Bahasa | English


PENGADUAN BPOM

Cara Mengecek Produk yang Ditarik dan Melakukan Pengaduan ke BPOM

1 May 2019, 16:47 WIB

Dalam kehidupan sehari-hari, terdapat ragam pilihan produk, baik obat maupun makanan, yang beredar di tengah masyarakat. Untuk keamanan dan layak edar, tentu suatu produk harus mengikuti standar yang telah ditetapkan pemerintah, dalam hal ini Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).


Cara Mengecek Produk yang Ditarik dan Melakukan Pengaduan ke BPOM Logo Badan POM. Sumber: pom.go.id

Berdasarkan Pasal 2 pada Peraturan Presiden Nomor 80 Tahun 2017, BPOM mempunyai tugas menyelenggarakan tugas pemerintahan di bidang pengawasan obat dan makanan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Obat dan makanan sebagaimana dimaksud terdiri atas obat, bahan obat, narkotika, psikotropika, prekursor, zat adiktif, obat tradisional, suplemen kesehatan, kosmetik, dan pangan olahan.

Dalam melaksanakan tugasnya itu, BPOM pun memiliki kewenangan yang telah diatur dalam Pasal 4 pada Peraturan Presiden Nomor 80 Tahun 2017 tentang Badan Pengawas Obat dan Makanan.

Kewenangan itu mencakup menerbitkan izin edar produk dan sertifikat sesuai dengan standar dan persyaratan keamanan, khasiat/manfaat dan mutu serta pengujian obat dan makanan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Selain itu, BPOM pun melakukan intelijen dan penyidikan di bidang pengawasan obat dan makanan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dan memberi sanksi administratif sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Dalam praktiknya, setelah melalui pengkajian dan penelitian BPOM bisa menarik produk, yang tidak memenuhi berbagai standar, dari pasaran. Hal itu dilakukan untuk menjaga masyarakat dari produk-produk yang berbahaya.

Sebagai masyarakat, baik dari sisi konsumen maupun produsen, kita dapat mengecek produk-produk apa saja yang telah ditarik sehingga bisa terhindar dari hal yang tak diinginkan. Selain itu, kita juga bisa melakukan pengaduan jika mengalami masalah atau kendala terkait produk yang digunakan/dikonsumsi.

Berikut ini cara untuk mengecek produk-produk yang ditarik oleh BPOM dan melakukan pengaduan kepada instansi yang bersangkutan.

Cara Mengecek Produk yang Ditarik BPOM via situs resmi

  1. Kunjungi situs resmi dari BPOM, yakni www.pom.go.id
  2. Klik bagian Daftar Produk
  3. Pada bagian Daftar Produk, klik bagian "Produk Ditarik"
  4. Setelah masuk di bagian "Produk Ditarik", akan ada bagian Produk, Anda bisa memilih pencarian yang dikehendaki, mulai dari obat hingga pangan
  5. Terdapat kolom pencarian. Pada kolom ini, Anda bisa memilih dengan menggunakan nomor registrasi, nama produk, merek, hingga NPWP pendaftar.

Jika sudah menentukan apa yang dimaksud, tinggal klik, nanti akan muncul produk-produk yang ditarik oleh BPOM, yang disertai alasan mengapa produk tersebut ditarik dari pasaran.

Cara Mengecek Produk yang Ditarik BPOM via Aplikasi CEK BPOM

Cara Download Cek BPOM Android

  • Kunjungi website Badan POM, kemudian klik icon Google Play
  • pada bagian atas website
  • Kunjungi Google Play, lakukan pencarian dengan keyword: Cek BPOM, Web Reg atau Data Teregistrasi
  • Kunjungi Alamat Download: https://play.google.com/store/apps/details?id=bpom.webreg&hl=en

Cara Penggunaan Aplikasi CEK BPOM

1. Buka Aplikasi CEK BPOM yang telah terinstall pada smartphone/tablet Anda dengan mengklik icon CEK BPOM.*

*Catatan:

  1. Pastikan aplikasi CEK BPOM telah terinstall di smartphone/tablet Anda
  2. Pilihlah kategori kata kunci yang akan Anda masukkan
  3. Masukkan kata kunci yang Anda maksud pada kolom yang telah tersedia.
  4. Tekan tombol CARI. Jika kata kunci yang Anda masukkan sesuai dengan salah satu produk yang terdaftar di Badan POM, aplikasi akan memberikan output yang sesuai.
  5. Jika kata kunci yang Anda masukkan tidak sesuai dengan data produk yang terdaftar di Badan POM, aplikasi akan memunculkan pesan peringatan “Data Tidak Ditemukan”.

Tips

1. Kata Kunci Pencarian bisa dimasukkan sebagian huruf dan/atau angkanya saja tanpa perlu dimasukkan secara lengkap.

2. Khusus untuk Kategori Pencarian berdasarkan Nomor Registrasi, Kata Kunci Pencarian bisa dimasukkan sebagian huruf dan/atau angkanya saja tanpa tanda titik dan spasi.

Cara Melaporkan Pengaduan ke BPOM

  1. Kunjungi situs resmi dari BPOM, yakni www.pom.go.id
  2. Klik bagian Layanan Online
  3. Klik bagian Layanan Pengaduan Konsumen
  4. Setelah itu, akan muncul keterangan terkait Layanan Pengaduan Konsumen yang mencakup hal berikut:

Cara menyampaikan pengaduan maupun permintaan informasi ke BPOM dapat dilakukan dengan menghubungi Contact Center Halo BPOM

  1. Telepon          : 1500533              
  2. SMS     : 081.21.9999.533
  3. Faksimili: 021-4263333
  4. Email   : halobpom@pom.go.id
  5. Twitter           : @HaloBPOM1500533
  6. Instagram : Halo BPOM 1500533

Atau

  1. Datang langsung (walk-in) dan alamat surat ke: Unit Layanan Pengaduan Konsumen Badan Pengawas Obat dan Makanan RI Gedung A Lantai 1 Jln. Percetakan Negara No. 23 Jakarta Pusat 10560
  2. Atau dapat menghubungi Unit Layanan Pengaduan Konsumen di Balai Besar/Balai POM di seluruh Indonesia. Daftar Alamat Balai POM.
Layanan
Layanan Terpopuler
Cara Bayar Iuran BPJS Kesehatan
BPJS Kesehatan merupakan sarana untuk memperluas kepesertaan program jaminan kesehatan yang mencakup seluruh penduduk Indonesia. Mengenai pelayanan, BPJS Kesehatan pun berusaha menjaga kesinambungan f...
Mengakses APBN
Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Keuangan, terus berupaya untuk transparan dan mengefektifkan penggunaan APBN. Hal itu tecermin dalam kalimat pembuka di situs kementerian terkait, yakni "...
Penerimaan CPNS 2019
Pemerintah Republik Indonesia kembali membuka penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS), baik untuk lingkungan pemerintah pusat maupun daerah. ...
Prosedur Pindah Sekolah dari Luar Negeri bagi WNI
Terkadang, ada situasi yang membuat seseorang yang sebelumnya bersekolah di luar negeri, harus kembali ke Indonesia. Hal yang perlu diperhatikan adalah bagaimana prosedurnya. ...
Cara Mendaftar di LPSE
LPSE singkatan dari Layanan Pengadaan Secara Elektronik. LPSE adalah layanan pengelolaan teknologi informasi untuk memfasilitasi pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa secara elektronik. ...
Aplikasi JAGA KPK
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meluncurkan aplikasi JAGA pada Desember 2016. JAGA adalah aplikasi pencegahan korupsi yang mendorong transparansi penyelenggaraan pelayanan publik dan pengolahan ase...
Prosedur Pengurusan IMB
Sebelum membangun atau merenovasi rumah, pemilik rumah harus mengurus kewajiban berupa izin mendirikan bangunan atau IMB. ...
Prosedur Buka Tabungan dan Pendaftaran Haji Kemenag
Membuka rekening tabungan haji jadi salah satu hal yang banyak dipilih orang untuk mewujudkan impian beribadah ke Tanah Suci. ...
Prosedur Pengurusan Izin Usaha Makanan
PIRT adalah izin jaminan usaha makanan atau minuman rumahan yang dijual memenuhi standar keamanan makanan atau izin edar produk pangan olahan yang diproduksi oleh UKM untuk dipasarkan secara lokal. ...
Mengurus Paspor Hilang
Jika paspor Anda hilang saat Anda masih berada di Indonesia, Anda dapat mengajukan permohonan pembuatan paspor baru dengan proses yang hampir sama dengan pembuatan paspor baru atau penggantian paspor ...