Lokasi Kamu : (Showing) Jakarta Kota
Bahasa | English


INFRASTRUKTUR

Bandara Baru Pembuka Isolasi

Saturday, 23 Febuary 2019

Pemerintah Jokowi getol membangun beberapa bandar udara untuk memudahkan akses transporasi masyarakat.


Bandara Baru Pembuka Isolasi Sumber foto: Antara Foto

“Waktu pasukan Amerika mau jatuhkan bom di Hiroshima dan Nagasaki, mereka transit dulu di Bandara Werur sini,” ucap Kepala Dinas Pariwisata Tambaru, Papua Barat Abraham Mayor.

Namun setelah itu, bandar udara (bandara) itu terbengkalai. Landasan pacunya dipenuhi anak-anak bermain bola dan sepeda. Aspalnya gompal. Jika saja bandara yang terbengkalai itu, terletak di Pulau Jawa, mungkin sudah digunakan oleh gank motor untuk trek-trek-an.

Padahal Tambaru terletak jauh di pedalaman. Jika saja akses transportasi sulit, bagaimana warga di ujung Indonesia itu bisa ikut menikmati kemajuan?

Pemerintah Jokowi kemudian membuat rencana besar-besaran. Dana digelontorkan untuk membangun kembali bandara ini. Sejak 2014 derap pembanguan mulai terasa lagi di Tambrauw. Sebagai salah satu pangkalan transportasi bagi rakyat Tambrauw, kehadiran sebuah bandara memang sangat penting. Kini beberapa pesawat perintis sudah bolak-balik ke Tambaru.

Bandara memang merupakan salah satu infrastruktur yang banyak dibangun pada pemerintahan Jokowi. Bentangan wilayah yang luas memang membutuhkan infrastruktur transportasi yang cukup. Setidaknya ada sebelas bandara yang dibangun pada era 2014-2019. Bukan hanya perbaikan bandara seperti di Tambaru, tetapi juga membangun bandara baru.

Sebagian besar bandara yang dibangun pemerintah memang letaknya di wilayah yang masih terisolir atau di daerah terpencil. Katakanlah Bandara Letung, yang terletak di Pulau Anambas, wilayah paling luar Indonesia. Bandara itu sendiri sudah diresmikan pada akhir 2017.

Bandara Letung terletak di Desa Bukit Padi, Kecamatan Jemaja Timur, Kabupaten Anambas, Kepulauan Riau. Bandara ini dinilai memiliki potensi untuk pengembangan ekonomi daerah dari sektor pariwisata.

Dibangun dengan ukuran landas pacu 1.200 x 30 meter, landas hubung 125 x 15 meter, dan landas parkir untuk 3 pesawat 125 x 70 meter, penerbangan perdana di bandara ini telah dilakukan pada 22 November 2016.

Rute-rute yang dilayani pun adalah rute-rute terdekat di sekitar wilayah tersebut dan dilakukan hanya pada hari-hari tertentu. Pesawat yang digunakan di bandara ini yaitu pesawat-pesawat perintis dan juga pesawat jenis ATR yang memiliki 70 seat.

Atau bandara yang terletak di Kecamatan Namlea, Kabupaten Buru, Maluku. Bandara Namniwek berfungsi sebagai tempat penyelenggaraan pemerintahan. Selain berperan dalam kegiatan perekonomian, bandara ini juga melayani beberapa penerbangan selama hari-hari tertentu dengan pesawat jenis ATR 72.

Yang terbesar adalah pembangunan Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat. Bandar udara internasional terbesar kedua setelah Bandara Soekarno-Hatta itu dibangun sejak 2015. Bandara ini berdiri di atas lahan seluas 1.800 hektare.

Bandara ini direncanakan memiliki terminal berkapasitas 5,6 juta penumpang per tahunnya. Ke depannya, bandara ini diproyeksikan dapat menampung hingga 18 juta penumpang. Selain melayani penerbangan domestik, bandara ini juga melayani penerbangan internasional.

Untuk memudahkan akses, pemerintah juga membangun konektivitas antarmoda transportasi seperti menyatukan bandara dengan terminal kereta api atau jalan tol.

Bukan hanya pembangunan bandara. Pemerintah juga melakukan subsidi bagi tersedianya angkutan pesawat perintis untuk memulai langkah terbuka isolasi bagi bandara-bandara baru. (E-1)

Infrastruktur
Layanan
Narasi Terpopuler
Sektor Manufaktur Indonesia Tetap Ekspansif
Pada tahun ini, Kementerian Perindustrian memproyeksi pertumbuhan industri manufaktur sebesar 5,4%. ...
Adu Panjang Jalan Tol
Presiden Jokowi telah meresmikan beroperasinya beberapa ruas tol di Sumatra. Bagian dari tol trans-Sumatra ini akan menjadi jalan tol dipanjang di Indonesia. ...
Bergerak Naik Tanpa Guncangan
Kebijakan penyetaraan gaji perangkat desa dengan PNS Golongan IIa tak menimbulkan guncangaan pada APBN. Pos pengeluaran itu selama ini telah ditanggung dari pos alokasi dana desa (ADD) yang dikucurkan...
Titik Fokus APBN 2019
Berbagai pendekatan baru untuk melaksanakan program pembangunan mulai diterapkan pemerintah pada 2019. Sebetulnya bukan hal yang baru juga, tapi kini tingkat penerapannya jauh lebih konsisten dan seri...
Konsistensi Anggaran di Tahun Politik
APBN 2019 tidak banyak terganggu dengan riuh rendahnya politik pemilihan. Pemerintah tetap fokus menjalankan agenda-agenda besarnya, baik dalam pembangunan infrastruktur maupun membangunan kualitas su...
Jasa Peer to Peer Lending Semakin Seksi
Tren pertumbuhan positif industri fintech P2P Lending ini tentunya diharapkan akan terus berlanjut dalam beberapa tahun ke depan. ...
Terowongan Kembar Curug Jompong
Presiden jokowi meminta terowongan kembar di ruas Curug Jompong selesai 2019. Pada situasi hujan ekstrem, terowongan bisa bisa mengamankan 700 ha kawasan banjir di Bandung Selatan. ...
Penundaan BK, Saatnya Produsen CPO Genjot Ekspor
Pemerintah memutuskan menunda pengenaan pungutan alias masih menerapkan pungutan USD0 per ton, setidaknya sampai satu bulan ke depan. ...
Perpres Disiapkan, Era Kendaraan Listrik Segera Tiba
Beleid baru berupa perpres ditargetkan akan selesai akhir bulan ini untuk segera diimplementasikan. ...
Tiga Kartu Baru Pembawa Harapan Baru
Tiga kartu baru ada di tangan presiden. Bantuan sosial terbukti efektif menekan angka kemiskinan, mendorong indeks pembangunan manusia, dan membawa harapan baru. ...