Lokasi Kamu : (Showing) Jakarta Kota
Bahasa | English


PENGADUAN BPOM

Cara Mengecek Produk yang Ditarik dan Melakukan Pengaduan ke BPOM

1 May 2019, 16:47 WIB

Dalam kehidupan sehari-hari, terdapat ragam pilihan produk, baik obat maupun makanan, yang beredar di tengah masyarakat. Untuk keamanan dan layak edar, tentu suatu produk harus mengikuti standar yang telah ditetapkan pemerintah, dalam hal ini Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).


Cara Mengecek Produk yang Ditarik dan Melakukan Pengaduan ke BPOM Logo Badan POM. Sumber: pom.go.id

Berdasarkan Pasal 2 pada Peraturan Presiden Nomor 80 Tahun 2017, BPOM mempunyai tugas menyelenggarakan tugas pemerintahan di bidang pengawasan obat dan makanan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan. Obat dan makanan sebagaimana dimaksud terdiri atas obat, bahan obat, narkotika, psikotropika, prekursor, zat adiktif, obat tradisional, suplemen kesehatan, kosmetik, dan pangan olahan.

Dalam melaksanakan tugasnya itu, BPOM pun memiliki kewenangan yang telah diatur dalam Pasal 4 pada Peraturan Presiden Nomor 80 Tahun 2017 tentang Badan Pengawas Obat dan Makanan.

Kewenangan itu mencakup menerbitkan izin edar produk dan sertifikat sesuai dengan standar dan persyaratan keamanan, khasiat/manfaat dan mutu serta pengujian obat dan makanan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Selain itu, BPOM pun melakukan intelijen dan penyidikan di bidang pengawasan obat dan makanan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan dan memberi sanksi administratif sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Dalam praktiknya, setelah melalui pengkajian dan penelitian BPOM bisa menarik produk, yang tidak memenuhi berbagai standar, dari pasaran. Hal itu dilakukan untuk menjaga masyarakat dari produk-produk yang berbahaya.

Sebagai masyarakat, baik dari sisi konsumen maupun produsen, kita dapat mengecek produk-produk apa saja yang telah ditarik sehingga bisa terhindar dari hal yang tak diinginkan. Selain itu, kita juga bisa melakukan pengaduan jika mengalami masalah atau kendala terkait produk yang digunakan/dikonsumsi.

Berikut ini cara untuk mengecek produk-produk yang ditarik oleh BPOM dan melakukan pengaduan kepada instansi yang bersangkutan.

Cara Mengecek Produk yang Ditarik BPOM via situs resmi

  1. Kunjungi situs resmi dari BPOM, yakni www.pom.go.id
  2. Klik bagian Daftar Produk
  3. Pada bagian Daftar Produk, klik bagian "Produk Ditarik"
  4. Setelah masuk di bagian "Produk Ditarik", akan ada bagian Produk, Anda bisa memilih pencarian yang dikehendaki, mulai dari obat hingga pangan
  5. Terdapat kolom pencarian. Pada kolom ini, Anda bisa memilih dengan menggunakan nomor registrasi, nama produk, merek, hingga NPWP pendaftar.

Jika sudah menentukan apa yang dimaksud, tinggal klik, nanti akan muncul produk-produk yang ditarik oleh BPOM, yang disertai alasan mengapa produk tersebut ditarik dari pasaran.

Cara Mengecek Produk yang Ditarik BPOM via Aplikasi CEK BPOM

Cara Download Cek BPOM Android

  • Kunjungi website Badan POM, kemudian klik icon Google Play
  • pada bagian atas website
  • Kunjungi Google Play, lakukan pencarian dengan keyword: Cek BPOM, Web Reg atau Data Teregistrasi
  • Kunjungi Alamat Download: https://play.google.com/store/apps/details?id=bpom.webreg&hl=en

Cara Penggunaan Aplikasi CEK BPOM

1. Buka Aplikasi CEK BPOM yang telah terinstall pada smartphone/tablet Anda dengan mengklik icon CEK BPOM.*

*Catatan:

  1. Pastikan aplikasi CEK BPOM telah terinstall di smartphone/tablet Anda
  2. Pilihlah kategori kata kunci yang akan Anda masukkan
  3. Masukkan kata kunci yang Anda maksud pada kolom yang telah tersedia.
  4. Tekan tombol CARI. Jika kata kunci yang Anda masukkan sesuai dengan salah satu produk yang terdaftar di Badan POM, aplikasi akan memberikan output yang sesuai.
  5. Jika kata kunci yang Anda masukkan tidak sesuai dengan data produk yang terdaftar di Badan POM, aplikasi akan memunculkan pesan peringatan “Data Tidak Ditemukan”.

Tips

1. Kata Kunci Pencarian bisa dimasukkan sebagian huruf dan/atau angkanya saja tanpa perlu dimasukkan secara lengkap.

2. Khusus untuk Kategori Pencarian berdasarkan Nomor Registrasi, Kata Kunci Pencarian bisa dimasukkan sebagian huruf dan/atau angkanya saja tanpa tanda titik dan spasi.

Cara Melaporkan Pengaduan ke BPOM

  1. Kunjungi situs resmi dari BPOM, yakni www.pom.go.id
  2. Klik bagian Layanan Online
  3. Klik bagian Layanan Pengaduan Konsumen
  4. Setelah itu, akan muncul keterangan terkait Layanan Pengaduan Konsumen yang mencakup hal berikut:

Cara menyampaikan pengaduan maupun permintaan informasi ke BPOM dapat dilakukan dengan menghubungi Contact Center Halo BPOM

  1. Telepon          : 1500533              
  2. SMS     : 081.21.9999.533
  3. Faksimili: 021-4263333
  4. Email   : halobpom@pom.go.id
  5. Twitter           : @HaloBPOM1500533
  6. Instagram : Halo BPOM 1500533

Atau

  1. Datang langsung (walk-in) dan alamat surat ke: Unit Layanan Pengaduan Konsumen Badan Pengawas Obat dan Makanan RI Gedung A Lantai 1 Jln. Percetakan Negara No. 23 Jakarta Pusat 10560
  2. Atau dapat menghubungi Unit Layanan Pengaduan Konsumen di Balai Besar/Balai POM di seluruh Indonesia. Daftar Alamat Balai POM.
Layanan
Layanan Terpopuler
Layanan Legalisasi Dokumen Kemenlu
Dalam rangka meningkatkan kualitas layanan permohonan legalisasi dokumen, Kementerian Luar Negeri RI telah menerapkan prosedur permohonan layanan legalisasi melalui aplikasi berbasis android. Layanan ...
SaPa Kemendagri
SaPa Kemendagri merupakan aplikasi pengaduan dan aspirasi yang dioperasikan oleh Kemendagri. Melalui SaPa, masyarakat dapat membuat pengaduan dan menyatakan aspirasi terhadap layanan yang diberikan ol...
Cara Pasang Sambungan Sementara Listrik PLN
Tak perlu khawatir karena Perusahaan Listrik Negara (PLN) menyediakan layanan penyambungan sementara untuk kebutuhan daya listrik yang besar. ...
Izin Memelihara Hewan Langka
Hewan langka wajib dijaga dan dilestarikan. Secara umum, hal tersebut menjadi perhatian pemerintah melalui Balai Konservasi atau pun Suaka Margasatwa. ...
Call Center Polri 110
Untuk memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan secara mudah, responsif, dan tidak diskriminatif, Polri pun memiliki layanan Call Center Polri 110. ...
Serempak, Seputar Perempuan dan Anak, Kementerian PPPA
Serempak merupakan media interaktif sebagai wadah kerja sama multi-stakeholder dan untuk Meningkatkan akses perempuan pada TIK (teknologi informasi dan komunikasi). ...
Izin Memiliki Senjata
Warga sipil boleh memiliki senjata api (senpi) sebagai alat pertahanan diri. Namun, kepemilikan senjata api ini harus sesuai dengan syarat dan ketentuan yang sudah ditetapkan Kepolisian Republik Indon...
Tarif Preferensi Free Trade Agreement (FTA)
Perjanjian perdagangan tersebut memungkinkan Indonesia untuk memperoleh manfaat dari pemberlakuan tarif preferensi, misalnya untuk menekan biaya produksi sehingga dapat meningkatkan daya saing industr...
Sistem Informasi Pelayanan Publik (SIPP)
Satu dari beberapa bagian penting dalam penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), seperti dikutip dari situs resmi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokasi (Kem...
Prosedur Pengusulan Gelar Pahlawan Nasional
Gelar pahlawan nasional diberikan kepada warga Negara Indonesia atau seseorang yang berjuang melawan penjajahan di wilayah yang sekarang menjadi wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang gugur a...