Bahasa | English


APLIKASI SIPMI

Aplikasi SIPMI untuk Pekerja Migran

24 June 2019, 00:00 WIB

SIPMI merupakan kependekan dari Sistem Informasi Pekerja Migran Indonesia. Aplikasi ini selain sebagai bentuk peningkatan pelayanan dan perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) oleh pemerintah, juga untuk mempermudah akses bagi keluarga agar saling terhubung.


Aplikasi SIPMI untuk Pekerja Migran Aplikasi SIPMI. Foto: SIPMI

Setiap tahun, jumlah Warga Negara Indonesia yang menjadi pekerja migran di luar negeri terus bertambah. Ada yang sekadar bekerja di Negeri Jiran seperti Malaysia dan Singapura, ada juga yang merantau hingga ke negara-negara Asia lain seperti Hong Kong dan China. Untuk memastikan para pekerja migran tersebut tetap terintegrasi dengan pemerintah Republik Indonesia, Kementerian Ketenagakerjaan meluncurkan aplikasi SIPMI.

SIPMI merupakan kependekan dari Sistem Informasi Pekerja Migran Indonesia. Aplikasi ini selain sebagai bentuk peningkatan pelayanan dan perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) oleh pemerintah, juga untuk mempermudah akses bagi keluarga agar saling terhubung. Aplikasi yang sudah tersedia untuk platform Android dan iOS ini memiliki fitur utama yang memungkinkan penggunanya untuk mendapat informasi dengan mudah dan saling terhubung satu sama lain dengan fitur obrolan atau chat baik pribadi maupun grup.

Informasi yang bisa didapat dari SIPMI meliputi prospek dan risiko menjadi pekerja migran Indonesia di luar negeri, hak dan kewajiban, keterampilan, hingga prosedur bekerja di luar negeri secara aman. Termasuk di dalamnya terdapat fitur agenda hingga polling yang bisa diikuti oleh pengguna.

SIPMI juga menyediakan fitur untuk tetap terhubung dengan keluarga. Mulai dari berbagi lokasi terkini ke anggota keluarga hingga melihat tinjauan keuangan. Untuk kondisi darurat, PMI juga bisa memberi informasi melalui fitur darurat yang tersedia agar dengan cepat terhubung dengan rekan atau orang di sekitar yang memungkinkan untuk dapat segera memberi pertolongan.

SIPMI mempunyai tiga prioritas utama yakni menunjang kebutuhan pekerja migran Indonesia dalam hal komunikasi, menunjang informasi yang dibutuhkan para pekerja migran baik dari sesama pekerja maupun dari pemerintah, dan sebagai proteksi diri bagi pekerja migran Indonesia yang bekerja di luar negeri.

Berikut cara menggunakan aplikasi SIPMI:

  1. Unduh aplikasi SIPMI di Play Store untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna iPhone.
  2. Install atau pasang, tunggu hingga proses instalasi selesai.
  3. Setelah terpasang di smartphone, buka aplikasi SIPMI.
  4. Daftarkan diri Anda dengan mengisi data-data yang diminta

Berikut beberapa fitur yang terdapat di aplikasi SIPMI:

  1. Fitur Konten: Memungkinkan pekerja migran Indonesia akan mendapatkan informasi secara mudah dan menyeluruh, tentang prospek dan resiko menjadi Pekerja Migran Indonesia di luar negeri, hak dan kewajiban, skill,  dan prosedur bekerja di luar negeri secara aman. Adapun informasi dan interaksi pada konten SIPMI berupa info, agenda, task dan polling.
  2. Fitur Darurat: Memudahkan penginformasian keadaan darurat oleh Pekerja Migran Indonesia dengan cepat kepada teman untuk segera dilakukan tindakan.
  3. Fitur Keluarga: Membuat pekerja migran Indonesia selalu terkoneksi dengan keluarga. Pekerja Migran Indonesia juga dapat saling memantau lokasi terkini anggota keluarganya, serta melihat Tinjauan Keuangan Keluarga.
  4. Fitur Obrolan: Membuat Pekerja Migran Indonesia selalu terkoneksi dengan teman, keluarga, serta grup komunitas yang diikutinya.
Layanan
Layanan Terpopuler
Layanan Legalisasi Dokumen Kemenlu
Dalam rangka meningkatkan kualitas layanan permohonan legalisasi dokumen, Kementerian Luar Negeri RI telah menerapkan prosedur permohonan layanan legalisasi melalui aplikasi berbasis android. Layanan ...
SaPa Kemendagri
SaPa Kemendagri merupakan aplikasi pengaduan dan aspirasi yang dioperasikan oleh Kemendagri. Melalui SaPa, masyarakat dapat membuat pengaduan dan menyatakan aspirasi terhadap layanan yang diberikan ol...
Cara Pasang Sambungan Sementara Listrik PLN
Tak perlu khawatir karena Perusahaan Listrik Negara (PLN) menyediakan layanan penyambungan sementara untuk kebutuhan daya listrik yang besar. ...
Izin Memelihara Hewan Langka
Hewan langka wajib dijaga dan dilestarikan. Secara umum, hal tersebut menjadi perhatian pemerintah melalui Balai Konservasi atau pun Suaka Margasatwa. ...
Call Center Polri 110
Untuk memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan secara mudah, responsif, dan tidak diskriminatif, Polri pun memiliki layanan Call Center Polri 110. ...
Serempak, Seputar Perempuan dan Anak, Kementerian PPPA
Serempak merupakan media interaktif sebagai wadah kerja sama multi-stakeholder dan untuk Meningkatkan akses perempuan pada TIK (teknologi informasi dan komunikasi). ...
Izin Memiliki Senjata
Warga sipil boleh memiliki senjata api (senpi) sebagai alat pertahanan diri. Namun, kepemilikan senjata api ini harus sesuai dengan syarat dan ketentuan yang sudah ditetapkan Kepolisian Republik Indon...
Tarif Preferensi Free Trade Agreement (FTA)
Perjanjian perdagangan tersebut memungkinkan Indonesia untuk memperoleh manfaat dari pemberlakuan tarif preferensi, misalnya untuk menekan biaya produksi sehingga dapat meningkatkan daya saing industr...
Sistem Informasi Pelayanan Publik (SIPP)
Satu dari beberapa bagian penting dalam penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), seperti dikutip dari situs resmi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi (Kem...
Prosedur Pengusulan Gelar Pahlawan Nasional
Gelar pahlawan nasional diberikan kepada warga Negara Indonesia atau seseorang yang berjuang melawan penjajahan di wilayah yang sekarang menjadi wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang gugur a...