Bahasa | English


ISBN

Cara Registrasi ISBN untuk Penerbit Baru

31 December 2019, 11:53 WIB

ISBN berfungsi sebagai identitas sebuah buku yang akan diterbitkan. Selain itu, ISBN juga bisa menjadi bukti bahwa penerbit merupakan perusahaan sah dan terverifikasi.


Cara Registrasi ISBN untuk Penerbit Baru International Standard Book Number. Foto: ISBN

Pernahkah Anda melihat barcode yang terdapat di belakang sebuah buku? Barcode tersebut merupakan tanda Internasional Standard Book Number (ISBN) yang diberikan oleh pemerintah untuk penerbit yang akan mengedarkan buku. ISBN berfungsi sebagai identitas sebuah buku yang akan diterbitkan. Selain itu, ISBN juga bisa menjadi bukti bahwa penerbit merupakan perusahaan sah dan terverifikasi.

Untuk penerbit baru, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan untuk mendaftarkan ISBN. Anda bisa mengurus pengajuan ISBN melalui online dengan berkas persyaratan yakni surat pernyataan yang diberi materai 6000, akta pendirian lini penerbitan, dan Memorandum of Understanding (MoU). Scan semua berkas tersebut dan unggah saat mendaftar ISBN secara online.

Berikut prosedur registrasi ISBN via online:

  1. Kunjungi laman isbn.perpusnas.go.id dari browser.
  2. Klik pada pilihan Daftar Online di halaman utama.
  3. Selanjutnya pada Step 1 Anda harus mengisi jenis penerbit yang Anda ingin daftarkan. Di bawahnya ada menu untuk mengunggah scan surat pernyataan yang telah dibubuhi materai 6000 dengan format file PDF.
  4. Kemudian unggah scan file legalitas berupa akta pendirian dari notaris juga dalam format PDF.
  5. Setelah semua terisi, klik Next di bagian kanan atas.
  6. Pada Step 2 Anda diminta mengisi data perusahaan penerbitan yang akan didaftarkan meliputi nama penerbit, username dan password (untuk log in setelah mendaftar akun), alamat, nama admin, email, dan telepon. Klik Next untuk lanjut ke tahap selanjutnya.
  7. Di Step 3 Anda akan diminta mengisi alternatif kontak yang bisa dihubungi. Ada kolom website juga untuk menyertakan laman penerbitan Anda. Di bagian bawah ada pertanyaan yang harus Anda jawab untuk proses verifikasi. Setelah selesai klik Next.
  8. Setelah itu Anda akan mendapatkan pemberitahuan bahwa pendaftaran Anda telah berhsil. Selanjutnya Anda diminta menghubungi nomor 081382265800 untuk memvalidasi akun Anda. Cek email dan Anda akan mendapatkan tautan untuk verifikasi.
  9. Proses daftar online hanya bisa dilakukan pada hari kerja Senin-Jumat kecuali libur nasional.
  10. Setelah akun Anda terverifikasi, Anda bisa log in dengan username dan password yang tadi Anda daftarkan.
  11. Klik menu Daftar ISBN di menu bar bagian atas.
  12. Anda akan diminta mengisi data buku seperti judul, tahun terbit, jumlah halaman, tinggi, kategori, jenis, dan media. Selain itu Anda juga diminta mengunggah berkas pengajuan yang meliputi surat permohonan di atas kertas kop surat dan ditandatangani pimpinan penerbitan dan distempel, halaman judul, balik halaman judul, kata pengantar, dan daftar isi. Jadikan satu file berkas-berkas tersebut dengan format PDF berukuran tak lebih dari 2 megabyte.
  13. Setelah selesai semuanya, klik Kirim. Anda akan mendapat pemberitahuan bahwa pendaftaran Anda diterima. Selanjutnya petugas akan memeriksa kelengkapan berkas dan ISBN akan diterbitkan apabila semua dinyatakan lengkap.
  14. Untuk pengajuan berkas buku anak-anak, Anda hanya perlu mengunggah surat permohonan, halaman judul dan cover, serta balik halaman judul. Ketiganya discan jadi satu dengan format PDF yang tak lebih dari 2 megabyte.
  15. Untuk buku berjilid, Anda bisa menambahkan keterangan di menu unggah berkas pengajuan. File yang diperlukan untuk buku berjilid adalah surat permohonan, halaman judul, balik halaman judul, kata pengantar, daftar isi. Scan kelima file tersebut dan jadikan satu dalam format PDF kurang dari 2 megabyte.
  16. Di akun Anda akan ada informasi sejauh mana pendaftaran ISBN Anda telah diproses. Jika dinyatakan belum lengkap, akan muncul bagian mana yang harus diperbaiki.
Layanan
Layanan Terpopuler
Kenali Stunting, Cegah Sekarang Juga
Stunting pada anak dapat dicegah jika orang tua mengambil langkah-langkah penting dalam dua tahun pertama kehidupan seorang anak. Prioritas pencegahan dimulai saat ibu hamil, dengan menjaga kecukupan ...
Mengenali dan Mencegah Demam Berdarah Dengue
Musim hujan adalah saat rawan wabah demam berdarah dengue (DBD). Kenali gejala dan tanda-tanda awal DBD agar tak salah membedakan dengan demam biasa. ...
Menjaga Rahasia Pasien
Data pasien positif  corona mutan, baik kasus 1 dan 2, sempat beredar luas. Ada sejumlah aturan perlindungan hak privasi pasien. ...
Manfaat dan Ketentuan Izin Panel Surya Atap
Pemanfaatan energi surya untuk kelistrikan mandiri telah menjadi alternatif bagi masyarakat. Pemerintah memberikan keleluasaan kepada masyarakat untuk memasang Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) A...
Cara Mengurus Izin Mendirikan Bangunan
Izin Mendirikan Bangunan (IMB) diperlukan sebagai keabsahan sebuah bangunan terhadap lingkungan sekitar. Bangunan yang tidak dilengkapi IMB terancam dibongkar oleh pemerintah setempat. ...
Pedoman Kesehatan Hadapi Covid-19
Apa yang harus dilakukan masyarakat terkait kesehatan dalam upaya menghadapi Covid-19? ...
Kenali dan Cegah TBC
Pemerintah mengkampanyekan Gerakan Maju Bersama Menuju Eliminasi TBC 2030. Tujuannya, mencegah meluasnya penyebaran penyakit TBC di masyarakat. ...
Protokol Pintu Masuk Wilayah Indonesia (Bandara, Pelabuhan, PLBDN)
...
Protokol di Area dan Transportasi Publik
...
Protokol Area Institusi Pendidikan
...