Bahasa | English


KULINER NUSANTARA

Lorjuk, “Seafood” yang Hanya ada di Madura dan Surabaya

18 April 2019, 16:09 WIB

Jawa Timur menyimpan banyak makanan khas, bukan hanya Rawon, Soto ataupun Rujak Cingur. Di Madura dan Surabaya, ada Makanan Khas dari Kerang yaitu Lorjuk.


Lorjuk, “Seafood” yang Hanya ada di Madura dan Surabaya Lorjuk, Kuliner khas Jawa Timur. Sumber foto: Istimewa

Pernah atau sering bepergian ke Jawa Timur, terutama ke ibukotanya yaitu Surabaya? Sudah pasti kita sangat mengenal kuliner khas Jawa Timur. Kuliner tersebut seperti Rawon, Rujak Cingur ataupun berbagai jenis Soto, seperti Soto Madura dan Soto Lamongan.

Rawon memang sepertinya sudah menjadi identik dengan Surabaya. Begitu juga dental rujak conger. Soto Lamongan dan Madura juga bertebaran. Tapi ternyata, Surabaya dan Madura ini memiliki satu Kuliner atau makanan khas.

Kuliner ini, tidak akan kita temukan di wilayah lain, selain di Surabaya atau Madura. Nama kuliner khas ini adalah Lorjuk. Apa sebenarnya Lorjuk ini. Sebenarnya Lorjuk ini adalah sejenis kerang. Dan kerang ini hanya hidup di pantai di Pulau Madura. Ukuran kerang ini juga sangat kecil hanya dengan panjang dua sampai tiga sentimeter saja.

Untuk mendapatkan kerang ini tidaklah mudah. Harus menunggu air surut. Pantai habitat dari Lorjuk ini juga sedikit berlumpur. Lorjuk ini suka bersembunyi dan untuk mengambulnya harus menggunakan linggis dan menggali.

Cara lain yang digunakan untuk mendapatkan Lorjuk ini adalah dengan menggunakan garam, atau batu gamping yang membuat Lorjuk akan muncul ke Permukaan dengan sendirinya.

Setelah didapatkan, bagaimana cara mengolahnya sebelum disantap? Tahap pertama dalam pengolahan lorjuk adalah dengan membersihkan dan merebusnya tanpa air. Saat direbus, lorjuk akan mengeluarkan cairan seperti kaldu yang memiliki cita rasa khas.

Lorjuk yang sudah diolah untuk tahap awal masih perlu dijemur di bawah sinar matahari. Setelah kering, cangkang lorjuk akan mengelupas dengan sendirinya sehingga memudahkan untuk pengupasan.

Lorjuk yang telah dikupas kemudian dijemur lagi selama dua hari. Pengeringan ini memberikan daya awet alami untuk daging lorjuk yang akan dibuat olahan. Wah-wah.

Bagaimana dengan masakan Lorjuk ini. Lorjuk bisa dimasak dengan menumisnya menggunakan kecap dan cabai. Kuliner terkenal yang terbuat dari lorjuk ini sendiri adalah rengginang lorjuk dan  lorjuk goreng.

Di Madura, ada juga yang disebut dengan “campur lorjuk” yaitu sejenis soto yang memiliki rasa manis dan gurih. Biasanya, campur lorjuk disajikan dengan sambal dan teh hangat. Makanan khas Madura ini juga terbilang sangat terjangkau, kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp10.000 – Rp15.000 untuk satu porsi campur lorjuk

Soal citarasa Lorjuk ini sangat unik. Tidak seperti menyantap kerang lainnya. Lorjuk ini bentuknya panjang seperti Tauge. Teksturnya juga kenyal tapi empuk untuk dikunyah. Kalau sedang berkunjung ke Surabaya atau Madura, bisa mencicipi masakan Lorjuk ini.

Lorjuk ini memiliki kandungan nutrisi yang tidak kalah dengan jenis lainnya. Kerang lorjuk mengandung kalori yang sangat rendah dan tinggi protein, mineral, zat besi, dan juga omega 3. Manfaat kesehatan yang bisa didapatkan jika mengonsumsi lorjuk secara teratur adalah mencegah penyakit jantung, mengendalikan tekanan darah, mengontrol kolesterol dan lain-lain.

Mau mencobanya? Kalau berkunjung ke Surabaya atau Madura, Lorjuk ini menjadi kuliner wajib yang harus kita santap.

Kalau hendak menyantap makanan ini,  di Surabaya bisa kita dapatkan di tiga restoran legendaris. Restoran tersebut adalah  Ria GaleriaRumah Makan Handayani, dan Frangipani. Ketiganya memiliki menu tumis lorjuk yang tak boleh kamu lewatkan saat berkunjung.

Ria Galeria terletak di Jalan Bangka No 2 – 4, Gubeng. Restoran ini sudah ada berdiri sejak tahun 1985 dan memanjakan para pencinta kuliner dengan masakan Indonesia khususnya Jawa Timur.

Rumah Makan Handayani juga tidak kalah legendaris telah berdiri sudah  lebih dari 50 tahun. Rumah makan ini terletak di Jalan Kertajaya No 42. Di sini, berbagai makanan Indonesia dimasak menggunakan bahan organik sehingga rasanya terasa lebih orisinal.

Jika kedua restoran di atas merupakan restoran legendaris yang kental dengan nuansa ornamen lokal, lain halnya dengan restoran satu ini. Memiliki dua cabang yaitu di  Plaza Graha Family Kav 32 – 36 dan Jalan Raya Jemur Sari No 138, Frangipani memiliki konsep restoran modern yang nyaman dengan lukisan bunga warna-warni pada dindingnya. Selain lorjuk, di sini juga menjual berbagai menu masakan Indonesia yang patut kamu rasakan kelezatannya. (K-TB)

Kuliner
Ragam Terpopuler
Cartridge-nya Isi Ulang, Diagnosisnya Lima Menit
Dengan Abbott ID Now diagnosis Covid-19 dapat dilakukan dalam lima menit. Yang diidentifikasi DNA virusnya. Ratusan unit X-pert TM di Indonesia bisa dimodifikasi jadi piranti diagonis molekuler. Lebih...
Masker Kedap Air Tak Tembus oleh Virus
Sebanyak 30 perusahaan garmen bersiap memproduksi massal masker nonmedis dan masker medis. Bahannya tak tembus oleh virus. Impor bahan baku dibebaskan dari bea masuk. ...
Bisikan Eyang Sujiatmi di Hati Presiden Jokowi
Eyang Sujiatmi telah pergi. Kerja keras, kedisiplinan, dan kesederhanaannya akan selalu dikenang anak-anaknya. ...
Menikmati Surga Bahari di Atas Pinisi
Pesona tujuh layar kapal pinisi sulit diingkari. Sosoknya instagramable. Wisata berlayar dengan pinisi kini berkembang di Labuan Bajo, Raja Ampat, Bali, dan Pulau Seribu Jakarta. ...
Berubah Gara-gara Corona
Corona mengubah hampir segalanya, termasuk gaya orang berjabat tangan. Penelitian menyebutkan, tangan merupakan wadah bakteri paling banyak. ...
Melepas Penat di Gunung Gumitir
Namanya Gumitir. Kawasan yang ada di perbatasan Jember-Banyuwangi itu menawarkan banyak sajian. Dari kafe hingga wisata kebun kopi. ...
Sulianti Saroso, Dokter yang Tak Pernah Menyuntik Orang
Tugas dokter tak hanya mengobati pasien. Kesehatan masyarakat harus berbasis gerakan dan didukung  kebijakan serta program pemerintah. Kepakarannya diakui WHO. ...
Sampar Diadang di Pulau Galang
Pemerintah beradu cepat dengan virus penyebab Covid-19. Tak ingin korban kian berjatuhan, dalam sebulan rumah sakit khusus penyakit menular siap ...
Bermula dari Karantina di Serambi Batavia
Dengan kemampuan observasi biomolekulernya, RSPI Sulianti Saroso menjadi rumah sakit rujukan nasional untuk penyakit infeksi. Ada benang merahnya dengan Klinik Karantina Pulau Onrust. ...
Tak Hanya Komodo di Labuan Bajo
Labuan Bajo disiapkan pemerintah sebagai destinasi super prioritas Indonesia. ...