Bahasa | English


LAYANAN PAJAK

Kring Pajak

17 June 2019, 00:00 WIB

Meningkatkan mutu pelayanan. Itulah yang menjadi tujuan dari Direktorat Jenderal Pajak (DJP) saat meluncurkan layanan pajak bernama Kring Pajak.


Kring Pajak Kring Pajak. Foto: Pajak.go.id

Anda, yang sedang mencoba untuk memahami perpajakan atau sebagai wajib pajak yang tengah mengalami masalah saat menunaikan kewajiban membayar pajak, bisa mencari bantuan via layanan Kring Pajak ini.

Kring Pajak adalah sebuah layanan berupa call center yang dibentuk oleh DJP untuk meningkatkan mutu pelayanan dan keterbukaan dalam informasi perpajakan untuk wajib pajak, baik perorangan maupun atau badan (perusahaan).

Layanan Kring Pajak sendiri berada di bawah arahan Kantor Layanan Informasi dan Pengaduan (KLIP) Direktorat Jenderal Pajak dan ketentuannya telah diatur dalam Peraturan Ditjen Pajak No: PER - 02/PJ/2014 dan PER - 22/PJ/2014. Nomor kontak layanan Kring Pajak adalah 1500200.

Ragam layanan bisa masyarakat gunakan saat menggunakan Kring Pajak, di antaranya bertanya soal SPT Tahunan, pajak penghasilan, kurang bayar, macam-macam pengaduan pungutan liar, alur pembayaran atau melaporkan pajak, dan sebagainya.

Jenis Pengaduan dan Layanan Informasi via Kring Pajak

  1. Keterbatasan sarana dan prasarana unit pelayanan Ditjen Pajak, misalnya, hasil cetak printout Bukti Penerimaan Surat (BPS) yang kurang jelas
  2. Pelayanan dari pegawai pajak yang kurang ramah
  3. Pelanggaran mengenai kode etik dan disiplin kerja karyawan di jajaran DJP, misalnya tindak pemerasan kepada wajib pajak, pemalsuan data, dan lainnya
  4. Tindak pidana perpajakan, misalnya pembayaran pajak dari WP yang tidak disetorkan ke kas negara

Jenis Konsultasi yang bisa didapat lewat Kring Pajak:

  1. Cara menggunakan aplikasi elektronik DJP: e-Filing, e-SPT, e-Billing, e-Faktur, e-SPT PPN, e-Nova, dan aplikasi lainnya
  2. Ketentuan umum mengenai tata cara administrasi perpajakan, Informasi Pajak Penghasilan (PPh) dan Pajak Pertambahan nilai (PPN)  bagi WP Perorangan maupun Badan.

Tiga jenis layanan Kring Pajak yang bisa wajib pajak gunakan:

1. Layanan Inbound dan Outbound

Inbound dan Outbond adalah layanan pertama dari Kring Pajak. Layanan Inbound mencakup informasi, layanan pengaduan, dan berkomunikasi langsung dengan agen atau pegawai layanan Kring Pajak, sedangkan layanan Outbound adalah layanan panggilan keluar.

Wajib pajak yang ingin menggunakan layanan ini bisa menghubungi langsung nomor Kring Pajak 1500200 melalui telepon biasa. Jika Anda menggunakan ponsel (handphone), jangan lupa tambahkan kode area 021, jadi nomor yang dihubungi adalah 0211500200.

Waktu layanan berkomunikasi dengan agen Kring Pajak 1500200 adalah mulai pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 16.00 WIB. Jika menghubungi di luar waktu tersebut, wajib pajak akan dilayani oleh mesin interactive voice response yang siap melayani selama 24 jam penuh.

Mesin interactive voice response memberikan layanan soal kurs pajak, informasi nomor pokok wajib pajak (NPWP), informasi surat pemberitahuan (SPT), dan lainnya.

2. Layanan Kring Pajak Online

Selain via telepon biasa atau ponsel lewat nomor 1500200 (0211500200), layanan Kring Pajak juga bisa diakses melalui online. Alternatif ini bisa menjadi pilihan masyarakat apabila mengalami kendala saat menghubungi pihak Kring Pajak via Inbound atau Outbound.

Berikut ini adalah tahapan yang harus Anda ikuti untuk menggunakan layanan Kring Pajak secara online.

  1. Kunjungi situs web pengaduan.pajak.go.id.
  2. Setelah masuk ke halaman web, lakukan pendaftaran akun dengan mengisi data diri Anda secara lengkap dan benar.
  3. Beberapa saat setelah registrasi, DJP akan mengirimkan link aktivasi melalui email. Lalu, klik link tersebut untuk mengaktifkan akun Anda.
  4. Selanjutnya, Anda bisa login di situs web pengaduan.pajak.go.id.
  5. Di kolom pengaduan, Anda bisa menyampaikan keluhan atau pertanyaan secara jelas. Jika pengaduan ini disetujui, server akan mengirim nomor tiket pengaduan ke email Anda.
  6. Untuk menelusuri status pengaduan, masukkan tiket yang Anda terima melalui email tersebut. 

3. Layanan via Live Chat

Layanan berikutnya dari Kring Pajak adalah lewat Live Chat. Pada layanan ini, wajib pajak bisa berkomunikasi via chat secara langsung dengan agen Kring Pajak.

Layanan Live Chat ini diadakan untuk memberikan fasilitas berupa informasi peraturan perpajakan yang berlaku dan tarif pajak terbaru. Selain itu, Anda juga bisa mengajukan pertanyaan dan keluhan terkait dengan masalah pajak yang dihadapi.

Berikut ini adalah hal yang perlu diperhatikan oleh wajib pajak ketika ingin menggunakan layanan ini:

  1. Layanan diakses langsung melalui pajak.go.id
  2. Dapat diakses setiap hari pada jam kerja, mulai pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB
  3. Masukkan identitas di kolom yang disediakan
  4. Klik "Start Chat" untuk mengirim pesan ke customer service

Selain tiga layanan di atas, Kring Pajak juga mempunyai alternatif lain dalam hal pelayanan. Opsi tersebut adalah menerapkan fasilitas berikut ini:

  1. Layanan via Faksimile (021-584792)
  2. Lewat email (pengaduan@pajak.go.id)
  3. Melalui surat ke alamat DJP atau datang langsung ke Kantor Direktorat Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat (P2HM) Direktorat Jenderal Pajak.
Layanan
Layanan Terpopuler
Cara Bayar Iuran BPJS Kesehatan
BPJS Kesehatan merupakan sarana untuk memperluas kepesertaan program jaminan kesehatan yang mencakup seluruh penduduk Indonesia. Mengenai pelayanan, BPJS Kesehatan pun berusaha menjaga kesinambungan f...
Mengakses APBN
Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Keuangan, terus berupaya untuk transparan dan mengefektifkan penggunaan APBN. Hal itu tecermin dalam kalimat pembuka di situs kementerian terkait, yakni "...
Penerimaan CPNS 2019
Pemerintah Republik Indonesia kembali membuka penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS), baik untuk lingkungan pemerintah pusat maupun daerah. ...
Prosedur Pindah Sekolah dari Luar Negeri bagi WNI
Terkadang, ada situasi yang membuat seseorang yang sebelumnya bersekolah di luar negeri, harus kembali ke Indonesia. Hal yang perlu diperhatikan adalah bagaimana prosedurnya. ...
Cara Mendaftar di LPSE
LPSE singkatan dari Layanan Pengadaan Secara Elektronik. LPSE adalah layanan pengelolaan teknologi informasi untuk memfasilitasi pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa secara elektronik. ...
Aplikasi JAGA KPK
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meluncurkan aplikasi JAGA pada Desember 2016. JAGA adalah aplikasi pencegahan korupsi yang mendorong transparansi penyelenggaraan pelayanan publik dan pengolahan ase...
Prosedur Pengurusan IMB
Sebelum membangun atau merenovasi rumah, pemilik rumah harus mengurus kewajiban berupa izin mendirikan bangunan atau IMB. ...
Prosedur Buka Tabungan dan Pendaftaran Haji Kemenag
Membuka rekening tabungan haji jadi salah satu hal yang banyak dipilih orang untuk mewujudkan impian beribadah ke Tanah Suci. ...
Prosedur Pengurusan Izin Usaha Makanan
PIRT adalah izin jaminan usaha makanan atau minuman rumahan yang dijual memenuhi standar keamanan makanan atau izin edar produk pangan olahan yang diproduksi oleh UKM untuk dipasarkan secara lokal. ...
Mengurus Paspor Hilang
Jika paspor Anda hilang saat Anda masih berada di Indonesia, Anda dapat mengajukan permohonan pembuatan paspor baru dengan proses yang hampir sama dengan pembuatan paspor baru atau penggantian paspor ...