Bahasa | English


PENYETARAAN IJAZAH

Prosedur Penyetaraan Ijazah Pendidikan Tinggi Luar Negeri

14 March 2019, 16:02 WIB

Penyetaraan ijazah bukan dimaksudkan untuk menentukan diakui atau tidaknya ijazah dan gelar yang diperoleh seseorang dalam menempuh pendidikannya di luar negeri.


Prosedur Penyetaraan Ijazah Pendidikan Tinggi Luar Negeri Ilustrasi. Sumber foto: Istimewa

Akan tetapi lebih kepada menentukan gelar yang diperoleh tersebut setara dengan ijazah jenjang pendidikan yang berlaku di Indonesia. Penyetaraan ijazah ini bukan merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan oleh para lulusan luar negeri, kecuali disyaratkan oleh tempat kerjanya atau pengguna lulusan perguruan tinggi luar negeri.

Beberapa hal yang penting untuk dilihat prosesnya dalam penyetaraan antara lain: sistem akademik, jumlah kredit yang diambil, masa studi, kualitas tugas akhir, masa tinggal di tempat dimana pendidikan tersebut ditempuh

Berikut ini, persyaratan dan alur proses penyetaraan ijazah perguruan tinggi luar negeri yang ada di Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi:

Persyaratan Wajib:

  • Scan Ijazah asli dan berwarna. Jika tidak dalam Bahasa Inggris, wajib dilengkapi dengan scan terjemahan ijazah asli dan berwarna oleh penerjemah tersumpah dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
  • Scan transkrip akademik asli dan berwarna. Jika tidak dalam Bahasa Inggris, wajib dilengkapi dengan scan terjemahan transkrip akademik asli dan berwarna oleh penerjemah tersumpah dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.
  • Scan seluruh halaman passport, termasuk halaman kosongnya yang digunakan selama masa studi, disusun berdasarkan nomor halaman dalam satu file. Bagi lulusan program research based dan program sandwich, visa studi dapat diganti dengan visa kunjungan.
  • Scan Ijazah asli jenjang pendidikan sebelumnya atau SK penyetaraan jenjang pendidikan sebelumnya.
  • Informasi mengenai program yang diambil (kurikulum dan silabus)

Persyaratan Khusus:

  • Disertasi lengkap bagi jenjang doktoral
  • Tesis lengkap bagi jenjang master dengan riset
  • CDGDC dalam Bahasa Inggris oleh penerjemah tersumpah bagi lulusan dari negara Cina
  • Artikel ilmiah yang dimuat di jurnal internasional bagi jenjang doktor atau minimal dimuat pada proceeding bagi lulusan program master dengan riset atau surat keterangan dari perguruan tinggi apabila program tersebut tidak mensyaratkan publikasi artikel ilmiah

Persyaratan Tambahan

Merupakan persyaratan yang dapat diminta sewaktu-waktu jika diperlukan, meliputi:

  • Progress report yang ditandatangani penyelia yang berisi catatan-catatan pada saat melakukan bimbingan selama riset
  • Surat tugas belajar yang dikeluarkan oleh sekretariat negara bagi PNS
  • Bagi lulusan program double degree wajib melampirkan ijazah dan transkrip akademik perguruan tinggi dalam negeri pada program studi yang ditempuh dan dokumen MoU antar perguruan tinggi
  • Bagi lulusan program joint degree wajib melampirkan dokumen MoU antar perguruan tinggi
  • Bagi pemohon yang perguruan tingginya belum terdaftar dalam aplikasi penyetaraan ijazah, wajib melampirkan surat pengakuan terhadap perguruan tinggi tersebut dari pemerintah setempat atau badan akreditasi atau kantor perwakilan RI setempat
  • Bagi pemohon yang memperoleh ijazah melalui program daring, dapat dipertimbangkan untuk disetarakan apabila perguruan tinggi penyelenggara bereputasi tinggi dan program daring tersebut diakui oleh pemerintah setempat sebagai program pendidikan formal yang sah
  • Kronologi proses pembelajaran dari universitas yang bersangkutan dan surat keterangan full time student
  • Resident card atau resident permit
  • Kartu mahasiswa
  • Apabila paspor dan visa hilang, wajib melampirkan: surat keterangan hilang dari kepolisian, surat keterangan dari universitas yang menerangkan bahwa pemohon pernah melakukan studi dan lulus dari universitas tersebut, dan surat keterangan dari KBRI yang menerangkan bahwa pemohon pernah tinggal dan studi di negara tersebut.

Alur Proses

  • Buat akun IjazahLN dan isi data pribadi pengusul. Pastikan data diisi dengan benar dan lengkap.
  • Pengusul melampirkan data dan/atau dokumen yang dipersyaratkan. Pastikan data dan/atau dokumen yang dilampirkan benar dan sesuai dengan ketentuan
  • Tim Verifikator memeriksa data dan/atau dokumen yang dilampirkan Pengusul. Proses ini memerlukan waktu sekitar 10 hari kerja.
  • Pengusul mengambil SK yang telah selesai diproses dengan datang langsung ke Kemenristekdikti atau dapat diwakilkan dengan menyertakan surat kuasa bagi yang mewakili
Ekonomi
Layanan
Sosial
Layanan Terpopuler
Syarat dan Ketentuan Menurunkan Kelas Rawat BPJS Kesehatan
Iuran program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) disesuaikan sejak 1 Januari 2020 berdasarkan Peraturan Presiden No.75/2019. Jumlah peserta mandiri Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan ke...
Cara Registrasi ISBN untuk Penerbit Baru
ISBN berfungsi sebagai identitas sebuah buku yang akan diterbitkan. Selain itu, ISBN juga bisa menjadi bukti bahwa penerbit merupakan perusahaan sah dan terverifikasi. ...
Cara Mengurus Kartu BPJS yang Hilang
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) adalah layanan kesehatan yang wajib dimiliki oleh Warga Negara Indonesia. ...
e-Layanan Dikdasmen Kemendikbud untuk Siswa dari Luar Negeri
Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Dikdasmen) telah membuatkan layanan yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan para peserta didik dalam pelayanan izin belajar dan penyetaraan ij...
Satpam Mantap, Aplikasi Tindak Kejahatan Khusus Satpam
Aplikasi Satpam Mantap ini mendata anggota satpam yang sudah terlatih dan mempunyai sertifikat. Selain itu, melalui aplikasi ini kedekatan antara Polri dan satpam akan semakin dekat. ...
Aplikasi SIPUKAT Memetakan Kawasan Transmigrasi
Pada 11 Oktober 2019 Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi meluncurkan aplikasi SIPUKAT (Sistem Informasi Peta Terpadu Kawasan Transmigrasi). ...
Cara Mengurus Surat Pindah Domisili
Pengurusan surat pindah ini bertujuan untuk memperbarui database di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) serta mengganti data di Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) mil...
Cara Mendaftar SINTA Kemenristek untuk Publikasi Jurnal dan Karya Ilmiah
Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) meluncurkan aplikasi bernama SINTA alias Science and Technology Index. ...
Cara Pasang Sambungan Listrik Baru PLN dan Biayanya
Saat ini sudah banyak orang yang beralih menggunakan listrik prabayar yang dikeluarkan oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN). ...
Cara Mengecek Keaslian BPKB dan STNK Kendaraan Bermotor
Membeli kendaraan bekas harus memperhatikan kelengkapan dan keaslian surat-surat seperti Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). ...