Bahasa | English


SERTIFIKASI

Akreditasi Lembaga Sertifikasi Person

30 December 2019, 12:00 WIB

Kompetensi sumbar daya manusia menjadi hal yang sangat penting bagi Indonesia. Dengan demikian, tenaga kerja Indonesia dapat meningkatkan daya saing di tingkat nasional dan internasional.


Akreditasi Lembaga Sertifikasi Person Komite Akreditasi Nasional. Foto: KAN

Untuk itu, perlu ada sebuah mekanisme akreditasi sehingga tercapai kesamaan atau kesetaraan serta pengakuan perbedaan antarnegara dalam hal pendidikan dan pelatihan, pengalaman serta persyaratan lisensi.

Nah, di Indonesia ada Komite Akreditasi Nasional (KAN) yang merupakan lembaga non struktural dengan tugas dan tanggung jawab di bidang akreditasi penilaian kesesuaian.

KAN memberikan akreditasi untuk untuk Lembaga Sertifikasi Person (LSP) guna memenuhi kebutuhan tenaga kerja dengan kompetensi tertentu.

KAN telah mendapat pengakuan internasional untuk mengakreditasi LSP mengacu pada SNI ISO/IEC 17024:2012 “Penilaian kesesuaian – persyaratan umum lembaga sertifikasi person”.

SNI ISO/IEC 17024 adalah mekanisme atau skema yang dapat menjadi rujukan bagi LSP agar dapat memberikan sertifikasi person secara terpercaya dan dapat diterima secara luas, bahkan mendapat pengakuan internasional.

Apabila suatu LSP memperoleh akreditasi SNI ISO/IEC 17024 dari KAN, sebagai pengesahan pihak ketiga terkait kemampuan LSP dalam menunjukkan kesesuaian proses dengan standard, maka sertifikasi person yang diterbitkan dapat mendapat saling pengakuan di negara lain dan dapat diterima secara lintas negara.

Nah, berbekal sertifikasi person dari LSP yang terakreditasi SNI ISO/IEC 17024 dari KAN, tenaga kerja Indonesia dapat meningkatkan daya saingnya di tingkat nasional dan internasional.

Sebab, tenaga kerja tersebut dianggap telah membuktikan dirinya dapat memenuhi persyaratan kualifikasi dan kompetensi tenaga kerja setara dengan kualifikasi tenaga kerja internasional melalui proses ujian sertifikasi person yang setiap prosesnya telah memenuhi standard internasional yang diminta oleh SNI ISO/IEC 17024.

Jadi, sertifikasi person memiliki peran yang sangat penting dalam berbagai sektor industri, baik industri manufaktur maupun industri jasa.

Tujuan sertifikasi person:

Memberikan pengakuan kompetensi person untuk melakukan tugas atau pekerjaan tertentu sehingga akan memberikan kepercayaan kepada klien dan pengguna produk atau jasa yang dihasilkan oleh person yang disertifikasi.

Pengakuan kompetensi ini dilakukan bukan hanya berdasarkan pemenuhan terhadap kualifikasi saja, namun dibuktikan dengan dilakukan ujian (examination) terhadap person yang disertifikasi.

Proses akreditasi

Secara keseluruhan, proses akreditasi memakan waktu 132 hari dimulai dari aplikasi hingga terbitnya sertifikat dan lampiran akreditasi.

Berikut proses akreditasi seperti dikutip dari data KAN.

  1. Aplikasi, berupa kajian permohonan, yang membutuhkan waktu lima hari.
  2. Dokumen "lengkap", jika ada perbaikan kajian permohonan, yang memakan waktu lima hari.
  3. Penetapan tim, untuk verifikasi perbaikan, penunjukan tim dan persetejuan dari audit. Proses ini selama enam hari.
  4. Audit kecukupan, selama lima hari.
  5. Dokumen "cukup", setelah ada tindakan perbaikan, menghabiskan waktu 22 hari.
  6. Persiapan asesmen, berupa penetapan tanggal dan pembayaran biaya asesmen, membutuhkan waktu lima hari.
  7. Asesmen lapangan/Witness, membutukan waktu tujuh hari.
  8. Tindaklanjut asesmen. Di sini ada tindakan perbaikan dan verifikasi tindakan perbaikan. Proses ini berlangsung selama 54 hari.
  9. Laporan akhir asesor dan rekomendasi teknis. Di sini terdapat evaluasi hasil asesmen dan pertimbangan teknis panitia teknis. Waktu yang dibutuhkan lima hari.
  10. Rekomendasi sekretaris KAN dan KAN Konsil berdasarkan rapat KAN. Waktu yang diperlukan delapan hari.
  11. Akreditasi, dua hari.
  12. Sertifikat dan lampiran akreditasi, delapan hari.

LPK (laboratorium, lembaga inspeksi, atau lembaga sertifikasi) dapat melakukan pendaftaran akreditasi secara online melalui: http://akreditasi.bsn.go.id/

Berkas permohonan di antaranya adalah:

  • Formulir-formulir permohonan akreditasi yang telah diisi lengkap;
  • Dokumentasi Mutu termutakhir;
  • Legalitas hukum organisasi;
  • Laporan audit internal;
  • Laporan tinjauan manajemen;
  • dan Dokumen/rekaman terkait lainnya.
Layanan
Layanan Terpopuler
Cara Mendaftar SINTA Kemenristek untuk Publikasi Jurnal dan Karya Ilmiah
Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) meluncurkan aplikasi bernama SINTA alias Science and Technology Index. ...
Cara Registrasi ISBN untuk Penerbit Baru
ISBN berfungsi sebagai identitas sebuah buku yang akan diterbitkan. Selain itu, ISBN juga bisa menjadi bukti bahwa penerbit merupakan perusahaan sah dan terverifikasi. ...
Cara Mengurus Kartu BPJS yang Hilang
Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) adalah layanan kesehatan yang wajib dimiliki oleh Warga Negara Indonesia. ...
e-Layanan Dikdasmen Kemendikbud untuk Siswa dari Luar Negeri
Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dirjen Dikdasmen) telah membuatkan layanan yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan para peserta didik dalam pelayanan izin belajar dan penyetaraan ij...
Satpam Mantap, Aplikasi Tindak Kejahatan Khusus Satpam
Aplikasi Satpam Mantap ini mendata anggota satpam yang sudah terlatih dan mempunyai sertifikat. Selain itu, melalui aplikasi ini kedekatan antara Polri dan satpam akan semakin dekat. ...
Aplikasi SIPUKAT Memetakan Kawasan Transmigrasi
Pada 11 Oktober 2019 Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi meluncurkan aplikasi SIPUKAT (Sistem Informasi Peta Terpadu Kawasan Transmigrasi). ...
Cara Mengurus Surat Pindah Domisili
Pengurusan surat pindah ini bertujuan untuk memperbarui database di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) serta mengganti data di Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) mil...
Cara Pasang Sambungan Listrik Baru PLN dan Biayanya
Saat ini sudah banyak orang yang beralih menggunakan listrik prabayar yang dikeluarkan oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN). ...
Cara Mengecek Keaslian BPKB dan STNK Kendaraan Bermotor
Membeli kendaraan bekas harus memperhatikan kelengkapan dan keaslian surat-surat seperti Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). ...
Cara Registrasi DJP Online untuk Bayar Pajak
DJP Online merupakan aplikasi daring buatan Direktorat Jenderal Pajak yang berfungsi untuk memudahkan Wajib Pajak untuk melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) atau membayar pajak lewat e-filing ...