Bahasa | English


DESTINASI

Pantai-Pantai Nan Elok di Nias

31 August 2019, 12:00 WIB

Event besar pariwisata bahari “Sail” tahun ini diselenggarakan di Nias. Puncak acaranya akan berlangsung pada pertengahan September 2019.


Pantai-Pantai Nan Elok di Nias Pesona Pantai Sarake Nias. Foto: Pesona Indonesia

Nias dipilih karena obyek wisatanya luar biasa. Banyak spot wisata di sana. Komplit. Ada belasan obyek wisata bahari dan banyak pula obyek wisata budaya.

Sejumlah pantai nan elok membentang dari Utara hingga ke Selatan Kepulauan Nias. Dijamin wisatawan akan dimanjakan dengan keindahan panorama alam di atas dan pinggir laut maupun pesona bawah laut. Bahkan para peselancar dalam dan luar negeri seperti punya tempat nguji nyali yang cocok, dengan gelombang tinggi dan panjang.

Untuk menuju ke Pulau Nias atau Tanö Niha bisa melalui dua jalur. Yakni, jalur laut, menggunakan kapal rute Sibolga-Gunungsitoli yang memakan waktu kurang lebih 10 jam. Jalur udara, menggunakan pesawat menuju Gunungsitoli dari Medan atau Padang dengan estimasi penerbangan selama kurang lebih 1 jam.

Berikut adalah pantai-pantai di Nias yang layak Anda kunjungi

1. Pantai Sirombu

Pantai ini terletak di Kecamatan Sirombu, Kabupaten Nias Barat. Pantainya membentang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia. Pantai Sirombu pernah tersapu tsunami pada 2004 dan gempa bumi pada 2005. Di pantai ini pengunjug bisa menyantap  ikan bakar segar di pondok Ikan Bakar Hutagalung  yang menjadi salah satu ikoniknya Pantai Sirombu.

Pondok-pondok kayu itu dibangun tepat di kawasan pantai. Harga masih terjangkau. Dengan uang Rp100 ribu, pengunjung sudah dapat menikmati ikan bakar seberat 1 kg dan pengunjung bisa memilih jenisnya.

2. Pantai Sorake

Pantai Sorake terletak di Kecamatan Teluk Dalam, Kabupaten Nias. Pantai ini merupakan pantai unik karena batu-batu karang yang menghampar di sepanjang bibir pantai.
Pantai ini juga terkenal dengan ombaknya yang besar dan tinggi. Hal inilah yang menjadikan Pantai Sorake adalah pilihan tepat untuk kegiatan berselancar (surfing).

Di Pantai ini sering diadakan lomba selancar Nias Open setiap tahunnya yang diikuti peselancar dari dalam dan luar negeri. Pantai Sorake masuk dalam 10 pantai terbaik di dunia untuk berselancar.

3. Pantai Lagundri

Pantai Lagundri terletak tak jauh dari Pantai Sorake. Pantai ini juga primadona bagi para pecinta surfing. Bagi para peselancar dunia, keberadaan Pantai Lagundri pasti sudah tak asing lagi. Pantai Lagundri juga termasuk dalam 10 pantai terbaik di dunia untuk surfing dengan tinggi ombak yang bisa mencapai delapan hingga sepuluh meter panjang berkilo-kilo meter. Di Pantai Lagundri selain bisa menikmati panorama indah pantai sekaligus melakukan kegiatan berselancar. Bulan Juni atau Juli adalah waktu yang tepat, karena cuaca dan ombak pantai sedang bagus-bagusnya.

Bernama Lagundri, karena lokasinya berada sekitar 12km dari Kota Teluk Dalam yang tepatnya ada di Desa Lagundri, Sub-Distrik Luahagundre. Pantai ini memiliki pasir putih yang terhampar luas.

4. Pantai Gawu Soyo

Pantai Gawu Soyo punya warna pasir yang unik. Pasirnya berwarna kemerahan. Pantai Gawu Soyo terletak di Kecamatan Afulu, Kabupaten Nias Utara. Di pantai ini terdapat spesies penyu langka di Indonesia.

5. Pantai di Pulau Asu

Pulau Asu sangat terkenal di kalangan wisatawan mancanegara bahkan dijuluki sebagai 'Paradise on the Earth'. Pulau Asu merupakan salah satu pulau di Kepulauan Hinako Kabupaten Nias Barat. Di pulau berpasir putih ini, pengunjung dapat melakukan kegiatan snoorkeling dan diving untuk melihat keindahan bawah laut. Berbagai jenis terumbu karang, koral, dan ikan hias warna-warni bisa dilihat dengan jelas. Di sini juga terdapat ombak tinggi untuk kegiatan surfing. Dan di Pulaun Asu kita bisa menikmati pemandangan matahari terbenam yang sangat indah.

6. Pantai Tureloto

Pantai Tureloto terletak di Kecamatan Lahewa, Kabupaten Nias Utara. Di pantai ini  dikelilingi karang-karang eksotis. Karang-karang ini sebelumnya berada di bawah laut sebelum peristiwa gempa bumi 2005.

Di pantai ini wisatawan dapat merasakan sensasi mengapung meski tanpa pelampung. Mirip  di Laut Mati, di sini kandungan kadar garam yang sangat tinggi. Inilah Laut Mati-nya Indonesia.

7. Pantai Hoya

Pantai Hoya berada di Kecamatan Gunungsitoli Utara, Kota Gunungsitoli. Di pantai ini berjejer indah ratusan pohon pinus. Di sini sudah dilengkapi dengan fasilitas pondok atau warung yang menyajikan aneka hidangan laut (seafood). Cocok untuk rekreasi keluarga membuang penat.

8. Pantai di Pulau Tello

Pantai Tello yang indah terkenal dengan pasir putihnya dan laut yang jernih serta ombak yang indah. Selain itu, terkenal juga sebagai tempat snorkeling yang eksotis dan tempat yang pas untuk menikmati matahari terbit serta terbenam. Pulau Tello menjadi primadona para surfer asing, karena ombaknya tidak kalah dengan yang ada di Pulau Dewata atau di tempat lain. Pulau Tello merupakan ibu kota kecamatan dari Pulau-Pulau Batu di Kabupaten Nias Selatan.

9. Pantai Ladeha

Pantai Ladeha berada di Desa Lolomoyo, Sub-Distrik Amandraya, Kabupaten Nias Selatan. Di pantai ini terdapat kolam alami yang terbuat dari batu-batu karang. Kolam ini menurut cerita tercipta ketika Pulau Nias tertimpa musibah gempa bumi 2005. Di pantai ini  wisatawan bisa menikmati keindahan matahari terbenam.

10. Pantai Pasir Berbisik

Pantai Pasir Berbisik berlokasi di Kecamatan Sawo, Kabupaten Nias Utara. Disebut Pantai Berbisik karena bila pengunjung menginjak pasir di atasnya terdengar suara berisik. Tidak ada pohon kelapa di pantai ini, tapi ada pohon-pohon pinus yang sengaja ditanam untuk menaungi pantai.

11. Pantai di Pulau Panjang

Pulau Panjang terletak di Kabupaten Nias Utara. Keeksotisan pantai di pulau ini tak kalah mempesona dari pantai-pantai lain di Pulau Nias. Pantai ini tak hanya memiliki pasir yang lembut saja, juga banyaknya koral-koral unik yang terhampar di sepanjang bibir pantai.

12. Pantai Moale

Berada di perbatasan Sub-Distrik Amandraya tepatnya ada di Sub-Distrik O’ou, menjadikan pantai ini sebagai salah satu yang tercantik di Nias Selatan. Ciri khas Pantai Moale adalah garis pantai yang lurus dan panjang terhampar luas dengan hamparan pasir yang bersih serta putih. Dari kejauhan, mata sudah dapat melihat pesona indahnya yang dipancarkan oleh Pantai Moale.

13. Pantai Rockstar

Terletak sekitar 13 km dari Kota Teluk Dalam, tepatnya ada di Desa Hilisataro, Sub-Distrik Toma. Pantai ini menawarkan gulungan ombak yang besar dan menantang terutama bagi surfer. Pantai Rockstrar sering dikunjungi oleh turis lokal atau mancanegara, karena gulungan kecepatan ombak yang dimiliki. (E-2)

Sail Nias
Ragam Terpopuler
Teh Slawi, Sebuah Ikon Minuman Tradisional Kabupaten Tegal
Konon, ada makna filosofis di balik cara penyajian teh itu. Kehidupan memang selalu pahit di awalnya. Namun jika kita sanggup bersabar diri, kehidupan yang awalnya terasa pahit itu maka lambat laun pa...
Harum Manis Carica Gunung Dieng
Pepaya gunung hanya dibudidayakan di Dieng, Wonosobo. Manisan atau selai carica gunung itu menjadi jajanan eksklusif yang hanya diproduksi di Wonosobo. Selain segar, carica juga punya kisah. ...
Rumah Pohon Korowai dan Tayangan Televisi Global
Booming-nya pemberitaan tentang rumah Korowai yang eksotis selama dua puluh tahun terakhir adalah bagian dari fenomena budaya global yang menginginkan tampilan bergaya "primitif" sebagai ses...
Agama, Sekolah, Bahasa Jembatan Keragaman Etnis Papua
Selain agama dan pendidikan, maka bahasa Melayu (baca: Bahasa Indonesia) juga bisa disebut memiliki dampak transformatif bagi warga Papua. Sebab, berhasil memberikan aspek keseragaman pada realitas fr...
Orang Laut Nusantara; Laut untuk Hidup, Hidup untuk Laut
Banyak sekali peristiwa dalam sejarah yang terjadi di wilayah laut Nusantara, tetapi cenderung diabaikan oleh peneliti sejarah konvensional. ...
Mengintip Wisata di Sekitar Kawasan Calon Ibu Kota Baru
Presiden Joko Widodo  baru saja memutuskan wilayah yang akan dijadikan ibu kota baru Tanah Air. Wilayah tersebut yakni sebagian wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara dan sebagian daerah Penajam Pas...
Wisata Religius ke Pulau Mansinam
Mengenang heroisme dan dedikasi total tugas kemanusiaan yang dilakukan kedua Rasul Papua itu, kini sebuah film tengah dibuat. Tak hanya memperlihatkan jati diri peradaban Tanah Papua sebagai Tanah Inj...
9 dari 10 Bahasa Indonesia adalah Asing
"Dalam Bahasa Indonesia bukan saja tercermin kebudayaan imigran, tapi juga manifestasi bahasa Indo. Atau, dengan kata lain, Bahasa Indonesia ialah produk budaya hibrida, sehingga bukan tak mungki...
Dari Odisha hingga Jepara, Keturunan Kalingga di Nusantara
Hanya kekuatan armada laut yang besar yang bisa menjelaskan kemampuan Kerajaan Kalingga menduduki pesisir utara Pulau Jawa. ...
Jalan Hidup Anak-Anak Rohani Pram
Sekalipun Pram baru meninggal 2006, sesungguhnya ia telah meninggal saat karya-karyanya telah selesai ditulis dan diterbitkan. Ya sebagai anak rohani, karya-karya sastra Pram mempunya jalan hidupnya s...