Bahasa | English


LAYANAN SIPP

Sistem Informasi Pelayanan Publik (SIPP)

27 June 2019, 12:00 WIB

Satu dari beberapa bagian penting dalam penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), seperti dikutip dari situs resmi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi (Kementerian PANRB), adalah penyediaan big data sebagai sumber segala informasi, terutama mengenai pelayanan publik.


Sistem Informasi Pelayanan Publik (SIPP) Layanan SIPP. Foto: Dok. SIPP

Kementerian PANRB melalui Kedeputian bidang Pelayanan Publik terus mendorong setiap instansi pemerintah agar menginput informasi pelayanan publik ke dalam Sistem Informasi Pelayanan Publik (SIPP).

Kebijakan PermenPANRB No.13 Tahun 2017 tentang SIPP menjelaskan, SIPP adalah media informasi elektronik satu pintu meliputi penyimpanan dan pengelolaan informasi serta mekanisme penyampaian informasi dari penyelenggara pelayanan publik kepada masyarakat.

Dasar hukum dari SIPP adalah UU No 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dan PermenPANRB Nomor 13 Tahun 2017 tentang Pedoman Sistem Informasi Pelayanan Publik.

Penyediaan informasi pelayanan publik adalah untuk memberikan aksesibilitas kemudahan dan kecepatan dalam memperoleh informasi pelayanan publik dan menjamin keakuratan informasi pelayanan publik.

Penyediaan Informasi Pelayanan Publik Profil Penyelenggara yang terdiri dari:

  1. nama penyelenggara;
  2. jenis penyelenggara
  3. jenis layanan
  4. alamat penyelenggara:
  5. nomor telepon;
  6. email; dan
  7. jumlah pelaksana.

Penyediaan Informasi Pelayanan Publik profil Pelaksana terdiri dari :

  1. nama pejabat;
  2. jabatan;
  3. kompetensi pelaksana;
  4. nomor telepon; dan
  5. foto.

Penyediaan Informasi Pelayanan Publik Standar Pelayanan yang terdiri dari

  1. produk layanan;
  2. persyaratan;
  3. mekanisme atau prosedur;
  4. waktu pelayanan;
  5. biaya; dan
  6. pengelolaan pengaduan.

SIPP adalah sistem informasi satu pintu yang memuat informasi pelayanan publik, Index Pelayanan Publik (IPP), Survei Kepuasan Masyarakat (SKM), dan Survei Rormasi Birokrasi (SRB) seluruh instansi pemerintah.

Tujuan SIPP

  • Terwujudnya pengawasan dan partisipasi masyarakat yang efektif
  • Terwujudnya keterpaduan informasi pelayanan publik
  • Tercegahnya terjadinya penyalahgunaan kewenangan dalam penyelanggaraan pelayanan publik

Halaman Frontend/Publik di sipp.menpan.go.id

Ini merupakan halaman yang berisi informasi layanan publik di seluruh Indonesia. Halaman ini bebas diakses publik. Berisi informasi yang berkaitan dengan layanan publik di seluruh Indonesia.

Melakukan Pencarian Melalui Kotak Pencarian

  • Pilih salah satu wilayah pada kotak paling kiri untuk memperkecil pencarian jenis layanan menjadi per wilayah tertentu,
  • Ketikkan nama jenis layanan di kotak sebelah kanan,
  •  Klik tombol ‘Cari’ untuk memproses searching data.

Melakukan Pencarian Berdasarkan Peta

  • Klik ‘Cari Berdasarkan Peta’, maka akan muncul pop up berisi peta indonesia, ada warna yang mungkin berbeda di antara provinsi lainnya; semakin merah maka jumlah layanan pada wilayah itu semakin banyak, dan semakin hijau maka semakin sedikit.
  • Klik salah satu provinsi untuk membuka profil intansi provinsi yang dipilih.

Hasil Pencarian

  • Berikut adalah data yang tampil dari hasil pencarian melalui kotak pencarian
  • Klik salah satu judul layanan untuk melihat detail informasi jenis layanan tersebut.

Halaman Informasi Publik

Di halaman ini berisi tentang informasi suatu layanan publik, di antaranya:

  • Persyaratan layanan
  • Sistem, mekanisme dan prosedur layanan
  • Waktu penyelesaian layanan
  • Biaya/tarif layanan
  • Produk dari layanan
  • Informasi pengaduan layanan

Pemberian Rating Layanan

Pengunjung website dapat memberikan rating dari suatu layanan dengan memilih emoticon di section ‘Berikan Rating’, pada halaman detail informasi layanan publik di sebelah kanan.

Keterangan rating:

  • Emoticon paling kiri berarti tidak puas,
  • Emoticon di tengah berarti biasa saja,
  • Emoticon paling kanan berarti puas.

Pelaporan Ketidakpuasan Layanan

Pengunjung website juga dapat melaporkan suatu layanan publik yang dianggap tidak sesuai.

  • Klik tombol bertuliskan LAPOR! di sebelah kanan halaman detail informasi layanan publik,
  • Isikan data data diri serta laporan keluhan,
  • Verifikasi captcha
  • Kirimkan laporan dengan mengklik ‘LAPORKAN’

Halaman Instansi Pemerintah

Halaman ini berisi tentang informasi suatu instansi pemerintah, di antaranya:

  • Profil instansi
  • Unit kerja/OPD/ bawahan instansi
  • Jenis layanan instansi
  • Berita terkait instansi

Kontak

Pengunjung dapat mengkontak admin SIPP jika ada yang ingin ditanyakan, atau sekadar ingin mengirimkan kritik atau saran.

  • Isikan data data diri serta konten yang ingin disampaikan,
  • Verifikasi captcha,
  • Klik tombol ‘KIRIM’
Layanan
Sosial
Layanan Terpopuler
Panduan New Normal di Lingkungan Kerja
Tak ada yang tahu kapan pandemi Covid-19 ini akan berakhir. Pemerintah berkewajiban menggerakkan roda perekonomian di tengah pandemi ini. ...
Prosedur Izin Keluar Masuk DKI Jakarta
Pemprov DKI Jakarta mengeluarkan ketentuan bagi masyarakat yang keluar dan masuk wilayah ibu kota selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Surat Izin Keluar/Masuk (SIKM) dapat diurus secar...
Protokol Kepulangan WNI dari Luar Negeri
Di tengah pandemi dan penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sejumlah daerah, sejumlah pekerja Indonesia di luar negeri mulai berdatangan. Pemerintah tak mau kecolongan. ...
Bijak Kelola THR di Era Pandemi
Perlu menggunakan Tunjangan Hari Raya (THR) sewajarnya dan tidak boros. Di samping itu, jangan biarkan pendapatan tambahan ini berlalu tanpa makna. ...
Fatwa Salat Idulfitri dari MUI
Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa tentang salat Idulfitri di musim pandemi Covid-19 ini. Umat Muslim bisa melakukan salat sendiri di rumah. ...
Aplikasi 10 Rumah Aman Agar Betah di Rumah
Pemerintah meluncurkan sejumlah aplikasi untuk membendung penyebaran corona. Aplikasi 10 Rumah Aman bisa menjadi teman agar Anda tetap betah di rumah. ...
Kapan Nikah? Cek di siapnikah.org
Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) meluncurkan situs siapnikah.org. Situs ini untuk menyiapkan warga negara yang akan membangun rumah tangga. ...
Mesin Pintar Dukung Penerapan PSBB
Di sejumlah daerah yang sudah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diketahui warganya masih belum patuh. Untuk mendukung penerapan PSBB, pemerintah meluncurkan mesin pintar bernama &ldqu...
Cara Melindungi Lansia dari Virus Corona
Orang lanjut usia (lansia) lebih rentan terinfeksi virus corona dibanding dewasa maupun anak-anak. ...
Cara Ajukan Klaim Perawatan Rumah Sakit Pasien Covid-19
Biaya perawatan seluruh pasien Covid-19 di Indonesia dibebankan pada anggaran Badan Nasional Penanggulan Bencana (BNPB). Jika pasien telanjur membayar, rumah sakit harus mengembalikan ke pasien. ...