Lokasi Kamu : (Showing) Jakarta Kota
Bahasa | English


STOK PANGAN

Dari Operasi Pasar Sampai Pemberantasan Kartel

Saturday, 4 May 2019

Untuk memastikan ketersediaan dan harga, Bulog juga siap menggelar operasi pasar apabila keadaan memaksa. Artinya, ruang gejolak harga dan ketersediaan sudah diantisipasi sejak jauh hari.


Dari Operasi Pasar Sampai Pemberantasan Kartel Pekerja beraktivitas di Pasar Induk Beras Cipinang, Jakarta Timur, Senin (8/4/2019). Sumber foto: Antara Foto

Ramadhan dan lebaran biasanya dihiasi oleh pelonjakan kebutuhan bahan pokok. Pemerintahan Jokowi terus memberikan perhatian penuh pada ketersediaannya. Bukan hanya ketersediaanya tetapi juga dari sisi harga.

Bulog sendiri sudah memastikan ketersediaan beras aman menjelang bulan suci Ramadan karena stok beras tercatat mencapai 1,8 juta ton.

Sementara itu, untuk gula, Bulog memiliki stok 30.000 ton. Bulog juga mengaku terus menyerap beras dari petani. Untuk tahun ini, perusahaan pelat merah itu menargetkan serapan 1,5 juta ton beras.

Daerah yang menjadi lokasi serapan di antaranya Sulawesi Selatan (Sulsel), Jawa Timur (Jatim), Jawa Tengah (Jateng), dan Jawa Barat (Jabar).

Khusus untuk Jawa Tengah, stok beras diperkirakan masih mencukupi untuk kebutuhan hingga 5 bulan mendatang.

Saat ini, ketersediaan stok beras medium Bulog mencapai 104.207,36 ton, beras premium 10.622,85 ton. Kemudian, stok gula mencapai 2.066,97 ton, daging kerbau 10,74 ton, minyak goreng 78,651 ton, bawang merah 26 ton, daging ayam 0,1 ton, dan telur 9,96 ton.

Mengacu catatan Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional, harga sejumlah bahan pangan yang relatif stabil antara lain beras medium Rp11.550 per kg, minyak goreng curah Rp11.300, minyak goreng kemasan bermerek Rp14.350 per kg, dan gula pasir lokal Rp12.150 per kg.

Sedangkan dalam acuan tersebut, harga pangan yang masih melonjak tinggi adalah bawang putih ukuran sedang dengan rata-rata harga secara nasional Rp47.500-Rp60 ribu per kg.

Sekretaris Jenderal Kementan Syukur Iwantoro mengatakan, saat ini Kementan sudah berupaya meningkatkan produksi bawang putih dengan melakukan penanaman benih. Targetnya, produksi benih tersebut dapat menutup seluruh kebutuhan bawang putih nasional yang selama ini dipenuhi oleh pasokan impor sebesar 90 persen pada 2021 mendatang.

Dia mengakui, saat ini mau tidak mau pasokan bawang putih masih menggunakan pasokan impor untuk menghindari lonjakan harga akibat instabilitas stok. Untuk memastikan ketersediaan dan harga, Bulog juga siap menggelar operasi pasar apabila keadaan memaksa. Artinya, ruang gejolak harga dan ketersediaan sudah diantisipasi sejak jauh hari.

Bukan hanya Bulog. Kepolisian juga sejak dua tahun laku aktif menurunkan timnya untuk memberantas kartel pangan. Seperti biasanya harga di pasaran bergejolak bukan hanya disebabkan mekanisme penawaran dan permintaan yang natural. Tetapi juga akibat kenakalan para distributor.

Satgas Pangan Polri saat ini mulai mengecek ketersediaan stok bahan pokok di pasar untuk mengantisipasi kenaikan harga saat menjelang Ramadan 2019.  Selain melakukan pengawasan terhadap harga dan ketersediaan bahan bahan pokok, Satgas juga akan melakukan penegakan hukum terhadap pelaku kartel dan mafia pangan.

Sebagai catatan Satgas Pangan dibentuk dua tahun lalu oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian sebagai bentuk kerja sama kepolisian dengan kementerian/lembaga untuk menstabilkan harga pangan. Tugas utama Satgas Pangan adalah melakukan pengawasan terhadap harga bahan pokok di pasar-pasar dan hasilnya dievaluasi setiap dua pekan.

Di level daerah, Satgas Pangan bentukan Polda bersama sejumlah jajaran Dinas Pertanian dan Dinas Perdagangan bekerja sama dalam memantau harga dan ketersediaan bahan pokok. (E-1)

Ekonomi
Komoditas
Narasi Terpopuler
Pengembangan Blok Masela yang Lama Terjeda
Isu pengembangan blok Masela sudah lama tak terdengar. Berbagai kendala menghadap laju proyek ini. Investor pun diingatkan untuk memperbarui komitmennya, jika tak ingin dibatalkan. ...
Infrastruktur Mulus Dukung Mudik Lancar
Animo masyarakat melakukan mudik lebaran kali ini lebih besar dari pada tahun sebelumnya. Infrastruktur yang memadai memungkinkan mudik melalui jalur darat kian menjadi primadona. ...
Indeks Pembangunan Manusia Terus Meningkat
IPM Indonesia 2018 di atas 70 tersebut mengindikasikan bahwa pembangunan manusia Indonesia masuk kategori tinggi. ...
Mobilitas Pemudik Kembali ke Asal
Pemerintah sudah mengantisipasi ritual mudik tahunan ini sejak jauh-jauh hari. ...
Tiga Kades di Ajang Internasional
Tiga kepala desa (kades) mewakili pemerintah tampil di forum internasional. Standing aplaus pun diberikan oleh peserta yang hadir seusai presentasi. Mereka bercerita soal manfaat dana desa dan pengelo...
Penggunaan Panas Bumi Terus Digenjot
Bangsa ini patut berbangga karena negara ini tercatat sebagai pengguna listrik panas bumi terbesar ke-2 di dunia, setelah Amerika Serikat. ...
Rajawali Bandung Terbang Mendunia
Dalam versi militernya, CN-235-220 dan NC-212i andal sebagai penjaga pantai, ngarai, dan  medan bergunung-gunung. Mampu beroperasi siang atau malam dalam segala cuaca. Reputasinya diakui dunia in...
Calon Ibu Kota itu di Gunung Mas atau di Bukit Soeharto
Calon ibu kota negara sudah mengerucut ke dua pilihan, yakni Gunung Mas (Kalimantan Tengah) dan Bukit Soeharto (Kalimantan Timur). Namun sinyal kuat sudah menunjuk ke Gunung Mas. ...
Penggunaan Biodiesel Semakin Meluas
B100 itu merupakan biodiesel dengan kandungan 100% bahan bakar nabati. ...
Indonesia Tak Lagi Ekspor Coklat Mentah
Indonesia telah menjadi penyuplai bahan baku kakao terbesar ketiga di dunia.  Dan Indonesia adalah negara unggulan eksportir barang jadi produk untuk kakao. ...