Bahasa | English


INFRASTRUKTUR

Adu Panjang Jalan Tol

18 March 2019, 13:35 WIB

Presiden Jokowi telah meresmikan beroperasinya beberapa ruas tol di Sumatra. Bagian dari tol trans-Sumatra ini akan menjadi jalan tol dipanjang di Indonesia.


Adu Panjang Jalan Tol Jalan tol Trans Sumatera sesi ruas Bakauheni-Terbanggi Besar. Sumber foto: Antara Foto

Pembangunan jalan tol terus dikebut untuk mengejar ketertinggalan. Di Jawa, kita sudah menyaksikan jalan tol yang tembus dari ujung Banten sampai ujung Jawa Timur.

Kini pemerintah sedang memulai pembangunan trans-Sumatra yang akan membentang dari Lampung sampai Aceh. Pada satu tahap akan dibangun sebuah ruas terpanjang 254,8 kilometer yang menyambungkan Pekanbaru sampai Padang. Jika kelak terbangun, ruas tol ini mengalahkan tol terpanjang sebelumnya, yaitu Cipali sepanjang 116,7 kilometer.

Kabarnya jalan Tol Pekanbaru-Padang akan terbagi menjadi 14 seksi. Total investasi yang digelontorkan mencapai Rp80,4 triliun.

Tol trans-Sumatra adalah salah satu proyek strategis nasional yang ditugaskan pemerintah kepada salah satu BUMN Hutama Karya. Total investasi proyek tol yang membelah Pulau Sumatra itu mencapai Rp467 triliun. Total panjang jalan dari Bakaheuni sampai Aceh ini mencapai 2.765 kilometer.

Sebelum Tol Pekanbaru-Padang telah dibangun ruas Tol Terbanggi Besar sepanjang 140 kilometer. Presiden Jokowi meresmikan proyek strategis ini untuk memudahkan transportasi di Sumatra.

Jika kita telusuri ruas tol terpanjang yang sudah beroperasi adalah Bakauni-Terbanggi sepanjang 140 kilometer. Lalu ada tol Cipali dengan panjang 116 kilometer. Selain itu kita juga punya tol Merak sepanjang 98 kilometer.

Di bawahnya ada jalan TNgawi-Kertasono sejauh 87 kilometer. Jalan tol ini menghubungkan Jombang, Nganjuk, Madiun, dan Ngawi. Di sebelah barat tol ini bersilangan dengan Tol Solo-Ngawi. Sedang di bagian timur bertemu dengan Tol Kertolasono-Mojokerto.

Lalu kita juga punya jalan Tol Cikampek dengan panjang 83 kilometer. Menghubungkan Jakarta, Bekasi, Karawang, dan Purwakarta.

Tampaknya ruas tol di Sumatra memang akan menjadi ruas tol terpanjang. Selain Tol Pekanbaru-Padang dan yang baru saja diresmikan Tol Bakaheuni-Terbanggi, kini juga sedang dibangun Tol Terbanggi Besar-Pematang Panjang sepanjang 189 kilometer. Selain itu ada pula Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi berjarak 144 kilometer.

Target penyelesaian berbagai ruas tol yang menghubungkan Sumatra pada 2020. Sedangkan pada akhir 2019 ini sebagian tol trans Sumatra sudah dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Bukan hanya Jawa dan Sumatra. Pembangunan jalan tol juga dikebut di berbagai daerah. Sulawesi Utara, misalnya, kini memiliki Tol Menado-Bitung yang sudah beroperasi.

Sementara di Kalimantan beroperasi Tol Balikpapan-Samarinda sepanjang 99,5 kilometer. Biaya investasi yang dibutuhkan untuk tol itu mencapai Rp9,97 triliun. Bisa dibilang ini adalah jalan tol pertama yang menghubungan antarkota di Pulau Kalimantan.

Pembangunan jalan tol merupakan proyek strategis nasional untuk membuka akses dan menghubungkan berbagai titik. Pembukaan akses ini diyakini akan memicu pertumbuhan ekonomi di daerah sepanjang dilaluinya jalan tol. Sebab perpindahan barang dan manusia akan jauh lebih cepat.

Penyediaan infrastruktur transportasi akan menjadi penunjang pertumbuhan ekonomi di tahun mendatang. Tidak salah jika pemerintah tetap optimistis mengerek pertumbuhan sampai 5,3% di tengah ketidakpastian ekonomi dunia.

Sentra-sentra pertumbuhan ekonomi diharapkan tidak lagi terfokus pada kota-kota besar yang memang selama ini mampu menopang dirinya sendiri. Tetapi juga akan tercipta sentra pertumbuhan baru akibat koneksi antarmasyarakat. (E-1)

Infrastruktur
Layanan
Narasi Terpopuler
Tanah Tabi Calon Provinsi Paling Siap di Papua
Bahkan telah ditentukan Kota Jayapura yang kelak menjadi ibu kota provinsi baru nanti. Sedangkan nama DOB yang sempat muncul, yaitu Provinsi Papua Tabi, Tabi Papua, atau Provinsi Tanah Tabi. ...
Usaha Berbasis Kayu Tetap Jalan, Hutan Pun Tetap Lestari
Industri pengolahan kayu kini tidak lagi kesulitan untuk memperoleh bahan baku. Mereka banyak menyerap kayu dari hutan tanaman industri dan hutan tanaman rakyat. ...
Penerimaan Pajak dan Cukai Terus Tumbuh Positif
APBN 2020 diketok di angka Rp2,528,8 triliun, naik tipis 2,75 persen dari 2019. Defisit pun terjaga di posisi 1,76 persen. PNBP terus menguat. ...
Provinsi Baru Papua, Sebangun dengan Wilayah Adat
Masyarakat Papua minta pemekaran provinisi Papua dan Papua barat menjadi tujuh wilayah adat. Tapi Presiden RI Joko Widodo hanya menyetujui beberapa. Itu pun masih harus ada kajian terlebih dulu. ...
Kota Karet Dulu, Kota Hijau Kemudian
Forum Segitiga Indonesia-Malaysia-Thailand melakukan percepatan program penguatan kerja sama subregional itu. Jalur multimoda Dumai-Malaka akan beroperasi 2020. Arus barang lebih efisien. ...
Warisan Sang Maestro
Berkat sentuhan Habibie-Habibie muda, pesawat CN-235, N 212, dan N 219, juga kapal korvet, dan kereta listrik, tampil dengan eksterior yang elegan dan aeerodinamis.  Ekonomi berbasis teknologi pe...
Garis Bawah Presiden untuk Iklim Investasi Indonesia
Indonesia akan segera merevisi puluhan undang-undang dan aturan yang berkait dengan investasi. Hal itu dipentingkan untuk mempermudah dan mempersingkat prosedur sebagai salah satu daya tarik investasi...
Pasar E-Sports Semakin Menjanjikan
Industri e-sports patut diberi dukungan penuh dikarenakan memiliki tiga manfaat. ...
Saatnya Berbenah untuk Dongkrak Investasi
Semua pemangku kepentingan negeri ini perlu segera mencari solusi bagi kondisi investasi Indonesia. Mengapa negeri cantik ini menjadi kalah ‘seksi’ dibanding negara serumpun di Asean. ...
Peran TKI Hadapi Krisis
Tenaga kerja migran memiliki peran signifikan untuk membantu pengisian devisa Indonesia. Perlu perhatian lebih serius terhadap peran dan fungsi mereka. Termasuk, perlindungan hukumnya. ...