Bahasa | English


LAYANAN PLN

Cara Pasang Sambungan Sementara Listrik PLN

11 July 2019, 02:58 WIB

Tak perlu khawatir karena Perusahaan Listrik Negara (PLN) menyediakan layanan penyambungan sementara untuk kebutuhan daya listrik yang besar.


Cara Pasang Sambungan Sementara Listrik PLN Layanan Perusahaan Listrik Negara. Foto: PLN

Adanya pasokan daya listrik sudah menjadi kebutuhan yang tak terelakkan dalam kehidupan sehari-hari.

Hampir dalam semua kegiatan keseharian kita pasti membutuhkan listrik, mulai dari mencuci, menyeterika pakaian, menonton televisi, mengisi daya baterai handphone, laptop, dan untuk kebutuhan lainnya.

Selain untuk kebutuhan rumah tangga, sekolah, perkantoran, dan sebagainya, terkadang ada juga kebutuhan pasokan listrik untuk sementara yang biasanya dayanya lebih besar, melebihi kapasitas yang dimiliki di rumah. Misalnya, untuk kebutuhan acara pesta atau seremoni lainnya yang membutuhkan pasokan daya listrik yang besar.

Namun, Anda tak perlu khawatir karena Perusahaan Listrik Negara (PLN) menyediakan layanan penyambungan sementara untuk kebutuhan daya listrik yang besar.

Sambungan sementara sendiri adalah pemasangan daya listrik dalam waktu sementara waktu atau temporal untuk kegiatan tertentu yang membutuhkan daya listrik lebih besar, misalnya untuk acara pesta, baik pesta ulang tahun, pernikahan, atau kegiatan-kegiatan lainnya yang memerlukan daya listrik berkapasitas tinggi.

Pada praktiknya, sambungan sementara memiliki jangka waktu. Sistem penyambungannya hanya dalam waktu tertentu saja, tidak berkelanjutan.

Terkait hal tersebut, kini pelanggan PLN bisa mengajukan permohonan sambungan sementara, baik secara online maupun datang langsung ke kantor PLN terdekat.

Cara Pasang Sambungan Sementara Listrik secara Online

Seiring dengan perkembangan teknologi, kini PLN pun memberikan layanan secara online bagi pelanggan. Selain untuk sambungan baru dan tambah daya, ada juga layanan online untuk penyambungan sementara. Berikut ini adalah cara-caranya:

  1. Kunjungi situsi www.pln.co.id
  2. Klik bagian Penyambungan Sementara di bagian muka yang tertulis Manfaatkan Layanan Online Kami
  3. Isi formulir permohonan sambungan sementara, mulai dari ID pelanggan, nama, alamat, daya yang dibutuhkan, tanggal mulai, tanggal selesai, hingga masukkan kode chapta.
  4. Setelah mengisi semua informasi dan memproses permohonan, pelanggan akan mendapatkan email konfirmasi yang di dalamnya berisi kode konfirmasi
  5. Masukkan kode konfirmasi tersebut ke laman website PLN Online
  6. Jika kode konfirmasi dianggap valid, permohonan dinyatakan diterima
  7. Selanjutnya, pelanggan akan menerima email yang berisi Surat Izin Penyambungan (SIP) yang berisikan Nomor Agenda dan Nomor Registrasi untuk melakukan pembayaran
  8. Melalui nomor registrasi tersebut, pelanggan melakukan pembayaran di ATM terdekat/bank/loket PLN
  9. Jika pembayaran berhasil diproses, pelanggan nantinya akan harus menandatangani Surat Jual Beli Tenaga Listrik (SJBTL)
  10. Selanjutnya, petugas akan memasang meteran listrik setelah menerima PK dan BA
  11. Petugas akan mengolah data langganan yang menyatakan bahwa pemasangan telah selesai dilakukan.

Terkait biaya, juga ada perhitungan dari situs PLN tersebut, yakni pada kolom isian perhitungan biaya dan hasil pemakaian dan biaya.

Daftar isian formulir bisa Anda cek atau lihat pada tautan berikut ini: https://www.pln.co.id/pelanggan/layanan-online/sambungan-sementara

Selain itu, di situs tersebut, juga ada Simulasi Penyambungan Sementara dengan mengisi peruntukan, jumlah daya, lama haro, bulan pemakaian, pilih simulasi input kWh atau input jam nyala, lalu klik hitung biaya.

Mengenai simulasi, Anda bisa mengeceknya via tautan berikut ini: https://www.pln.co.id/pelanggan/layanan-online/simulasi-tagihan/simulasi-penyambungan-sementara

Cara Pasang Sambungan Sementara Secara Offline

Selain bisa mengajukan permohonan sambungan sementara secara online, pelanggan pun bisa melakukannya dengan cara biasa atau secara offline.

Pelanggan bisa mendatangi kantor PLN terdekat dengan membawa beberapa persyaratan yang dibutuhkan, seperti fotokopi KTP, kartu pelanggan, dan menyiapkan biaya pemasangannya.

Untuk informasi lebih lanjut, pelanggan bisa juga menghubungi call center PLN pada nomor 123.

Terkait cara pembayaran, PLN pun sudah memberi kemudahan kepada pelanggan dengan cara melalui ATM terdekat.

Layanan
Layanan Terpopuler
Cara Bayar Iuran BPJS Kesehatan
BPJS Kesehatan merupakan sarana untuk memperluas kepesertaan program jaminan kesehatan yang mencakup seluruh penduduk Indonesia. Mengenai pelayanan, BPJS Kesehatan pun berusaha menjaga kesinambungan f...
Mengakses APBN
Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Keuangan, terus berupaya untuk transparan dan mengefektifkan penggunaan APBN. Hal itu tecermin dalam kalimat pembuka di situs kementerian terkait, yakni "...
Penerimaan CPNS 2019
Pemerintah Republik Indonesia kembali membuka penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS), baik untuk lingkungan pemerintah pusat maupun daerah. ...
Prosedur Pindah Sekolah dari Luar Negeri bagi WNI
Terkadang, ada situasi yang membuat seseorang yang sebelumnya bersekolah di luar negeri, harus kembali ke Indonesia. Hal yang perlu diperhatikan adalah bagaimana prosedurnya. ...
Cara Mendaftar di LPSE
LPSE singkatan dari Layanan Pengadaan Secara Elektronik. LPSE adalah layanan pengelolaan teknologi informasi untuk memfasilitasi pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa secara elektronik. ...
Aplikasi JAGA KPK
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meluncurkan aplikasi JAGA pada Desember 2016. JAGA adalah aplikasi pencegahan korupsi yang mendorong transparansi penyelenggaraan pelayanan publik dan pengolahan ase...
Prosedur Pengurusan IMB
Sebelum membangun atau merenovasi rumah, pemilik rumah harus mengurus kewajiban berupa izin mendirikan bangunan atau IMB. ...
Prosedur Buka Tabungan dan Pendaftaran Haji Kemenag
Membuka rekening tabungan haji jadi salah satu hal yang banyak dipilih orang untuk mewujudkan impian beribadah ke Tanah Suci. ...
Prosedur Pengurusan Izin Usaha Makanan
PIRT adalah izin jaminan usaha makanan atau minuman rumahan yang dijual memenuhi standar keamanan makanan atau izin edar produk pangan olahan yang diproduksi oleh UKM untuk dipasarkan secara lokal. ...
Mengurus Paspor Hilang
Jika paspor Anda hilang saat Anda masih berada di Indonesia, Anda dapat mengajukan permohonan pembuatan paspor baru dengan proses yang hampir sama dengan pembuatan paspor baru atau penggantian paspor ...