuatannya sekiitar 30 ribu personel. Multifungsi. Brimob menjawab tantangan adanya unit khusus untuk penegakan hukum dengan intensitas tinggi. ...
Kinerja Industri Pengolahan Masih Menjanjikan
PMI Bank Indonesia itu tetap memberikan sinyal positif pada level ekspansi pada kuartal III 2019. ...
Peluang Investasi Ramah Lingkungan
Dunia sedang mengarah pada kesadaran untuk terus menjaga lingkungan. Perkembangan industri dan lingkungan yang terjaga perlu diseimbangkan. Peluang besar buat Indonesia. ...
Lima Fokus Visi Indonesia
Pembangunan SDM dan reformasi birokrasi merupakan dua hal yang akan menjadi titik fokus pemerintahan ke depan. ...
Perikanan Masih Jadi Sektor Unggulan
Bangsa ini butuh kedaulatan dan keberlanjutan. Industri perikanan negara ini,  bila tanpa kedaulatan dan keberlanjutan, akan berhenti. ...
Sulut Siap Jadi Masa Depan Ekonomi Indonesia
Jokowi berharap diresmikannya KEK Bitung akan diikuti dengan masuknya investasi pabrik pengolahan bahan jadi. ...
Defisit Air Pun Menyergap Zona Basah
Memasuki Juli ini hujan akan semakin langka. Kemarau panjang mengintai. Produksi sawit, tembakau, padi, dan hortikultura, pun tertekan. Warga terancam problem air bersih. Pembangunan embung dan bendun...
Perangi Sampah dengan Cukai
Rencana penerapan cukai untuk kantong plastik dan produk plastik lainnya, pasti banyak ditentang kalangan industri. Tapi melihat sekeliling kita yang dikepung sampah plastik, sepertinya kita harus mul...
Jemaah Semakin Termanjakan
Menteri Agama memastikan persiapan akomodasi dan transportasi pelaksanaan haji 2019 sudah mencapai 100%. ...
Susu dan Madu Melimpah di Pinggiran Hutan
Kelompok Tani Wono Lestari bisa menjadi model keberhasilan program Perhutanan Sosial. Dukungan bank bisa meningkatkan kapasitas produksi. Petani sejahtera, hutannya terjaga. ...