Bahasa | English


Cara Bermain Saham Online Bagi Pemula

13 August 2018, 15:47 WIB

Anda harus memiliki modal yang cukup sebelum nyemplung di bisnis ini. Usahakan dana yang digunakan adalah dana dingin.


Cara Bermain Saham Online Bagi Pemula Sumber foto: Dok Index

1. Dana Minimal

Tentu saja Anda harus memiliki modal yang cukup sebelum nyemplung di bisnis ini. Usahakan dana yang digunakan adalah dana dingin, artinya uang menganggur yang memang diniatkan untuk investasi saham. Nah langkapnya baca tentang dana minimal untuk jual beli saham online!

2. Buka Rekening Efek

Pertama buka rekening dulu, Anda bisa datangi bank-bank terdekat buat nanya atau tinggal cari di google. Search dengan kata kunci “perusahaan sekuritas”.

Kalau rekening efek ini uda beres, berarti uda siap nih bertransaksi online. Anda akan diberikan akses untuk jual beli saham online, baik di PC maupun di smartphone.

Jangan lupa juga ya untuk minta diurus kartu KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia), itu sebagai bukti Anda adalah salah satu investor yang dilindungi di Indonesia. Sekarang tinggal..

Mau Beli Saham Apa?

Udah punya duit, rekeningnya sudah siap, dan aplikasinya ada di handphone. Tinggal klik saham yang mau dibeli. Selain modal duit, Anda juga harus siapin modal pengetahuan. Ada dua teknik yang bisa Anda gunakan, yaitu jurus fundamental dan teknikal.

Analisis Fundamental

Belajar fundamental artinya belajar inti perusahaan, Anda bisa mulai dengan memahami proses bisnis atau SOP perusahaan incaran. Kalo mau lebih oke sih Anda bisa pelajarin:

  1. Analisis fundamental – model kuantitatif ;atau
  2. Analisis fundamental – model kualitatif.

Analisis Teknikal

Kalo teknik ini lebih menyasar sisi psikologis trader, jadi naik turunnya harga saham kelihatan dari hari ke hari bahkan dari hitungan jam. Well, lebih lengkapnya silakan pelajarin jurus analisis teknikal saham yang sudah ditulis beberapa waktu yang lampau.

Setelah paham, tinggal klik “beli” dari aplikasi Anda. Ingatlah bahwa ketika Anda melakukan penjualan saham, maka akan dikenai pajak atas saham. Jadi beberapa investor fundamental kawakan biasanya menyimpan saham dalam waktu lama untuk menghindari fee penjualan yang tinggi dan pajak atas penjualan saham.

Evaluasi Portfolio Saham

Selalu melakukan pengecekan setiap minggunya atas saham-saham yang dikoleksi. Tentunya ini dilakukan untuk menghindari ada aksi liar perusahaan yang tidak kita ketahui.

Tapi jangan juga setiap detik kita cek di aplikasi, kecuali Anda adalah seorang swing trader atau forex trader. Untuk investor jangka pendek, masih boleh lah dicek sehari sekali atau dua kali. Investor jangka menengah dan jangka panjang silakan ngecek setiap minggu.

Apa saja yang perlu diperhatikan saat mengevaluasi portfolio?

  1. Harga, tentu saja Anda akan melihat pergeseran harganya. Apakah masih dalam batas yang Anda tetapkan?
  2. Kinerjanya yang biasanya bisa dilihat di media
  3. Apakah terjadi perubahan manajemen? Perlu dicek alasan perubahan manajemen.
  4. Isu lain yang berhubungan dengan perusahaan.

Selain fokus ke saham perusahaan, ada baiknya Anda peka dengan kondisi makro ekonomi sekeliling mulai dari harga minyak, harga emas, dan lain sebagainya. Itu penting karena ketika terjadi sedikit gejolak kondisi makro, maka akan berpotensi mempengaruhi pergerakan harga saham.

Ekonomi
Investasi
Layanan Terpopuler
Cara Mengurus Izin Tenaga Kerja Asing (TKA) Online
Aplikasi teknologi informasi berbasis web untuk memberikan pelayanan kepada pemberi kerja TKA melalui laman tka-online.kemnaker.go.id. ...
Cara Mengurus Akta Nikah
Akta nikah dapat digunakan sebagai alat bukti peristiwa nikah yang sah yang mendokumentasikan pernikahan dengan pasangan dan juga memiliki kekuatan pembuktian formal karena dalam akta nikah telah diny...
Cara Mendirikan Koperasi
Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang seorang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan rakyat yang berdasar atas a...
Cara Mengurus BPJS Setelah Resign Kerja
BPJS Ketenagakerjaan bisa diambil ketika karyawan memutuskan untuk resign dari perusahaan. ...
Mendaftarkan Pernikahan Yang Berlangsung di Luar Negeri
Ada beberapa syarat atau prosedur yang mesti dipenuhi dan dilengkapi agar momen sakral pernikahan itu bisa memiliki garis hukum yang jelas. ...
Cara Urus Perizinan Produk Industri Rumah Tangga (PIRT)
Beragam cara dapat dilakukan seseorang untuk menjalankan usahanya. Termasuk di antaranya adalah dengan menjalankan usahanya di rumah (usaha rumahan) atau disebut juga dengan industri rumah tangga. ...
Cara Membuat KTP Anak atau Kartu Identitas Anak (KIA)
Pemerintah, melalui Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), terus berbenah terkait perekaman data dan identitas. Kini, selain Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk warga usia 17 tahun ke atas, juga ada Kart...
Cara Mengurus KTP Hilang atau Rusak
Semua penduduk Indonesia yang sudah berusia 17 tahun atau telah menikah atau pernah menikah, wajib memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP). ...
Izin Tinggal Bagi Orang Asing di Indonesia
Setiap orang asing yang berada di wilayah Indonesia harus memiliki izin tinggal. ...
Cara Klaim Santunan Jasa Raharja bagi Korban Kecelakaan
Asuransi Jasa Raharja merupakan jaminan yang diberikan oleh pemerintah untuk korban kecelakaan lalu lintas. ...