Bahasa | English


APLIKASI CIS

Aplikasi CIS SMEsCO untuk UMKM

28 May 2019, 00:00 WIB

PLUT-KUMKM adalah Program Kementerian Koperasi dan UKM yang menyediakan jasa-jasa non-finansial secara menyeluruh dan terintegrasi.


Aplikasi CIS SMEsCO untuk UMKM Manajemen CIS nasional. Sumber foto: Istimewa

Bagi anda yang sedang menjalankan usaha ataupun sedang merintis usaha, manfaatkanlah fasilitas dari pemerintah yang diberikan kepada para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Fasilitas tersebut adalah Pusat Layananan Usaha Terpadu Koperasi dan UMKM atau yang disingkat dengan PLUT-KUMKM.

PLUT-KUMKM adalah Program Kementerian Koperasi dan UKM yang menyediakan jasa-jasa non-finansial secara menyeluruh dan terintegrasi bagi koperasi, usaha mikro, kecil, dan menengah dalam upaya meningkatkan kinerja produksi, kinerja pemasaran, akses pembiayaan, pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui peningkatan kapasitas kewirausahaan, teknis, manajerial, dan kinerja kelembagaan dalam rangka meningkatkan daya saing KUMKM.

Pada 2017, Kementerian Koperasi dan UKM juga sudah meluncurkan aplikasi Pusat Layanan Usaha Terpadu KUMKM atau Center for Integrated Services Small and Medium Enterprises and Cooperatives (CIS SMEsCO) berbasis android. Aplikasi tersebut nantinya akan menjadi pusat layanan informasi bagi pelaku KUKM.

Aplikasi dapat diunduh melalui google play ataupun bisa diakses langsung melalui www.manajemen.cis-nasional.id. Beberapa layanan yang tersedia di aplikasi tersebut antara lain: konsultasi online dan informasi pasar. Melalui smartphone, KUMKM di seluruh penjuru tanah air bisa melakukan konsultasi langsung dengan PLUT–KUMKM terdekat.

Cara untuk menikmati layanan CIS SMEsCO adalah pertama-tama dengan membuat akun terlebih dahulu. Akun tersebut yang nantinya digunakan untuk login dan mengakses fitur-fitur CIS SMEsCO. Anda bisa memanfaatkan pendampingan yang disediakan oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menkop). Ada lima jenis pendampingan yang bisa dimanfaatkan oleh pelaku KUMKM yakni Kelembagaan, Sumber Daya Manusia (SDM), Produksi, Pembiayaan, dan Pemasaran.

Pemanfaatan teknologi CIS SMEsCO juga mewujudkan 3GO yang dicanangkan Kemenkop untuk membuat “UMKM Naik Kelas”. Ketiga GO tersebut adalah GO Modern, GO Global, dan GO Digital. Selain itu, database yang didapatkan dari aplikasi CIS SMEsCO juga bisa menjadi bahan evaluasi pemerintah untuk meningkatkan geliat sektor UMKM.

Selain itu, pendampingan melalui PLUT-KUMKM bertujuan memberikan layanan jasa nonfinansial sebagai solusi atas permasalahan KUMKM dalam rangka meningkatkan produktivitas, nilai tambah, kualitas kerja, dan daya saing KUMKM, melalui pendampingan bidang kelembagaan, Sumber Daya Manusia, produksi, pembiayaan, dan pemasaran di wilayah Provinsi/Kabupaten/Kota.

Sasaran PLUT-KUMKM CIS SMEsCO:

  1. meningkatkan kualitas kerja Koperasi dan UMKM;
  2. meningkatkan kompetensi SDM Koperasi dan UMKM;
  3. meningkatkan produktivitas potensi unggulan daerah yang dikembangkan oleh Koperasi dan UKM.
  4. meningkatkan akses pembiayaan Koperasi dan UMKM melalui lembaga Keuangan Bank dan non-Bank.
  5. meningkatkan jaringan usaha dan kemitraan Koperasi dan UKM.

Ruang Lingkup PLUT-KUMKM CIS SMEsCO:

Untuk mewujudkan tujuan, pengelolaan PLUT-KUMKM memiliki 7 layanan minimum, meliputi:

  1. Konsultasi Bisnis,
  2. Pendampingan atau mentor bisnis,
  3. Promosi atau pemasaran, IT dan E-Commerce
  4. Akses ke sumber pembiayaan,
  5. Pelatihan bisnis,
  6. Networking dan Kemitraan Usaha
  7. Bahan Proposal KUMKM
  8. Layanan pustaka entrepreneur.

Layanan Pendampingan PLUT-KUMKM CIS SMEsCO:

Layanan Pendampingan dilakukan oleh para Konsultan Pendamping yang direkrut melalui kerjasama dengan Pihak Independen. Dalam melakukan perannya, Konsultan Pendamping bertugas di bidang masing-masing yaitu:

  1. Bidang Kelembagaan, meliputi: pembentukan dan pemantapan kelembagaan Koperasi dan UMKM, fasilitasi legalitas, penguatan sentra UKM/Klaster/kawasan, pendataan, pendaftaran dan perijinan KUMKM, advokasi perlindungan KUMKM;
  2. Bidang Sumber Daya Manusia (SDM), meliputi: pelatihan perkoperasian, kewirausahaan dan magang;
  3. Bidang Produksi, meliputi: akses bahan baku, pengembangan produk (peningkatan kualitas, desain, merek, dan kemasan), diversifikasi produk,standarisasi dan sertifikasi produk, dan aplikasi teknologi;
  4. Bidang Pembiayaan, meliputi: penyusunan rencana bisnis, proposal usaha, fasilitas dan mediasi ke lembaga keuangan Bank dan non-Bank, pengelolaan keuangan dan advokasi permodalan;
  5. Bidang Pemasaran, meliputi: informasi pasar, promosi, peningkatan akses pasar, pengembangan jaringan pemasaran dan kemitraan, pemanfaatan IT (e-commerce), serta pengembangan database yang terkait pengembangan KUMKM;
  6. Bidang Pengembangan IT (khusus di PLUT-KUMKM tingkat Propinsi); dan
  7. Bidang Pengembangan Jaringan Kerja Sama (khusus di PLUT-KUMKM tingkat Provinsi).
Ekonomi
Layanan
Layanan Terpopuler
Smart SIM
Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri resmi menghadirkan Smart Surat Izin Mengemudi (Smart SIM) atau SIM Pintar bagi pengguna kendaraan bermotor di Indonesia. ...
Simrek PKH Kementan
Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Kementerian Pertanian (Kementan) menerapkan penggunaan aplikasi pelayanan perizinan sistem online guna memperlancar iklim usaha dan ekspor. ...
Prosedur Mendapatkan Darah PMI
Tak jarang, ada sejumlah pasien di rumah sakit yang membutuhkan transfusi darah. Ini membuat mereka harus bisa memperolehnya dalam waktu cepat. ...
Karirhub Kemnaker
Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) meluncurkan Sistem Informasi Ketenagakerjaan (Sisnaker), platform berbasis online untuk menyikapi tuntutan perubahan dunia yang mengarah pada otomasi dan digital...
Pengajuan Hak Desain Industri
Salah satu hal yang berharga atau bernilai ialah ide. Bermula dari ide, seseorang bisa membuat karya yang orisinal. Contoh yang berkaitan dengan hal tersebut adalah ide dalam desain industri. ...
Cara Mengenali Uang Palsu dan Pelaporannya
Masyarakat dalam hal ini perbankan dan Penyelenggara Jasa Pengolahan Uang Rupiah (PJPUR) memiliki peran penting dalam mencegah dan menekan jumlah peredaran uang palsu. ...
Pengaduan BRTI Kominfo
Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo RI) terus melakukan inovasi untuk memberi pelayanan dan perlindungan terhadap warga Indonesia, khususnya dalam menggunakan jasa telek...
Pusat Jejaring Inovasi Daerah (Puja Indah) Kemendagri
Situs resmi Puja Indah merupakan hasil pengkajian, perekayasaan, pendataan, adopsi dan modifikasi, serta replikasi berbagai inovasi daerah menjadi sebuah inovasi berskala nasional untuk mendorong inov...
Cara Lapor Tindak Pidana kepada Polisi
Berdasarkan Pasal 1 angka 24 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1981 tentang Hukum Acara Pidana (KUHAP), laporan adalah pemberitahuan yang disampaikan oleh seseorang karena hak atau kewajiban berdasarkan und...
Aplikasi Insiden BPJS
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan bersama dengan PT Jasa Raharja (Persero) mengembangkan sebuah aplikasi yang diberi nama Integrated System for Traffic Accidents (Insiden). ...