Bahasa | English


MUSIK TRADISIONAL

Dentingan Sape’ Meremukkan Tulang Belulang

4 April 2019, 09:15 WIB

Sape’ digunakan masyarakat Dayak sebagai alat musik untuk menyatakan sebuah perasaan; baik riang ataupun sedih.


Dentingan Sape’ Meremukkan Tulang Belulang Alat musik tradisional sape'. Sumber foto: Pesona Indonesia

Indahnya dentingan melodi tak hanya terdengar melalui alat musik yang kata orang modern sekarang bernama Gitar. Petikan demi petikan dimainkan menghasilkan alunan nada yang memukau setiap sudut penyimaknya. Sebut saja Sape', alat musik khas dayak yang satu ini tidak hanya bentuknya tetapi memainkannya melalui petikan layaknya sebuah gitar.

Sesuai dengan cara memainkannya, Sape’ dalam bahasa lokal Suku Dayak berarti “memetik dengan jari”. Nama Sape' sendiri merupakan penyebutan dari Dayak Kenayan dan juga Dayak Kenyah. Sementara bagian suku dayak lain ada yang menyebutnya Sampe', Sempe, Kecapai.

Seperti yang sudah diketahui Suku Dayak adalah penghuni asli pedalaman Borneo yang mendiami Pulau Kalimantan. Menurut mereka Sape’ merupakan alat musik yang berfungsi untuk menyatakan sebuah perasaan; riang gembira, rasa sayang, kerinduan, bahkan rasa duka nestapa. Dahulu,  ternyata memainkan alat musik Sape’ memiliki makna yang berbeda. Pada siang hari; menghasilkan irama yang menyatakan perasaan gembira dan suka-ria. Sedangkan pada malam hari; akan menghasilkan irama yang bernada sendu, syahdu, atau sedih.

Dalam kehidupan sehari-hari Suku Dayak, Sape’ juga digunakan sebagai sarana untuk menyampaikan maksud-maksud serta puja-puji kepada yang berkuasa; baik itu roh-roh maupun manusia biasa yang berkuasa. Selain itu, Sape’ juga digunakan untuk mengiringi berbagai macam tarian Suku Dayak.

Melihat tradisi masyarakat dayak, khususnya Dayak Kenyaan dan Dayak Kenyah. Terdapat sastra lisan yang diturunkan dari generasi ke generasi, yaitu “Tekuak Lawe”. Di dalamnya terdapat ungkapan mengenai Sape’. “sape benutah tulaang to'awah” begitulah bunyinya. Secara harfiah dapat diartikan bahwa Sape’ itu mampu meremukkan tulang-belulang hantu yang bergentayangan.

Ungkapan tersebut menggambarkan; alat musik Sape’ mampu membuat orang yang mendengarnya merinding hingga menyentuh tulang atau perasaan. Bagi para tetua adat Dayak terdahulu, keyakinan akan kesakralan Sape’ memang betul bisa dirasakan. Suasana pedesaan dan nuansa adatyang pada saat itu masih sangat kental menjadi alasannya.

Sape’ sendiri sebagai Alat musik yang dimiliki oleh Suku Dayak terdiri atas dua jenis, yang pertama yaitu Sape’ Kayaan (ditemukan oleh orang kayaan). Sape’ jenis ini memiliki 4 tangga nada dengan ciri berbadan lebar, bertangkai kecil, panjangnya sekitar 1 meter, memiliki 2 senar/tali dari bahan pelastik. Sedangkan yang kedua yaitu Sape’ Kenyah (ditemukan oleh orang kenyah). Sape’ jenis ini; berbadan kecil memanjang, pada bagian ujungnya berbentuk kecil dengan panjang sekitar 1,5 meter, memiliki tangga nada 11-12 dan talinya berasal dari senar gitar atau dawai yang halus tiga sampai 5 untai.

Dari kedua jenis Sape’ ini, Sape’ Kenyah adalah yang paling populer. Hal ini dikarenakan irama dan bunyi lantunannya dapat membawa pendengar serasa di awang-awang. Dahulu ketika malam tiba, perlahan anak muda mulai memainkannya. Jalan ataupun rumah betang (rumah komunal masyarakat dayak) yang membuat pemilik rumah tertidur pulas menikmatinya.

Alat musik yang selama ini diakui berasal dari masyarakat Kayaan sekitar daerah aliran Sungai Mendalam, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Konon, katanya berasal dari sekelompok masyarakat kecil Kayaan di sekitar daerah  aliran  sungai  Mendalam  yang  berdialog Pagung, Desa Datah Dian (Andri WP, 2014:2).

Sekilas Sejarah Sape’

“Konon menurut mitologi Dayak Kayaan, Sape’ Kenyah diciptakan oleh seorang yang terdampar di karangan (pulau kecil di tengah sungai). Saat itu sampannya karam (Tenggelam) di  terjang  riam (ombak).  Orang yang sampai kini belum diketahui identitasnya itu bersama  dengan rekannya  menyusuri  sungai, lalu mengalami karam.  Mereka mengalami karam karena tidak mampu menyelamatkan sampan dari riam. Satu dari mereka berhasil  menyelamatkan  diri  ke  karangan. Sementara  sisanya  meninggal  karena tengelam dan dibawa arus.

Ketika  tertidur,  antara  sadar  dan  tidak, dia yang selamat mendengar  suara  alunan  musik  petik  yang begitu  indah  dari  dasar  sungai.  Semakin  lama dia  mendengar  suara  tersebut,  semakin  dekat pula  rasanya  jarak  sumber  suara  musik  yang membuatnya penasaran itu. Hal ini dia alami Seolah sedang mendapatkan ilham dari leluhur nenek moyangnya. Sekembalinya ke rumah, dia mencoba membuat sebuah alat musik dan memainkannya sesuai dengan lirik lagu yang didengarnya saat di karangan. Mulai saat itu Sape’ Kenyah mulai dimainkan dan dijadikan musik  tradisi  oleh  suku  Dayak  Kenyah,  hingga ke group Dayak Kenyah lainnya.”

Memainkan Sebuah Sape’

Serupa tapi tak sama. Walaupun Bentuk dan cara memainkannya mirip dengan gitar, ternyata Sape' memiliki perbedaan yang cukup mencolok dengan gitar. Perbedaan itu terdapat pada posisi grip dan tidak adanya lubang untuk menggaungkan bunyi petikan senar, sehingga sumber bunyinya hanya berasal dari senar.

Sape’ biasanya dimainkan mengikuti perasaan pemain atau pemetiknya. Tradisi  dan lingkungan masyarakat Dayak  yang  dekat  dengan  alam, membuat alunan Sape’ mengikuti suasana alam di sekitarnya. Indah  atau  tidaknya  permainan Sape’ juga dipengaruhi perasaan pemainnya.

Caranya; mula-mula dengan menyelaraskan senar-senar Sape’ dengan perasaan pemetiknya. Hal ini dilakukan karena Sape’ adalah alat musik yang berfungsi untuk menyatakan perasaan. Oleh karenanya, hasil stem dari senar-senar Sape’ tersebut berbeda-beda untuk setiap orang. Bunyi senar yang dihasilkan masih berupa nada-nada dasar. Untuk menyelaraskan nada-nada lainnya dilakukan dengan memindah-mindahkan ndon. Dengan cara ini, Sape’ pun bisa dimainkan sesuai dengan nada lagu yang diinginkan.

Jika memainkan lagu lain, maka ndon sape juga perlu diselaraskan kembali sesuai dengan yang diinginkan pemainnya. Cara memetiknya yaitu dengan menggunakan kedua jemari tangan, baiktangan kanan ataupun tangan kiri. Petikan yang dilakukan akan menghasilkan bunyi accord. Dimana lagu yang dimainkan hanya mengikuti perasaan si pemetik, sehingga bunyi yang dihasilkan pun akan mengena dan mengikuti sesuai dengan isi perasaan si pemetik.

Hingga saat kini, kepercayaan akan tuah sape ini masih diyakini oleh para sesepuh masyarakat Dayak, seperti saat Sape' dimainkan dalam suatu upacara adat. Saat bunyi petikan Sape' terdengar, saat itu seluruh orang akan terdiam, kemudian akan terdengar sayup-sayup lantunan doa atau mantra yang dibacakan bersama. Dalam suasana seperti ini, tidak jarang di antara mereka ada yang kerasukan roh halus atau roh leluhur. Sape'  juga dimainkan pada saat acara pesta rakyat atau acara gawai padai. Sape' dimainkan untuk mengiringi tari-tarian yang lemah gemulai.

Seiring dengan berjalannya waktu, tepatnya pada era modern, Sape’ bukan lagi hanya dimainkan seorang diri, namun juga bisa di padukan dengan musik modern seperti orgen, gitar dan drum. Jika dulu dawai Sape’ menggunakan tali dari serat pohon enau, maka kini sudah memakai kawat kecil sebagai dawainya. Sehingga fungsi Sape’ tidak hanya untuk menyatakan perasaan, tetapi juga sebagai pendamping musik modern. (K-AD)

Seni
Ragam Terpopuler
Cap Go Meh Cita Rasa Nusantara
Perayaan Cap Go Meh di Kota Bogor berlangsung meriah. Nuansa Cap Go Meh tak melulu pentas atraksi etnis Tionghoa, tapi sudah berbaur dengan atraksi kesenian nusantara. ...
100 Calendar of Events 2020
Ada ribuan acara budaya dan wisata yang akan terjadi di Indonesia. Namun pemerintah hanya menetapkan 100 acara sebagai acara nasional. ...
Mengejar Wisatawan Premium di 2020
Pemerintah tak lagi mengejar volume jumlah wisatawan. Tapi kini menitikberatkan pada kualitas wisatawan yang berkunjung. Sehingga, jumlah devisa diharapkan mampu melampaui pendapatan tahun-tahun sebel...
Teka-teki Tagaril
Di tengah teka-teki tentang nama tokoh sejarah yang banyak disepakati sebagai pencanang Bandar Sunda Kelapa, ada satu petunjuk menarik tentang riwayat kelahirannya. ...
Sebuah Filsafat Perenialisme Tertua
Mpu Tantular sangat jauh melampaui zamannya. Jauh sebelum para filsuf Eropa membangun Masyarakat Teosofi di akhir abad ke-19 dan merumuskan Filsafat Perenial bagi publik Eropa di abad ke-20, Mpu Tantu...
Bangunan Bersejarah di Kompleks Kedutaan Besar Amerika
Sebuah bangunan tua tetap kokoh berdiri di kompleks kedutaan Amerika di Jakarta. Gedung ini dipugar oleh Kedubes AS dan dijadikan museum peninggalan sejarah kemerdekaan Indonesia. Sebuah destinasi bar...
Labuan Bajo, Go International
Labuan Bajo memiliki seluruh potensi kekayaan ekowisata. Tidak salah sekiranya kota pelabuhan ini ke depan diproyeksikan untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata premium berskala internasional. ...
Bunga Teratai Raksasa di Tengah Danau
Bangunan raksasa itu jelas sengaja didirikan untuk melukiskan bunga teratai sebagai penghormatan terhadap Budha Maitreya. Borobudur ialah bangunan bunga teratai raksasa dari jutaan kubik batu and...
Kratom, Daun Dolar yang Masih Kontroversi
Tanaman Kratom menjadi tanaman unggulan petani di sejumlah wilayah di Kalimantan. Bahkan telah menjadi komoditi ekspor untuk wilayah tersebut. Namun pihak BNN akan mengeluarkan pelarangan. ...
Denys Lombard dan Rekontruksi Sejarah Jawa
Sungguh tak ada satu pun tempat di dunia ini—kecuali mungkin Asia Tengah—yang, seperti halnya Nusantara, menjadi tempat kehadiran hampir semua kebudayaan besar dunia, berdampingan atau leb...