Bahasa | English


LAYANAN PLN

Cara Pasang Sambungan Sementara Listrik PLN

11 July 2019, 02:58 WIB

Tak perlu khawatir karena Perusahaan Listrik Negara (PLN) menyediakan layanan penyambungan sementara untuk kebutuhan daya listrik yang besar.


Cara Pasang Sambungan Sementara Listrik PLN Layanan Perusahaan Listrik Negara. Foto: PLN

Adanya pasokan daya listrik sudah menjadi kebutuhan yang tak terelakkan dalam kehidupan sehari-hari.

Hampir dalam semua kegiatan keseharian kita pasti membutuhkan listrik, mulai dari mencuci, menyeterika pakaian, menonton televisi, mengisi daya baterai handphone, laptop, dan untuk kebutuhan lainnya.

Selain untuk kebutuhan rumah tangga, sekolah, perkantoran, dan sebagainya, terkadang ada juga kebutuhan pasokan listrik untuk sementara yang biasanya dayanya lebih besar, melebihi kapasitas yang dimiliki di rumah. Misalnya, untuk kebutuhan acara pesta atau seremoni lainnya yang membutuhkan pasokan daya listrik yang besar.

Namun, Anda tak perlu khawatir karena Perusahaan Listrik Negara (PLN) menyediakan layanan penyambungan sementara untuk kebutuhan daya listrik yang besar.

Sambungan sementara sendiri adalah pemasangan daya listrik dalam waktu sementara waktu atau temporal untuk kegiatan tertentu yang membutuhkan daya listrik lebih besar, misalnya untuk acara pesta, baik pesta ulang tahun, pernikahan, atau kegiatan-kegiatan lainnya yang memerlukan daya listrik berkapasitas tinggi.

Pada praktiknya, sambungan sementara memiliki jangka waktu. Sistem penyambungannya hanya dalam waktu tertentu saja, tidak berkelanjutan.

Terkait hal tersebut, kini pelanggan PLN bisa mengajukan permohonan sambungan sementara, baik secara online maupun datang langsung ke kantor PLN terdekat.

Cara Pasang Sambungan Sementara Listrik secara Online

Seiring dengan perkembangan teknologi, kini PLN pun memberikan layanan secara online bagi pelanggan. Selain untuk sambungan baru dan tambah daya, ada juga layanan online untuk penyambungan sementara. Berikut ini adalah cara-caranya:

  1. Kunjungi situsi www.pln.co.id
  2. Klik bagian Penyambungan Sementara di bagian muka yang tertulis Manfaatkan Layanan Online Kami
  3. Isi formulir permohonan sambungan sementara, mulai dari ID pelanggan, nama, alamat, daya yang dibutuhkan, tanggal mulai, tanggal selesai, hingga masukkan kode chapta.
  4. Setelah mengisi semua informasi dan memproses permohonan, pelanggan akan mendapatkan email konfirmasi yang di dalamnya berisi kode konfirmasi
  5. Masukkan kode konfirmasi tersebut ke laman website PLN Online
  6. Jika kode konfirmasi dianggap valid, permohonan dinyatakan diterima
  7. Selanjutnya, pelanggan akan menerima email yang berisi Surat Izin Penyambungan (SIP) yang berisikan Nomor Agenda dan Nomor Registrasi untuk melakukan pembayaran
  8. Melalui nomor registrasi tersebut, pelanggan melakukan pembayaran di ATM terdekat/bank/loket PLN
  9. Jika pembayaran berhasil diproses, pelanggan nantinya akan harus menandatangani Surat Jual Beli Tenaga Listrik (SJBTL)
  10. Selanjutnya, petugas akan memasang meteran listrik setelah menerima PK dan BA
  11. Petugas akan mengolah data langganan yang menyatakan bahwa pemasangan telah selesai dilakukan.

Terkait biaya, juga ada perhitungan dari situs PLN tersebut, yakni pada kolom isian perhitungan biaya dan hasil pemakaian dan biaya.

Daftar isian formulir bisa Anda cek atau lihat pada tautan berikut ini: https://www.pln.co.id/pelanggan/layanan-online/sambungan-sementara

Selain itu, di situs tersebut, juga ada Simulasi Penyambungan Sementara dengan mengisi peruntukan, jumlah daya, lama haro, bulan pemakaian, pilih simulasi input kWh atau input jam nyala, lalu klik hitung biaya.

Mengenai simulasi, Anda bisa mengeceknya via tautan berikut ini: https://www.pln.co.id/pelanggan/layanan-online/simulasi-tagihan/simulasi-penyambungan-sementara

Cara Pasang Sambungan Sementara Secara Offline

Selain bisa mengajukan permohonan sambungan sementara secara online, pelanggan pun bisa melakukannya dengan cara biasa atau secara offline.

Pelanggan bisa mendatangi kantor PLN terdekat dengan membawa beberapa persyaratan yang dibutuhkan, seperti fotokopi KTP, kartu pelanggan, dan menyiapkan biaya pemasangannya.

Untuk informasi lebih lanjut, pelanggan bisa juga menghubungi call center PLN pada nomor 123.

Terkait cara pembayaran, PLN pun sudah memberi kemudahan kepada pelanggan dengan cara melalui ATM terdekat.

Layanan
Layanan Terpopuler
Layanan Legalisasi Dokumen Kemenlu
Dalam rangka meningkatkan kualitas layanan permohonan legalisasi dokumen, Kementerian Luar Negeri RI telah menerapkan prosedur permohonan layanan legalisasi melalui aplikasi berbasis android. Layanan ...
SaPa Kemendagri
SaPa Kemendagri merupakan aplikasi pengaduan dan aspirasi yang dioperasikan oleh Kemendagri. Melalui SaPa, masyarakat dapat membuat pengaduan dan menyatakan aspirasi terhadap layanan yang diberikan ol...
Cara Pasang Sambungan Sementara Listrik PLN
Tak perlu khawatir karena Perusahaan Listrik Negara (PLN) menyediakan layanan penyambungan sementara untuk kebutuhan daya listrik yang besar. ...
Izin Memelihara Hewan Langka
Hewan langka wajib dijaga dan dilestarikan. Secara umum, hal tersebut menjadi perhatian pemerintah melalui Balai Konservasi atau pun Suaka Margasatwa. ...
Call Center Polri 110
Untuk memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan secara mudah, responsif, dan tidak diskriminatif, Polri pun memiliki layanan Call Center Polri 110. ...
Serempak, Seputar Perempuan dan Anak, Kementerian PPPA
Serempak merupakan media interaktif sebagai wadah kerja sama multi-stakeholder dan untuk Meningkatkan akses perempuan pada TIK (teknologi informasi dan komunikasi). ...
Izin Memiliki Senjata
Warga sipil boleh memiliki senjata api (senpi) sebagai alat pertahanan diri. Namun, kepemilikan senjata api ini harus sesuai dengan syarat dan ketentuan yang sudah ditetapkan Kepolisian Republik Indon...
Tarif Preferensi Free Trade Agreement (FTA)
Perjanjian perdagangan tersebut memungkinkan Indonesia untuk memperoleh manfaat dari pemberlakuan tarif preferensi, misalnya untuk menekan biaya produksi sehingga dapat meningkatkan daya saing industr...
Sistem Informasi Pelayanan Publik (SIPP)
Satu dari beberapa bagian penting dalam penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), seperti dikutip dari situs resmi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi (Kem...
Prosedur Pengusulan Gelar Pahlawan Nasional
Gelar pahlawan nasional diberikan kepada warga Negara Indonesia atau seseorang yang berjuang melawan penjajahan di wilayah yang sekarang menjadi wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang gugur a...