Bahasa | English


REMPAH-REMPAH

Bukan Sayur Biasa, Ini Manfaat Kacang Panjang Bagi Kesehatan

26 August 2019, 11:40 WIB

Siapa yang tahu kalau sayuran hijau berbentuk panjang berisi kacang ini memiliki begitu banyak manfaat bagi kesehatan tubuh?


Bukan Sayur Biasa, Ini Manfaat Kacang Panjang Bagi Kesehatan Manfaat kacang panjang. Foto: iStockphoto

Kacang panjang, tanaman yang termasuk keluarga kacang-kacangan ini dapat kita temui sehari-hari sebagai salah satu menu sayur dalam makanan kita. Ia bisa hadir dalam berbagai bentuk, mulai dari lalapan sederhana, direbus, ditumis, bahkan menjadi salah satu sayur yang menemani ketupat di Hari Raya Idul Fitri.

Memiliki nama latin Vigna unguiculata ssp. Sesquipedalis, kacang panjang yang tumbuh secara memanjat atau melilit, mudah ditemukan di kawasan panas Asia. Indonesia salah satunya tentu. Di beberapa negara lain, kacang panjang dikenal dengan nama yardlong bean, Chinese long bean, atau asparagus bean.

Cara menanam kacang panjang cukup mudah, hanya dengan memasukkan 2-3 biji ke dalam lubang sedalam 1-2 cm, kemudian ditimbun tanah. Pada umur 30 hari dia akan berbunga dan memasuki hari ke 45, kacang panjang sudah siap dipanen. Waktu penanaman yang cukup pendek ini membuat kacang panjang menjadi salah satu sayuran yang tidak mengenal musim, seperti juga kebanyakan tanaman palawija lainnya.

Sebagai sumber protein yang baik, kacang panjang memiliki kandungan vitamin A, thiamin, riboflavin, besi, fosfor, kalium, vitamin C, folat, magnesium dan mangan.

Sementara itu, menurut USDA National Nutrient database, nilai gizi yang terkandung di dalam kacang panjang mentah per 100 gram adalah, 47 kalori, 50 gram lemak total, 0 gram kolesterol, 8 gram karbohidrat total atau 2% dari nilai harian yang dibutuhkan, 3 gram protein atau 5% dari nilai harian yang dibutuhkan, serta 4mg natrium atau 0% dari nilai harian yang dibutuhkan.

Manfaat Kacang Panjang

Tampilannya yang sederhana dan begitu mudah ditemukan, membuat banyak dari kita yang tidak menyadari bahwa kacang panjang memiliki begitu banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut adalah beberapa manfaat kacang panjang yang perlu untuk kita ketahui.

  • Menurunkan kadar gula darah

Kabar gembira bagi Anda yang menderita diabetes atau memiliki kadar gula darah yang tinggi. Tingginya serat yang terkandung di dalam kacang panjang, dibarengi dengan rendahnya kalori dan karbohidrat, menjadikan kacang panjang sebagai makanan yang ideal bagi para penderita diabetes.

  • Meredakan nyeri.

Penelitian juga menunjukkan bahwa kacang panjang dapat memberikan efek analgesik atau meredakan nyeri pada tubuh. Kandungan mineral dalam kacang panjang, seperti mangan, dapat membantu menurunkan gejala dismenore, sehingga juga dapat membantu mengatasi nyeri haid pada wanita.

  • Menjaga kesehatan kulit.

Sebagai penghasil vitamin C yang cukup tinggi, kacang panjang mampu menjaga kulit terlihat lebih sehat dan cerah. Seperti diketahui, vitamin C dalam jumlah tinggi dapat membantu mengurangi munculnya kerutan, mengurangi kekeringan pada kulit dan memperlambat proses penuaan.

  • Mencegah radikal bebas dan menurunkan risiko kanker.

Vitamin C adalah antioksidan yang dapat mencegah kerusakan akibat radikal bebas, polutan, dah bahan kimia beracun. Penumpukan radikal bebas menyebabkan penyakit seperti jantung, kanker, dan radang sendi. Vitamin C yang berasal dari makanan dan dikonsumsi dalam jumlah cukup, dapat membantu membangun kekebalan tubuh untuk memerangi infeksi, menjaga elastisitas pembuluh darah, dan mewarkan perlindungan terhadap kanker.

  • Menjaga kesehatan jantung.

Seperti disebut di atas, kacang panjang memiliki kandungan antioksidan yang dapat menangkal radikal bebas, sehingga dapat melindungi organ tubuh dari kerusakan. Kacang panjang dikeahui juga dapat melancarkan peredaran darah. Oleh karena itu, tak heran jika kacang panjang dianggap sebagai makanan yang baik untuk jantung. 

  • Menjaga kesehatan ibu hamil.

Sebagai salah satu sumber folat terbaik, 62µg dari 100 g kacang panjang atau 15% dari kebutuhan harian, kacang panjang menjadi salah satu nutrisi penting bagi ibu hamil. Asam folat sangat penting bagi perkembangan sel dan DNA pada janin. Konsumsi asam folat yang cukup dapat membantu mengurangi risiko cacat pada janin. Karenanya, rutin mengonsumsi kacang panjang selama masa kehamilan dapat membantu ibu hamil untuk melahirkan bayi yang sehat.

  • Menurunkan risiko rematik.

Encok atau sakit pada persendian dan otot disebabkan tingginya kadar asam urat yang kemudian membentuk kristal pada persendian. Salah satu studi menunjukkan, konsumsi 1000-1499 mg vitamin C membantu menurunkan kemungkinan sakit akibat asam urat hingga 31%. Karenanya, kacang panjang yang kaya akan kandungan vitamin C dipercaya dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah.

  • Menambah darah.

Dalam kondisi kurang darah atau anemia, mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi dan mineral lainnya dapat memicu perkembangan sel darah merah. Kandungan berbagai mineral di dalam kacang panjang menjadikannya bermanfaat untuk membantu menambah darah dan mengatasi anemia.

  • Meningkatkan stamina.

Ketika seseorang melakukan aktivitas fisik yang berat seperti olahraga, tubuhnya membutuhkan asupan oksigen yang lebih banyak. Kacang panjang yang dapat melancarkan peredaran darah dan memicu pembentukan sel darah merah, dapat membantu stamina Anda tetap terjaga ketika atau setelah berolahraga.

Komoditas
Ragam Terpopuler
Teh Slawi, Sebuah Ikon Minuman Tradisional Kabupaten Tegal
Konon, ada makna filosofis di balik cara penyajian teh itu. Kehidupan memang selalu pahit di awalnya. Namun jika kita sanggup bersabar diri, kehidupan yang awalnya terasa pahit itu maka lambat laun pa...
Harum Manis Carica Gunung Dieng
Pepaya gunung hanya dibudidayakan di Dieng, Wonosobo. Manisan atau selai carica gunung itu menjadi jajanan eksklusif yang hanya diproduksi di Wonosobo. Selain segar, carica juga punya kisah. ...
Rumah Pohon Korowai dan Tayangan Televisi Global
Booming-nya pemberitaan tentang rumah Korowai yang eksotis selama dua puluh tahun terakhir adalah bagian dari fenomena budaya global yang menginginkan tampilan bergaya "primitif" sebagai ses...
Agama, Sekolah, Bahasa Jembatan Keragaman Etnis Papua
Selain agama dan pendidikan, maka bahasa Melayu (baca: Bahasa Indonesia) juga bisa disebut memiliki dampak transformatif bagi warga Papua. Sebab, berhasil memberikan aspek keseragaman pada realitas fr...
Orang Laut Nusantara; Laut untuk Hidup, Hidup untuk Laut
Banyak sekali peristiwa dalam sejarah yang terjadi di wilayah laut Nusantara, tetapi cenderung diabaikan oleh peneliti sejarah konvensional. ...
Mengintip Wisata di Sekitar Kawasan Calon Ibu Kota Baru
Presiden Joko Widodo  baru saja memutuskan wilayah yang akan dijadikan ibu kota baru Tanah Air. Wilayah tersebut yakni sebagian wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara dan sebagian daerah Penajam Pas...
Wisata Religius ke Pulau Mansinam
Mengenang heroisme dan dedikasi total tugas kemanusiaan yang dilakukan kedua Rasul Papua itu, kini sebuah film tengah dibuat. Tak hanya memperlihatkan jati diri peradaban Tanah Papua sebagai Tanah Inj...
9 dari 10 Bahasa Indonesia adalah Asing
"Dalam Bahasa Indonesia bukan saja tercermin kebudayaan imigran, tapi juga manifestasi bahasa Indo. Atau, dengan kata lain, Bahasa Indonesia ialah produk budaya hibrida, sehingga bukan tak mungki...
Dari Odisha hingga Jepara, Keturunan Kalingga di Nusantara
Hanya kekuatan armada laut yang besar yang bisa menjelaskan kemampuan Kerajaan Kalingga menduduki pesisir utara Pulau Jawa. ...
Jalan Hidup Anak-Anak Rohani Pram
Sekalipun Pram baru meninggal 2006, sesungguhnya ia telah meninggal saat karya-karyanya telah selesai ditulis dan diterbitkan. Ya sebagai anak rohani, karya-karya sastra Pram mempunya jalan hidupnya s...