Bahasa | English


WARISAN BUDAYA

Urang Taman, Suku Perajin Emas dari Kapuas Hulu

29 October 2019, 10:59 WIB

Kemampuan itu mereka warisi sejak zaman "Tumenggong" yang banyak diyakini oleh para ahli sejarah mulai berkembang saat zaman perburuan emas di tanah Borneo merebak pascaruntuhnya Imperium Majapahit dan masuknya penjelajah Cina di Borneo bagian barat.


Urang Taman, Suku Perajin Emas dari Kapuas Hulu Rumah Betang khas masyarakat Dayak Taman. Foto: IndonesiaGOID/Eri Sutrisno

Sebuah tangga bulat dari batang kayu terlihat licin mengkilap kehitaman. Itulah satu-satunya tangga memasuki rumah panjang atau dalam bahasa Taman disebut ‘rumah betang’ tempat tinggal khas masyarakat Dayak Taman. Walaupun dalam banyak hal, istilah "Dayak" mempunyai banyak problem antropologis, tetapi artikel ini memaklumi kesalahkaprahan ini untuk menjelaskan dengan gampang suku bangsa penghuni lama pulau Kalimantan.

Penghuni rumah betang yang menjadi rujukan penulisan ini, lebih suka menyebut diri mereka sebagai orang “Taman”. Hal itu dikonfirmasi oleh Guru Besar Universitas Tanjungpura Yohannes Cyprianus Thambun Anyang yang menyelesaikan pendidikan Doktor Antropologi dari Universitas Nijmegen Belanda (1997). Dalam bukunya Kebudayaan dan Perubahan Dayak taman Kalimantan dalam Arus Modernsisasi (1998), dia menjelaskan bahwa orang Taman, yang melahirkan dan membesarkan dirinya, menyebut beberapa suku yang ada di sekitar Kapuas Hulu sebagai "rumpun Taman". Orang Maloh atau Tamambaloh, berasal dari rumpun Taman yang tinggal disekitar Sungai Embaloh, sementara orang Kalis berasal dari Taman yang tinggal di sekitar sunga Kalis. Hanya istilah "Taman" yang tidak merujuk pada nama sungai.

Petrus Karit, kelahiran 1952, saat bertemu dengan penulis menjelaskan bahwa mereka, Urang Taman, sebenarnya berasal dari tiga kelompok besar. "Sebenarnya orang Taman ada tiga, yang pertama Taman terus Tamambaloh atau Embaloh dan kemudian Kalis." Tiga kelompok besar ini yang biasa disebut sebagai Urang Taman.

Petrus Karit yang hanya menyelesaikan pendidikan sekolah rakyat pada pertengahan 60-an menjelaskan asal-usulnya yang berasal dari Kedamin. Pada umur 18 tahun dia mendapatkan jodoh perempuan Taman dengan perantaraan para tetua. Sejak itulah dia menjadi orang Taman dan tinggal di rumah mertuanya di Kedamin Hilir sebelum berpindah ke rumah betang yang bertempat di  lokasi yang sekarang pada tahun 1996.

Tampak depan Rumah Betang. Foto: IndonesiaGOID/Eri Sutrisno

Konservasi Budaya Urang Taman

Bali Gundi adalah nama rumah betang tempat tinggal Petrus Karit. Bali Gundi dalam pengertian orang Taman adalah "membeli tempayan". Hal ini berkaitan dengan mitologi orang Taman yang ada di sekitar Sungai Sibau. Mitologi itu bercerita tentang bersatunya orang daratan dengan orang langit. Orang darat adalah laki-laki dari Sibau yang menikah dengan bidadari dari langit. Akhirnya mereka menjadi satu yang diistilahkan berada dalam satu tempayan. "Leluhur kami bersatu orang langit dan orang bumi, dari sanalah asal-usul orang Taman," tutur Petrus Karit.

Pembuatan Bali Gundi di tahun 1996, menurut cerita Petrus Karit bisa terjadi atas musyawarah beberapa kelompok orang Taman di sekitar Putussibau yang ingin mengembalikan lagi kekayaan kultural orang Taman. "Dulu, waktu zaman pembangunan (Orde Baru), kami diminta tinggal sendiri-sendiri," kata Petrus Karit.  Akibatnya orang-orang Taman yang kemudian banyak bersekolah dan pergi merantau tidak lagi mempunyai kedekatan dengan warisan budaya leluhur.

"Lalu para tetua Taman musyawarah untuk membuat kembali 'rumah betang' yang bisa mengajari anak dan kerabat," kata Petrus Karit. Musyawarah itu berlangsung di sekitar awal 90-an hingga sampai penyelesaian pembangunan Rumah Betang "Bali Gundi" pada 1996. Pembangunan waktu itu salah satunya disponsori oleh bupati yang menjabat dengan beberapa bantuan dari beberapa donatur yang tidak bisa diingat lagi oleh Petrus Karit. Berdasarkan catatan Asmadi, dalam buku Muatan Lokal Kabupaten Kapuas Hulu (2017), yang menjabat bupati waktu itu adalah Jacobus F Layang dengan wakilnya Abang Ramli (1995-2000).

Tampak dalam Rumah Betang. Foto: IndonesiaGOID/Eri Sutrisno

Perajin Emas

Reed L Wadley (2000) dalam artikelnya yang berjudul Reconsidering an Ethnic Label in Borneo, The 'Maloh' of West Kalimantan, Indonesia menulis bahwa orang Taman pada abad 19 terkenal dengan kemampuannya dalam mengolah kerajinan emas dan perak. Kemampuan itu mereka warisi sejak zaman "Tumenggong" yang banyak diyakini oleh para ahli sejarah mulai berkembang saat zaman perburuan emas di tanah Borneo merebak pascaruntuhnya Imperium Majapahit dan masuknya penjelajah Cina di Borneo bagian barat.

Saat ini ketelatenan orang Taman tecermin dalam kerajinan manik-manik yang dilakukan oleh perempuan-perempuan penghuni rumah betang. Kemampuan mengolah emas dan perak menjadi perhiasan sudah lama tidak ditekuni lagi karena kondisi ekonomi sudah berubah. Orang Taman yang ada di sekitar Putussibau telah lama tidak mendapatkan 'kejayaan' mereka yang pernah mereka miliki saat mereka terkenal sebagai pedagang dan perajin yang menjelajahi bandar-bandar perdagangan internasional di Sungai Kapuas dan Sungai Landak.  Kebanyakan orang-orang Taman yang sudah berjaya jauh di luar tanah lahirnya tidak kembali pulang. Kini Rumah Betang di Kapuas Hulu menunggu anak-anaknya untuk menemukan kembali budaya kebesaran mereka. (Y-1)

Budaya
Warisan Budaya
Ragam Terpopuler
Labuan Bajo, Go International
Labuan Bajo memiliki seluruh potensi kekayaan ekowisata. Tidak salah sekiranya kota pelabuhan ini ke depan diproyeksikan untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata premium berskala internasional. ...
Bunga Teratai Raksasa di Tengah Danau
Bangunan raksasa itu jelas sengaja didirikan untuk melukiskan bunga teratai sebagai penghormatan terhadap Budha Maitreya. Borobudur ialah bangunan bunga teratai raksasa dari jutaan kubik batu and...
Kratom, Daun Dolar yang Masih Kontroversi
Tanaman Kratom menjadi tanaman unggulan petani di sejumlah wilayah di Kalimantan. Bahkan telah menjadi komoditi ekspor untuk wilayah tersebut. Namun pihak BNN akan mengeluarkan pelarangan. ...
Denys Lombard dan Rekontruksi Sejarah Jawa
Sungguh tak ada satu pun tempat di dunia ini—kecuali mungkin Asia Tengah—yang, seperti halnya Nusantara, menjadi tempat kehadiran hampir semua kebudayaan besar dunia, berdampingan atau leb...
Bajau dalam Satu Tarikan Nafas
Guillaume yang berpakaian selam hasil teknologi maju seperti sesosok "alien" di antara dua pemuda yang menyelam hanya bercelana pendek tanpa baju. ...
Untung Surapati, antara Cinta dan Tragedi
Ada cinta sejati terpatri sangat kuat, juga kisah tragis mengharu biru. Selain heroisme, cinta, dan tragedi inilah tampaknya membuat kisah Untung Surapati melegenda dan sekaligus lekat di hati masyara...
Puas Nikmati Durian di Taman Botani Sukorambi
Bila kebetulan berada di Jawa Timur bagian Timur, mampirlah ke destinasi wisata favorit Taman Botani Sukorambi, Jember, Jawa Timur. Di sana selain bisa berekreasi dengan berbagai wahana edukasi, kita ...
Kawin Antarbangsa
Sekalipun seorang bumiputera yaitu Untung Surapati dijadikan sebagai pelaku utama dalam romannya, Dari Boedak Sampe Djadi Radja, sayangnya pilihan judul itu terkesan menyempitkan makna akan kisah Sura...
Rekayasa Air, Kunci Kejayaan Kahuripan
Begitu pembangunan infrastruktur fisik selesai, Airlangga melanjutkan dengan pembangunan infrastruktur kerohanian masyarakat Kahuripan. ...
Di Kaltim Ada Juga Akar Bajakah Penyembuh Kanker Payudara
Etnis Dayak di Pulau Kalimantan menyebut pohon ini dengan nama bajakah. Pohon bajakah tumbuh di seluruh hutan di Pulau Kalimantan (Kalteng, Kalbar, Kalsel, Kalut, dan Kaltim). Bajakah ternyata ju...