Bahasa | English


LAYANAN PAJAK

Kring Pajak

17 June 2019, 00:00 WIB

Meningkatkan mutu pelayanan. Itulah yang menjadi tujuan dari Direktorat Jenderal Pajak (DJP) saat meluncurkan layanan pajak bernama Kring Pajak.


Kring Pajak Kring Pajak. Foto: Pajak.go.id

Anda, yang sedang mencoba untuk memahami perpajakan atau sebagai wajib pajak yang tengah mengalami masalah saat menunaikan kewajiban membayar pajak, bisa mencari bantuan via layanan Kring Pajak ini.

Kring Pajak adalah sebuah layanan berupa call center yang dibentuk oleh DJP untuk meningkatkan mutu pelayanan dan keterbukaan dalam informasi perpajakan untuk wajib pajak, baik perorangan maupun atau badan (perusahaan).

Layanan Kring Pajak sendiri berada di bawah arahan Kantor Layanan Informasi dan Pengaduan (KLIP) Direktorat Jenderal Pajak dan ketentuannya telah diatur dalam Peraturan Ditjen Pajak No: PER - 02/PJ/2014 dan PER - 22/PJ/2014. Nomor kontak layanan Kring Pajak adalah 1500200.

Ragam layanan bisa masyarakat gunakan saat menggunakan Kring Pajak, di antaranya bertanya soal SPT Tahunan, pajak penghasilan, kurang bayar, macam-macam pengaduan pungutan liar, alur pembayaran atau melaporkan pajak, dan sebagainya.

Jenis Pengaduan dan Layanan Informasi via Kring Pajak

  1. Keterbatasan sarana dan prasarana unit pelayanan Ditjen Pajak, misalnya, hasil cetak printout Bukti Penerimaan Surat (BPS) yang kurang jelas
  2. Pelayanan dari pegawai pajak yang kurang ramah
  3. Pelanggaran mengenai kode etik dan disiplin kerja karyawan di jajaran DJP, misalnya tindak pemerasan kepada wajib pajak, pemalsuan data, dan lainnya
  4. Tindak pidana perpajakan, misalnya pembayaran pajak dari WP yang tidak disetorkan ke kas negara

Jenis Konsultasi yang bisa didapat lewat Kring Pajak:

  1. Cara menggunakan aplikasi elektronik DJP: e-Filing, e-SPT, e-Billing, e-Faktur, e-SPT PPN, e-Nova, dan aplikasi lainnya
  2. Ketentuan umum mengenai tata cara administrasi perpajakan, Informasi Pajak Penghasilan (PPh) dan Pajak Pertambahan nilai (PPN)  bagi WP Perorangan maupun Badan.

Tiga jenis layanan Kring Pajak yang bisa wajib pajak gunakan:

1. Layanan Inbound dan Outbound

Inbound dan Outbond adalah layanan pertama dari Kring Pajak. Layanan Inbound mencakup informasi, layanan pengaduan, dan berkomunikasi langsung dengan agen atau pegawai layanan Kring Pajak, sedangkan layanan Outbound adalah layanan panggilan keluar.

Wajib pajak yang ingin menggunakan layanan ini bisa menghubungi langsung nomor Kring Pajak 1500200 melalui telepon biasa. Jika Anda menggunakan ponsel (handphone), jangan lupa tambahkan kode area 021, jadi nomor yang dihubungi adalah 0211500200.

Waktu layanan berkomunikasi dengan agen Kring Pajak 1500200 adalah mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB. Jika menghubungi di luar waktu tersebut, wajib pajak akan dilayani oleh mesin interactive voice response yang siap melayani selama 24 jam penuh.

Mesin interactive voice response memberikan layanan soal kurs pajak, informasi nomor pokok wajib pajak (NPWP), informasi surat pemberitahuan (SPT), dan lainnya.

2. Layanan Kring Pajak Online

Selain via telepon biasa atau ponsel lewat nomor 1500200 (0211500200), layanan Kring Pajak juga bisa diakses melalui online. Alternatif ini bisa menjadi pilihan masyarakat apabila mengalami kendala saat menghubungi pihak Kring Pajak via Inbound atau Outbound.

Berikut ini adalah tahapan yang harus Anda ikuti untuk menggunakan layanan Kring Pajak secara online.

  1. Kunjungi situs web pengaduan.pajak.go.id.
  2. Setelah masuk ke halaman web, lakukan pendaftaran akun dengan mengisi data diri Anda secara lengkap dan benar.
  3. Beberapa saat setelah registrasi, DJP akan mengirimkan link aktivasi melalui email. Lalu, klik link tersebut untuk mengaktifkan akun Anda.
  4. Selanjutnya, Anda bisa login di situs web pengaduan.pajak.go.id.
  5. Di kolom pengaduan, Anda bisa menyampaikan keluhan atau pertanyaan secara jelas. Jika pengaduan ini disetujui, server akan mengirim nomor tiket pengaduan ke email Anda.
  6. Untuk menelusuri status pengaduan, masukkan tiket yang Anda terima melalui email tersebut. 

3. Layanan via Live Chat

Layanan berikutnya dari Kring Pajak adalah lewat Live Chat. Pada layanan ini, wajib pajak bisa berkomunikasi via chat secara langsung dengan agen Kring Pajak.

Layanan Live Chat ini diadakan untuk memberikan fasilitas berupa informasi peraturan perpajakan yang berlaku dan tarif pajak terbaru. Selain itu, Anda juga bisa mengajukan pertanyaan dan keluhan terkait dengan masalah pajak yang dihadapi.

Berikut ini adalah hal yang perlu diperhatikan oleh wajib pajak ketika ingin menggunakan layanan ini:

  1. Layanan diakses langsung melalui pajak.go.id
  2. Dapat diakses setiap hari pada jam kerja, mulai pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB
  3. Masukkan identitas di kolom yang disediakan
  4. Klik "Start Chat" untuk mengirim pesan ke customer service

Selain tiga layanan di atas, Kring Pajak juga mempunyai alternatif lain dalam hal pelayanan. Opsi tersebut adalah menerapkan fasilitas berikut ini:

  1. Layanan via Faksimile (021-584792)
  2. Lewat email (pengaduan@pajak.go.id)
  3. Melalui surat ke alamat DJP atau datang langsung ke Kantor Direktorat Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat (P2HM) Direktorat Jenderal Pajak.
Layanan
Layanan Terpopuler
Layanan Legalisasi Dokumen Kemenlu
Dalam rangka meningkatkan kualitas layanan permohonan legalisasi dokumen, Kementerian Luar Negeri RI telah menerapkan prosedur permohonan layanan legalisasi melalui aplikasi berbasis android. Layanan ...
SaPa Kemendagri
SaPa Kemendagri merupakan aplikasi pengaduan dan aspirasi yang dioperasikan oleh Kemendagri. Melalui SaPa, masyarakat dapat membuat pengaduan dan menyatakan aspirasi terhadap layanan yang diberikan ol...
Cara Pasang Sambungan Sementara Listrik PLN
Tak perlu khawatir karena Perusahaan Listrik Negara (PLN) menyediakan layanan penyambungan sementara untuk kebutuhan daya listrik yang besar. ...
Izin Memelihara Hewan Langka
Hewan langka wajib dijaga dan dilestarikan. Secara umum, hal tersebut menjadi perhatian pemerintah melalui Balai Konservasi atau pun Suaka Margasatwa. ...
Call Center Polri 110
Untuk memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan secara mudah, responsif, dan tidak diskriminatif, Polri pun memiliki layanan Call Center Polri 110. ...
Serempak, Seputar Perempuan dan Anak, Kementerian PPPA
Serempak merupakan media interaktif sebagai wadah kerja sama multi-stakeholder dan untuk Meningkatkan akses perempuan pada TIK (teknologi informasi dan komunikasi). ...
Izin Memiliki Senjata
Warga sipil boleh memiliki senjata api (senpi) sebagai alat pertahanan diri. Namun, kepemilikan senjata api ini harus sesuai dengan syarat dan ketentuan yang sudah ditetapkan Kepolisian Republik Indon...
Tarif Preferensi Free Trade Agreement (FTA)
Perjanjian perdagangan tersebut memungkinkan Indonesia untuk memperoleh manfaat dari pemberlakuan tarif preferensi, misalnya untuk menekan biaya produksi sehingga dapat meningkatkan daya saing industr...
Sistem Informasi Pelayanan Publik (SIPP)
Satu dari beberapa bagian penting dalam penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), seperti dikutip dari situs resmi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi (Kem...
Prosedur Pengusulan Gelar Pahlawan Nasional
Gelar pahlawan nasional diberikan kepada warga Negara Indonesia atau seseorang yang berjuang melawan penjajahan di wilayah yang sekarang menjadi wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang gugur a...