Lokasi Kamu : (Showing) Jakarta Kota
Bahasa | English


SENAM PAGI INDONESIA

Perpaduan Senam Jepang dan Pencak Silat

21 May 2019, 00:00 WIB

Gerakan senam dimulai dengan jalan di tempat diiringi musik yang serupa dengan iringan musik upacara kenegaraan. Dominasi suara "Brass Section" atau keluarga terompet menjadi ciri pembuka yang mudah diingat.


Perpaduan Senam Jepang dan Pencak Silat Senam Pagi Indonesia Seri D. Sumber: Wikiwand

Kapan terakhir kita senam pagi? Pertanyaan itu mungkin agak aneh bagi orang zaman sekarang. Saat ini senam pagi atau olah raga pagi adalah bagian dari kegiatan yang bersifat pribadi. Kapan mau melakukannya terserah keinginan masing-masing.

Tetapi, di awal 80-an senam pagi adalah kegiatan komunal bahkan nasional. Diawali dari pidato Presiden Soeharto di depan DPR 16 Agustus 1975, perintah untuk "memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat" diterjemahkan aparat jajarannya menjadi kewajiban melakukan senam pagi tiap Jumat. Pelaksanaannya di instansi-instansi pemerintah dan sekolah-sekolah.

Versi senam pagi yang paling populer dalam ingatan generasi yang lahir di awal 70-an, barangkali adalah Senam Pagi Indonesia Seri D tahun 1982. Sebelum Seri D ada A, B, dan C yang hanya diajarkan guru-guru olahraga yang sempat mengikuti penataran.

Senam Pagi Indonesia atau SPI, menjadi sangat populer ketika ditayangkan di televisi tiap minggu pagi sebelum Film Boneka Si Unyil. Waktu itu televisi hanya ada satu, yakni TVRI.

Senam yang populer itu adalah Senam Pagi Indonesia Seri D. Gerakan-gerakannya hampir mirip dengan senam pagi Jepang, Taiso. Menurut riwayat gerakannya adalah gabungan antara Taiso dengan beberapa jurus pencak silat khas Indonesia. 

Gerakan senam dimulai dengan jalan di tempat diiringi musik yang serupa dengan iringan musik upacara kenegaraan. Dominasi suara "Brass Section" atau keluarga terompet menjadi ciri pembuka yang mudah diingat.

Gerakan berlanjut dengan sikap berdoa atau disebut sikap salam. Tangan dibentangkan dari bawah ke atas membentuk segi tiga terbalik. Kemudian telapak tangan dikatupkan. Usahakan lengan berada pada posisi sejajar dengan bahu. Posisi tangan yang terkatup diletakkan awalnya di atas dahi, turun sedikit di bawah hidung dan membentuk posisi memberi salam dengan tangan terkatup di depan dada. Tundukkan wajah sikap berdoa. Jangan lupa beberapa beberapa ketukan sesudahnya telapak tangan yang mengatup disilangkan dengan telapak tangan kanan berada di depan sebagai persiapan melakukan gerak pertama.

Saat iringan "Brass Section" berhenti giliran suara piano meningkahi. Saat itulah dimulai gerakan pertama. Gerakan ini bermaksud untuk menggerakkan bahu dan lengan. Awali dengan mengayunkan kedua tangan ke depan dua kali membentuk lingkaran berporos pada bahu. Lanjutkan dua putaran ke belakang. Bergantian mengikuti irama. Hitungannnya adalah dua kali gerak kali empat ketukan dikali dua. Lakukan terus sampai nada persiapan gerakan kedua pada ketukan empat yang terakhir.

Gerakan kedua adalah gerakan merenggangkan tangan dengan berporos pada pinggang. Lakukan gerakan persiapan dengan membentangkan lengan kiri, tangan kanan menekuk horizontal di depan dada. Putar pinggang ke kanan sembari melemparkan tangan kanan setengah lingkaran ke belakang. Seperti memantul ulangi sekali lagi. Kemudian berganti putar ke kiri dengan cara yang sama. Lakukan beberapa kali pengulangan sesuai ketukan sampai persiapan gerak ketiga.

Gerakan ketiga mirip dengan gerakan memacul. Gunanya untuk merenggangkan tubuh bagian samping. Gerakan persiapan dengan menyilangkan tangan di atas kepala sambil melengkungkan tubuh bagian atas ke kiri. Mulai gerakan dengan membungkukkan badan serong ke kanan sampai ujung tangan mengenai telapak kaki. Lakukan seperti memantul dua kali kemudian angkat tangan ke atas ke depan dahi sambil melengkungkan tubuh mengikuti telapak tangan. Lanjutkan dengan membungkuk kembali ganti serong ke kiri. Lakukan pengulangan sampai persiapan gerak keempat.

Persiapan gerak keempat adalah dengan menyilangkan tangan kanan ke pangkal paha dengan tangan kiri melengkung di atas kepala. Gunanya melengkungkan tubuh bagian samping. Lanjutkan dengan menyilangkan tangan kiri ke pangkal paha dalam dua kali ketukan memantul sambil melengkungkan tubuh bagian kanan. Jangan lupa setiap kali tangan ke arah pangkal paha kaki yang searah diluruskan sementara yang berlawanan ditekuk. Lakukan bergantian sesuai ketukan sampai persiapan gerak kelima.

Gerakan kelima adalah gerakan yang paling istimewa. Banyak orang bilang bahwa gerakan ini yang paling susah. Gerakan dimulai dengan persiapan menyilangkan tangan ke depan dada. Lanjutkan dengan mengangkat kaki kanan sembari ditekuk 90 derajat ke arah dada. Buang kaki ke belakang sampai lurus sembari tangan yang menyilang dibentangkan ke samping. Lanjutkan dengan tendang kaki ke depan sembari kedua tangan seperti mengayuh memutar ke depan. Lakukan lanjutannya dengan kaki kiri. Ikuti perulangannya sampai persiapan gerakan keenam.

Gerakan keenam dimulai juga dengan menyilangkan tangan di depan dada. Bentangkan tangan kanan dan kaki kanan ke samping. Ikuti ayunannya ketika memantul kaki kanan disilangkan di depan kaki kiri. Ulangi bentangkan kedua kalinya. Gantian dengan kaki kiri. Ikuti perulangannya sampai persiapan gerakan ketujuh.

Gerakan ketujuh dimulai dengan persiapan dua tangan menggenggam tekuk ke samping dengan telapak menghadap ke atas. Lakukan gerakan pertama seperti mendorong ke depan dengan kaki dibentangkan membentuk kuda-kuda. Gerakan kedua kembali berdiri tegak lurus dengan tangan menekuk seperti awal. Gerakan ketiga seperti menggenjot ke bawah dengan kedua tangan dan kaki membentang kuda-kuda. Gerakan keempat kembali berdiri tegak dengan tangan menekuk semula. Ikuti perulangannya sampai persiapan gerakan kedelapan.

Gerakan kedelapan sangat unik karena menggabungkan keseimbangan dengan gerak seperti menepis pukulan pada pencak silat. Gerakan persiapan lakukan dalam satu ketukan. Kaki kanan ditekuk ke depan sejajar lutut dengan perut. Tangan kanan lurus ke samping. Lakukan gerak pertama dengan kaki kiri menekuk dan tangan kiri menepis. Lompat dua kali bertumpu pada kaki kanan. Bergantian dengan kaki kanan, ikuti perulangannya sampai dengan persiapan untuk melakukan senam dari gerakan pertama sekali lagi. Begitu delapan gerakan berikutnya selesai dilakukan akhiri dengan gerak perenggangan dan pernafasan.

Perenggangan dan pernafasan penutup. Awali dengan tangan menyilang depan dada. Angkat tangan seperti membuka lingkaran dari dalam ke arah luar. Lakukan dengan melakukan gerak menghisap pernafasan sampai kedua tangan dibentangkan ke arah belakang. Gerakan menghembus nafas diikuti dengan gerak tangan kembali memutar ke dalam. Ikuti perulangannya dan selesaikan dengan kembali pada posisi telapak tangan mengatup di depan dada memberi salam.

Lihat selengkapnya: https://www.youtube.com/watch?v=5s5AS7pxtPQ

Gerakan Senam Pagi Indonesia seri D ternyata unik dan tidak mudah. Karena dianggap sulit, senam pagi ini sempat mendapat protes yang dimuat dalam surat pembaca di beberapa surat kabar. Salah satunya dari seseorang bernama Ismail Marahimin yang dimuat di Majalah Tempo, 2 April 1983. Dia menulis, "Gerakan-gerakannya sangat tidak sederhana. Dalam satu hitungan terdapat dua, tiga, bahkan empat gerakan, yang jika dilaksanakan dengan baik memang akan menghasilkan sederetan gerakan indah. Namun sangat rumit, sehingga akan menimbulkan perasaan kikuk pada orang awam."

Marahimin mengusulkan dibuat senam baru yang lebih sederhana, logis, dan populer. Jika perlu dikampanyekan oleh artis-artis terkenal. Usul Marahimin ini diterima oleh jajaran kementerian pemuda dan olahraga yang baru ada pada waktu itu. Kementerian yang dipimpin oleh Abdul Gafur kemudian membuat versi baru senam pagi yang diberi nama Senam Kesegaran Jasmani atau dikenal sebagai SKJ 84. (Y-1)

Sosial
Ragam Terpopuler
Tajhin Ressem, Kerukunan dalam Keberagaman Ala Madura-Pontianak
Selain melestarikan tradisi selamatan, Tajhin Ressem dengan berbagai macam komposisi di dalamnya membawa pesan penting. Saat hasil darat berpadu dengan hasil laut. Semua melebur menjadi satu dalam bel...
Histori Rujak Simpang Jodoh
Bisnis rujak Simpang Jodoh merupakan usaha turun-temurun yang seluruhnya dilakoni oleh kaum perempuan. Dan saat ini, penjual rujak di sana kebanyakan sudah generasi kedua dan ketiga. ...
Pepaosan, Tradisi Membaca Naskah yang Hampir Punah
Masyarakat Sasak mempunyai tradisi membaca naskah pusaka yang dilakukan dalam kesempatan-kesempatan tertentu. Pembacaan naskah itu dilakukan untuk memperingati atau menyambut peristiwa-peristiwa penti...
Sigale-gale Carnival Bukti Kekayaan Budaya Batak
Sigale-gale pun diamanahkan sebagai kado bagi perempuan yang meninggal tanpa mewariskan anak laki-laki. ...
Kepertapaan dan Jati Diri Bangsa Religius
Sikap religiusitas bukanlah suatu sikap statis dan menutup diri dalam kacamata dogmatisme, melainkan justru ditandai oleh unsur dinamisme dan keterbukaan. Mari kita ciptakan lagi perpaduan antara Faus...
Melestarikan Budaya Islam di Lombok melalui Festival Khazanah Ramadan
Masyarakat di Pulau Lombok, Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) senantiasa berpegang teguh pada nilai-nilai keislaman. Meskipun, Bumi Seribu Masjid ini sudah go internasional karena wisata ala...
Barisan Gunung yang Membentuk Empat Lembah
Keunikan empat lembah itu membentuk identitas sosio-kultural yang relatif berbeda-beda. Sejarah historis empat lembah inilah yang selalu dibayangkan sebagai satu kesatuan "ranah minang". ...
Arsik Ikan Mas, Kuliner Batak yang Melegenda
Arsik ikan mas, salah satu kuliner yang telah melegenda di tanah Batak. Tak hanya karena cita rasanya dan kaya gizi, arsik juga berkaitan erat dengan ritual adat kebatakan dan acara-acara keluarga. ...
Pedagang Kain Belacu di Tanah Jambi Abad 17
Pedagang-pedagang Nusantara lebih tertarik pada kain blacu (calico). Fakta itu membuat Inggris segera membuat pabrik-pabrik tekstil kelas rendah di beberapa tempat di India. ...
Tjong A Fie Mansion
Berwisata ke Sumatera Utara, mungkin yang terbayang dalam benak kita adalah Danau Toba. Iya, danau vulkanik ini memang indah. Selain indah, Danau Toba ini merupakan danau terbesar di Indonesia. Dan ko...